Desain Rumah Daerah Tropis

Membangun rumah impian merupakan dambaan semua orang untuk nanti kita tinggali bersama keluarga kita. Sebelum kamu membangun rumah impian kamu, kamu juga harus tau tipe – tipe sebuah rumah saat ini. Ini bisa menjadi referensi kamu untuk menentukan desain dan tata letak ruang rumah kamu sendiri. Yang paling penting adalah kamu harus paham dulu di tempat mana kamu ingin membangun rumahnya. Jika itu nanti di daratan tinggi atau di bawah gunung merapi mungkin desain rumahnya akan berbeda dengan rumah yang berada di pinggir pantai.

Indonesia memang Negara tropis dan biasanya dia mempunyai ciri – ciri rumahnya sendiri dibandingkan Negara lainnya yang mungkin mempunyai 4 pergantian musimnya. Padahal di Indonesia sendiri masing – masing provinsinya juga mempunyai ciri khas bentuk atau desain rumah tergantung daerah mereka masing – masing. Memang Indonesia kaya akan semua halnya tergantung kita bagaimana menyikapinya aja. Arsitek Indo Kontraktor akan memberikan beberapa paparan Ciri-ciri desain rumah tropis. Iklim tropis merupakan iklim yang hangat dan hanya memiliki dua musim saja yakni musim hujan dan musim kemarau. Indonesia sendiri termasuk negara yang berada dalam wilayah yang termasuk ke dalam iklim tropis. Oleh karena itu, desain rumah tropis sangat cocok untuk di aplikasikan di wilayah Indonesia yang memang mempunyai iklim tropis. Namun sayangnya, istilah rumah tropis sendiri masih asing di telinga masyarakat Indonesia.

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya pada uraian awal di atas bahwa desain rumah tropis ialah rumah yang desainnya di sesuaikan dengan iklim tropis. Daerah yang beriklim tropis akan mengalami musim kemarau yang cukup panas dan gersang serta musim hujan dengan curah hujan yang intens serta cuaca yang cukup dingin. Dari kedua musim pada iklim tersebut, desain rumah tropis di rancang untuk menyesuaikan dengan suhu udara yang terjadi pada kedua musim tersebut. Bukan hanya menyesuaikan, akan tetapi juga memaksimalkan potensi dari sifat dari kedua musim tersebut.

Untuk penjelasan selengkapnya, simaklah ciri-ciri desain rumah tropis dengan menyesuaikan dan memaksimalkan potensi dari iklim tropis yang sengaja desain rumah lengkap uraikan dibawah ini.

Ciri-ciri desain rumah tropis antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Atap

Atap merupakan salah satu hal penting yang harus di perhatikan dalam desain rumah tropis. Atap desain rumah tropis biasanya memiliki ciri bentuk atap yang unik dan mempunyai kemiringan sebesar puluh derajat. Selain itu, langit-langit atap desain rumah tropis di buat cukup tinggi yakni hampir mencapai tiga meter. Hal ini di maksudkan untuk membuat sirkulasi udara di dalam rumah lancar, mengatur suhu di dalam ruangan dan juga untuk membuat kesan luas pada ruangan.

  • Dinding

Dinding rumah tropis mempunyai ciri khusus yakni dindingnya terdapat banyak ventilasi udara dan juga sebagai jalan masuk cahaya matahari yang berfungsi sebagai pencahayaan pada siang hari. Jadi dinding rumah tropis biasanya memiliki jendela yang berukuran besar yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara dan memaksimalkan pencahayaan matahari.

  • Ruangan

Rumah tropis biasanya memiliki ruangan-ruangan yang terbuka tanpa ada sekat satu sama lain. Tentu saja ruangan yang bersifat privasi masih bersifat tertutup.

  • Taman

Rumah tropis memiliki ciri khusus yang lainnya yakni taman yang bernuansa hijau yang bisa di akses dan di pandang dari jendela rumah yang besar tersebut. Tambahkan sentuhan alam pada taman rumah tropis, misalnya dengan menempatkan bebatuan atau kursi taman yang terbuat dari kayu pohon. Tambahkan juga dekorasi tanaman hias dalam pot pada setiap sudut tempat di dalam rumah.

  • Warna Cat

Untuk memperkuat kesan tropis pada desain rumah jangan lupa untuk mengaplikasikan warna-warna khas iklim tropis pada setiap bagian dinding rumah.

  • Furniture

Tempatkan furniture yang berkonsep sederhana namun menonjolkan kesan tropis. Misalnya menempatkan meja kayu pada salah satu bagian ruangan dalam rumah berdesain tropis tersebut.

  • Kolam

Tambahkan sentuhan alam tropis lainnya untuk memperindah tampilan desain rumah tropis. Misalnya dengan membuat kolam ikan kecil di samping teras rumah atau di dekat taman rumah. Atau bisa juga membuat kolam renang bergaya modern yang bisa di tempatkan di dalam ruangan atau pun di luar ruangan.

Itulah ciri-ciri desain rumah tropis yang telah selesai di sampaikan pada uraian di atas. Apakah Anda tertarik membangun rumah dengan desain rumah tropis? Jika iya, jangan lupa mengaplikasikan ciri-ciri khas desain rumah tropis yang sudah di jelaskan sebelumnya. Bangun rumah bersama kami Arsitek Indo Kontraktor hubungi marketing executive kami 08562768741.

22 23 24 25 26

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>