Bagaimana Cara Membuat Pondasi Rumah yang Kuat?

Salah satu proses terpenting dalam pembangunan rumah adalah proses pembuatan pondasi rumah. Pndasi rumah yang kokoh maka akan menciptakan rumah yang kokoh juga. Dan sebaliknya jika pondasi rumah tidak kuat, maka rumah juga tidak akan kaut bahkan tidak layak pakai.

Pada umumnya ada dua jenis pondasi yang dapat Anda gunakan sebagai penopang bangunan Anda yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal. Adapun pengertian keduanya adalah sebagai berikut :

1. Pondasi Dalam

Jenis pondasi dalam biasa digunakan untuk jenis-jenis rumah mewah yang memiliki model kontruksi bangunan bertingkat. Pondasi dalam ini juga memiliki berbagai macam jenis diantaranya pondasi pondasi tiang pancang, sumur dan jenis pondasi lainnya.

2. Pondasi Dangkal

Pondasi dangkal merupakan jenis pondasi yang cocok dan biasa digunakan digunakan sebagai penopang bangunan bersifat sederhana. Tentu saja hal ini harus dipengaruhi kondisi tekstur tanah yang padat dan keras.

Mengapa demikian? Karena tanah tersebut dapat menahan beban yang berat dari pondasi yang dangkal tersebut.

Lalu, apa bahan material yang cocok untuk jenis pondasi dangkal ini? Anda bisa menggunakan material pondasi dangkal ini seperti batu bata batu kali ataupun batako yang keras, selain itu bisa juga pondasi pelat setempat dan pondasi jalur (beton).

Cara Membuat Pondasi Dangkal

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat pondasi rumah yang benar dengan pondasi dangkal adalah sebagai berikut :

1. Menentukan ukuran dan denah rumah yang akan Anda bangun.

Hal ini adalah langkah pertama yang menjadi patokan dasar dalam membuat sebuah rumah. Selain itu gambarlah Sketsa dasar yang menampakkan bangunan rumah Anda dari atas agar memudahkan dalam membuat rumah nantinya.

2. Membuat bowplank

Hal ini bertujuan untuk patokan dalam pengerjaan pondasi tersebut. Menentukan titik tengah kolom serta posisi dinding dan dari bowplank ini juga kita dapat membuat dinding sikut dengan sudut 90 derajat.

Bowpank merupakan acuan yang harus dibuat sesuai dengan denah rumah sehingga Anda harus benar-benar membuat titik kolomnya

3. Menggali Pondasi

Kedalaman yang dibutuhkan untuk membuat pondasi rumah sederhana kurang lebih 40 sampai 50 cm.
Kedalam ini juga dipengaruhi oleh tekstur tanah di daerah yang ingin Anda bangun tersebut.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>