Cara Cegah Rayap Pada Furniture Berbahan Bambu

Jika anda memiliki furniture yang berbahan dasar bambu, rayap pasti menjadi musuh utama yang harus dihindari. Maka dari itu, mencegah rayap pada furniture bambu perlu dilakukan. Berikut tips cegah rayap pada bambu agar lebih awet.

  1. Hindari bambu dari paparan sinar matahari langsung juga air hujan. Bambu yang memiliki sensitifitas tinggi pada perbahan suhu dapat mudah retak. Serat batang bambu yang lurus dapat menyebabkan keretakan menjalar ke seluruh batang bambu.
  2. Sebaiknya material bambu tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Hal ini dapat menyebabkan bambu manjadi jamuran yang pada akhirnya dapat mengurangi kekuatan dan tampilan bambu.
  3. Lapisi bambu dengan cairian finishing sebagai proteksi permukaan bambu. Pelapis dapat menghindari air atau hujam meresap ke dalam batang bambu.
  4. Ganti zat glukosa pada batang bambu dengan cairan asam (acid) yang tidak disukai rayap. Anda dapat merendam bambu ke dalam lumpur sungai atau pantai yang memiliki kadar garam tinggi. Namun apabila tempat tinggal Anda jauh dari sungai atau pantai, dapat merendamnya ke dalam minyak tanah atau oli bekas. Alternatif lain adalah dengan metode borax-boric acid, yaitu metode kolam perendaman, vertical soak diffusion (VSD) atau penggunaan injeksi pada tiap batang bambu.
  5. Keringkan bambu yang telah diaweti di luar ruangan. Pengeringan di luar ruangan dilakukan untuk mendapatkan aliran udara alami. Namun, tetap jahuhi bambu dari paparan sinar matahari langsung. Proses ini dapat memakan waktu 2 minggu bergantung dari cuaca saat itu.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>