Ruangan Indah Dengan Lantai Kayu Parket

Inovasi dalam arsitektur sebuah rumah sekarang semakin berkembang pesat, para arsitek berlomba – lomba merancang desain gedung, rumah, kantor atau pun dalam tatanan sebuah kota dibentuk sedemikian rupa agar telihat nilai seni dan nyaman untuk dihuni. Seperti halnya kota Bandung sekarang lebih tertata rapi dan juga bentuk taman di rancang oleh Walikota Bandung sendiri Bapak Ridwan Kamil yang memang background pendidikannya merupakan seorang arsitek.

photo by @romanbintang

photo by @romanbintang

@crystowazeng

photo by @crystowazeng

Makin banyaknya kreativitas oleh para arsitek membuat sebuah inovasi – inovasi rumah yang mungkin bisa menjadi desain rumah nyaman anda nantinya. Setiap hunia pastinya mempunyai khasi tersendiri, baik dari segi bentuk bangunan, pemilihan warna pada dinding maupun pmakaian jenis lantai sekalipun. Kebanyakan orang saat ini masih menggunakan keramik maupun granit. Setelah tejadinya inovasi – inovasi arsitektur rumah dan bangunan dari lokal maupun internasional banyak yang sudah menggunakan lantai dari kayu dengan alasan rumah terlihat lebih alami dan lebih hangat. Dan dalam artikel ini Arsitek Indo Kontraktor akan memberikan beberapa gambaran atau informasi mengenai lantai kayu (parket/parquet) untuk ruangan pada rumah anda sehingga lebih menarik dan alami.

Penggunaan lantai kayu pada sebuah rumah akan memberikan kesan yang natural, dan selain itu dengan menggunakan lantai kayu akan memberikan suhu yang hangat pada rumah anda, namun sebelum anda menerapkan lantai parket ini pada hunian anda sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu jenis dari lantai kayu ini. pada dasarnya lantai yang satu ini dapat kita bagi menjadi 3 jenis yaitu lantai kayu solid, vinyl dan laminate parket, untuk lebih detailnya tentang jenis lantai yang satu ini bisa kita lihat seperti di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis lantai Kayu Parket

Seperti kami jelaskan diatas lantai kayu ini dapatkan kita golongkan menjadi 3, yang pertama adalah lantai kayu solid, diantara kesemua jenis lantai kayu yang ada jenis yang satu ini termasuk lantai kayu yang mempunyai kualitas yang bagus karena dan memiliki ketebalan antara 5 -15 mm, selain itu parket yang satu ini mempunyai bahan yang lebih kuat sehingga mampu bertahan lebih lama, biasanya bahan yang di gunakan untuk membuat lantai kayu solid seperti kayu jati, sonokeling maupun merbau.

Selanjutnya ada lantai kayu Vinyl , lantai kayu ini memiliki ketebalan sekitar 5 mm saja dan bahan yang di gunakan untuk lantai kayu jenis ini dengan memadukan kayu yang mempunyai kualitas tinggi dan kayu dengan kualitas yang rendah, kekurangan lantai vinyl tidak mampu bertahan lama dan mudah terkena serangan rayap, dan yang terakhir adalah laminate parket, lantai kayu ini terbilang lantai parket yang modern, bahan yang di gunakan untuk pembuatannya yaitu berasal dari serbuk kayu dengan kualitas yang bagus dan kemudian di campur dengan perekat, nah itulah tadi beberapa jenis lantai parket, berikutnya kita akan melihat beberapa desain lantai kayu yang cantik pada rumah minimalis.

Kelebihan parket dari kayu solid

Lantai parket dengan bahan kayu solid mempunyai penampilan yang lebih bagus atau menarik karena langsung dari pohon dan untuk keawetan lebih baik dari pada jenis lantai kayu lainnya.

Kekurangan parket dari kayu solid

Kelemahan parket kayu solid adalah relatif rawan terhadap kelembapan karena masih bisa memuai dan menyusut. Harga lantai kayu solid lebih mahal di bandingkan dengan Lantai Kayu Lainnya.

Karena lantai parket terbuat dari bahan kayu solid, maka jumlahnya relatif lebih sedikit atau terbatas dan harganya relatif lebih tinggi atau mahal dibandingkan lantai parket dengan bahan kayu sintetis atau laminate.

Kelebihan parket dari kayu laminated

Lantai parket yang berasal dari kayu sintetis atau laminated mempunyai penampilan yang bagus, karena lapisan atasnya masih menggunakan lapisan kayu (veneer). Hal ini membuatnya terlihat seperti lantai kayu solid.

Harganya pun relatif lebih murah dibandingkan lantai parket yang berasal dari kayu solid.

Kekurangan parket dari kayu laminated

Kelemahan lantai kayu berbahan sintetis atau laminated, keawetannya tidak sebagus lantai kayu solid. Parket dari kayu sintetis atau laminated juga sangat rawan dengan kelembapan. Karena kekuatannya relatif dibawah dari kualitas lantai kayu solid.

Jadi wajar saja jika parket dari kayu sintetis atau laminate rawan terhadap serangan rayap.

Contoh Desain Lantai Kayu parket Pada Interior Rumah Minimalis

kayu-parket

Vinyl-Flooring-5

lantai kayu

Installasi - 1

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Dengan Mudah

Dalam memasang lantai kayu parket ada dua cara yang bisa anda lakukan yaitu yang pertama dengan cara menggunakan plaster  dan yang kedua dengan memakai multiplek atau triplek. untuk lebih jelasnya yuk kita simak lagi.

1. Plaster semua permukaan lantai anda dan kemudian beri acian pada permukaannya sehingga rata.

2. Setelah itu anda tinggal memberi lem kayu di atas acian dan pasang lantai kayu parket anda.

3. Kemudian tahap ketiga ialah dengan menghaluskan permukaan lantai parket dan untuk tahap yang satu ini biasanya menggunakan mesin yang di buat khusus untuk menghaluskan lantai kayu.

4. Dan langkah terakhir adalah finishing agar tampilan lantai kayu anda lebih tampil menawan.

Sedangkan untuk memasang lantai parket dengan menggunakan triplek, anda tinggal memasang triplek pada alas lantai yang angkah selanjutnya tinggal mengikuti seperti langkah di atas, kekurangan menggunakan metode ini ialah mudah lapuknya alas triplek sehingga jenis pemasangan yang satu ini tidak mampu bertahan lama.

Setelah semua lantai kayu anda terpasang maka selanjutnya anda tinggal merawat lantai kayu tersebut, caranya cukup mudah yaitu seperti berikut.

Cara Merawat Dan Membersihkan Lantai kayu

Agar tampilannya selalu kinclong tentunya kita harus rajin dalam membersihkan lantai kayu ini, namun tentunya cara merawat atau membersihkan lantai kayu ini tidaklah sama dengan lantai keramik, untuk membersihkan lantai kayu anda bisa menggunakan penyedot debu atau jika anda menggunakan sapu sebaiknya anda mengikuti arah serat lantai kayu tersebut supaya semua kotoran yang terdapat pada sela-sela kayu dapat bersih.

Untuk mengepel lantai sebaiknya anda mengunakan pel yang kering atau jika anda ingin menggunakan air sebaiknya menggunakan air yang hangat, agar lantai anda tetap terawat anda bisa membersihkan secara teratur lantai kayu anda dan usahakan setiap ada air yang tumpah pada lantai anda langsung di bersihkan karena jika anda diamkan terlalu lama akan membuat noda pada lantai tersebut, oke mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan seputar lantai kayu pada rumah minimalis semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>