Mengubah Suasana Rumah Dengan Mengganti Cat Rumah

Arsitek Indo Kontraktor


Rumah yang sudah lama ditinggali akan terasa bosan karena tatanan rumah yang begitu – begitu saja tidak ada pergantian dari letak barang lemari maupun yang lainnya. Sehingga di perlukan untuk mengubah suasana rumah dan memberikan kesan yang berbeda kepada para penghuninya. Sebuah rumah tiap harinya akan terkena panas yang ekstrem dan juga hujan menjadikan cat dinding pada rumah akan terlihat kusam.

Apalagi dengan rumah yang memiliki anak – anak yang suka menjadikan dinding rumah menjadi kanvas gambar mereka. Masalah yang paling besar adalah jamur pada dinding rumah karena udara yang lembab sehingga rumah terlihat kusam. Ini lah pentingnya renovasi pada rumah untuk terlihat lebih nyaman untuk di tinggali.

Arsitek Indo Kontraktor akan memberikan beberapa tips renovasi cat dinding yang harus anda lakukan adalah;

  1. Pilhlah cat yang berkualitas dan sesuaikan jenis dengan penggunaannya, misal; untuk ruangan bagian dalam (interior) gunakan cat interior, sedangkan cat weathershield khusus untuk pengecatan bagian luar (eksterior).
  2. Jika harus mengecat dengan warna campuran (cat oplosan), usahakan dalam sekali mencampur (mengoplos) jumlahnya cukup untuk mengecat seluruh ruangan atau bagian yang akan dicat. Hal ini untuk menghindari perbedaan warna antara campuran yang pertama dengan campuran kedua.
  3. Jangan sekali-kali mengecat tembok atau komponen rumah lainnya dalam kondisi:
    • Terkena panas sinar matahari secara langsung.
    • Temperatur udara dan permukaan benda yang akan dicat dibawah 50 derajat celcius.
    • Di atas permukaan yang berkabut (mengandung gas).
    • Selama cuaca udara berkabut (lembab karena uap air).
  4. Pastikan seluruh permukaan yang akan dicat benar-benar bersih, bebas dari kotoran dan minyak. Kerok atau kupas cat lama kemudian ampelas hingga rata agar cat baru dapat melekat kuat dengan permukaan yang akan dicat.
  5. Pada permukaan dinding, tutup lubang-lubang kecil yang ada dengan plamir atau wall filler, setelah kering lakukan pengampelasan hingga rata. Sedangkan untuk permukaan kayu, bila ada sisa-sisa paku yang tak bisa dicabut, pukul dan benamkan hingga tidak tampak dari permukaan kayu kemudian tutup dengan dempul hingga rata dan kering, baru dilakukan pengampelasan.
  6. Jika sudah mengecat beberapa kali, gantilah kaleng wadah cat dengan kaleng yang baru. Ini untuk menghindari perubahan dan ketidaksamaan warna cat.
  7. Tips renovasi cat rumah yang terakhir adalah ketahui teknik mengecat yang baik. Cara menggerakan kuas cat yang baik adalah dari atas ke bawah agar menghasilkan bentuk permukaan lapisan cat yang baik. Hindari tumpahnya percikan-percikan cat dari kuas karena dapat menimbulkan permukaan cat bergelombang.  Bisa juga dikombinasikan dengan pengecatan menyamping untuk menghasilkan lapisan yang menutup sempurna.

Arsitek Indo Kontraktor menerima jasa renovasi besar maupun kecil untuk rumah, apartemen, kantor, restoran, hotel, kos kosan, kontrakan, interior maupun eksterior. Konsultasikan ke Marketing Executive kami 08562768741 bio lengkap perusahaan bisa dilihat di website perusahaan kami www.jasakontraktor-architectjogja.com

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>