Desain Terbaik Membangun Kos – Kosan

Kebanyakan orang ingin mempunyai masa tua yang bahagia tanpa perlu bekerja dan hanya menikmati hasilnya saja bersama keluarga, anak, serta cucu – cucu mereka. Maka dari itu kebanyakan masyrakat sekarang sudah mempersiapkan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan di masa tua nanti. Kebanyakan dari mereka akan lari untuk membangun usaha di bandingkan bekerja, menabung berjuta – juta di Bank.

Karena menurut mereka usaha itu long lasting sehingga keuntungan ataupun berjalannya pasti masih kita handle walaupun tidak setiap hari kita ada disana. Salah satunya menginvestasikan tabungan anda untuk membangun kos kosan atau kontrakan apalagi di kota Yogyakarta ataupun di kota – kota besar ini pasti yang paling diperlukan adalah kos kosan maupun kontrakan untuk suami istri yang sudah bekerja . Investasi kos kosan anda tidak perlu untuk berada di sana 24 jam untuk mengawasi cukup memberikan lapangan pekerjaan untuk orang yang mau membersihkan dan menjaganya saja.

Dan yang paling penting keuntungan kos kosan bisa kita nikmati setiap bulannya maupun setiap tahunnya. Karena ada beberapa orang yang menawarkan sistem bayar perbulan sampai yang langsung bayar pertahun. Ini sudah dapat dibayangkan jika masa tua anda nantinya hanya akan duduk dan bercengkrama bersama keluarga serta cucu anda di rumah.

Dan jika anda sudah memantapkan niat untuk menginvestasikan tabungan anda membangun sebuah kos kosan anda harus membaca beberapa tips dari Arsitek Indo Kontraktor ini. Rumah kos yang berada di masyarakat kini mulai mengikuti trend terbaru, mulai dari proses perencanaan desain hingga penyesuain dengan luas lahan yang tersedia.

Tampilan fasad dan interior rumah kost didesain menggunakan model terkini. Penataan antar ruang pun tidak kaku lagi. Meskipun demikian, faktor keamanan dan kenyamanan penghuni kos harus menjadi perhatian utama.

Pada dasarnya, teradapat dua tipe desain kos kosan berdasarkan pemiliknya. Pertama, rumah kos kosan menyatu dengan rumah pemiliknya (bapak/ibu kos). Kedua, desain rumah kost yang berdiri sendiri tanpa rumah induk pemilik rumah. Rumah kos yang berdiri sendiri biasanya diterapkan untuk memaksimalkan jumlah kamar kost atau memaksimalkan lahan, khusunya lahan kost yang berukuran terbatas.

Berikut ini beberapa ide desain kos kosan sebagai bahan inspirasi bagi setiap orang yang ingin mendirikan usaha rumah kost. Aneka rumah kost dari model minimalis, modern, simpel hingga kontemporer.

Tips Dalam Membanguan Rumah Kos Kosan Yang Sehat, Aman dan Nyaman

Kamar Tidur Kost

Area ini merupakan area penting dalam sebuah hunian kos-kosan. Anda harus memastikan ruangan ini mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Ukuran kamar tidur kos minimal 2.5 m x 3 m dengan asumsi furniture yang ditempatkan berupa 1 single bed, lemari baju dan meja belajar. Jika Anda merasa mempunyai lahan yang yang cukup, luas kamar tidur bisa dirancang sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan jumlah kamar kos dengan luas lahan yang tersedia. Pastikan kebutuhan ruang minimal untuk penghuni kos terpenuhi dengan baik. Jangan sampai Anda hanya mengejar keuntungan saja dengan mengorbakan ruangan yang tidak standar yang justru mengurangi kenyamanan.

Fasilitas dalam kamar kos juga harus diperhitungan dengan target penyewa kamar kos-kosan Anda. Untuk kalangan yang sudah bekerja, Anda bisa memberikan fasilitas tambahan berupa kamar mandi dalam yang bagus, akses internet, dan lain sebagainya.

Ruang Bersama

Pastikan Anda mempunyai satu ruang khusus untuk tempat bersantai, berkumpul dan berinteraksi antar penghuni kos. Anda bisa mendesain set interior ruangan berupa tempat duduk berupa bench atau kursi sofa dengan meja. Jika memungkinkan Anda bisa memberikan fasilitas TV bersama yang bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dalam rumah kost.

Kamar Mandi

Fasilitas penting yang wajib ada dalam desain rumah kos kosan. Anda harus merencanakan dengan matang untuk membuat kamar mandi luar atau kamar mandi dalam yang menyatu dengan kamar tidur. Jika Anda memutuskan untuk membuat kamar mandi luar, maka sebaiknya menggunakan perbandingan 1:3 antara jumlah kamar dan kamar mandi luar. Misalnya, jika Anda membuat kamar kos sejumlah 9 kamar, maka sebaiknya membuat 3 kamar mandi luar.

Sementara itu, untuk kamar mandi dalam sebaiknya dirancang dengan baik dengan membuat ventilasi langsung keluar rumah. Buatlah layout kamar mandi kost yang sederhana, efesien namun bersih dan nyaman. Fasilitas standar kamar mandi harus diperhatikan seperti: ketersediaan shower atau bak, kloset, gantungan dinding dan lain sebagainya.

Sediakan Fasilitas Penunjang

Pastikan desain kos tersedia pekarangan yang baik untuk area parkir kendaraan, teras dan taman depan. Penghuni kost akan nyaman dengan fasilitas parkir motor/mobil yang berada dalam halaman rumah kost.

Area Servis

Fasilitas area servis ini meliputi ruang cuci dan jemur. Tidak semua penghuni kost menggunakan fasilitas laundry untuk membersihkan pakaian mereka. Jadi, Anda harus membuat area ini dalam proses perencanaan awal. Dan juga area untuk memasak sehingga mereka bisa menggunakannya untuk merebus mie ataupun menggoreng telur jika mereka lapar.

Area Selasar

Desain rumah kos kosan yang sehat terdapat area selasar yang menjadi pembatas antar kamar dengan lebar minimal 1,2 meter untuk area sirkulasi udara. Jangan sampai interior kamar kos menjadi sumpek, panas dan tak nyaman karena space antar kamar sempit. Jadi, selasar bisa menjadi solusi terbaik.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merancang sebuah desain rumah kos baik 1 atau 2 lantai.

Jangan ragu untuk membidik “kelas” penghuni kost yang lebih tinggi dengan menyediakan aneka fasilitas tambahan. Anda tentu bisa membuat ruang tidur kos seperti apartemen studio yang membidik kelas pekerja well paid atau pasangan suami istri.

Semaikn baik fasilitas yang ditawarkan akan semakin tinggi juga harga sewanya. Sekarang ini di Yogyakarta sudah banyak yang menaawarkan kos kosan eksklusif dengan fasilitas lengkap wifi, AC, kamar mandi dalam dan sebagainya layaknya seperti di sebuah apartemen akan tetapi memang harga sewanya sangat tinggi. Mungkin inilah beberapa tips dari Arsitek Indo Kontraktor semoga menginspirasi anda yang membacanya dan ingin memulai berbisnis kos kosan.

Arsitek Indo Kontraktor menerima jasa bangun untuk bangunan pribadi maupun komersil seperti rumah, kos kosan eksklusif, hotel, apartemen, guest house, homestay, restoran, caffe, cluster, interior maupun eksterior dan renovasi bangunan lama menjadi bangunan yang baru dengan perencanaan yang sangat matang bersama team arsitek dan team bangunan yang sudah berpengalaman sejak di tahun 2008. Segera hubungi Marketing Executive kami di 08562768741 untuk menjadwalkan konsultasi secara langsung bersama team. Kami sudah menangani banyak klien untuk membangun maupun renovasi sehingga kualitas bangunan kami sudah terjamin. Bisa di buka website perusahaan kami di www.jasakontraktor-architectjogja.com

Beberapa desain Kos – Kosan;

Desain-arsitek-teknik-sipil-rumah-kos-minimalis-terbaru-2014

desain rumah kost

desain-exterior-jasa-arsitek-semarang-16

design-rumah-kost-deret

kos kosan bentuk paviliun, satu kamar, dengan kamar mandi dalam

kos kosan bentuk paviliun, satu kamar, dengan kamar mandi dalam

mau-bisnis-kos-kosan-perhatikan-4-hal-ini-Cbd5KHFyp4

duksina2c

hogyo

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>