Selamat Tinggal Kamar Mandi Lembab!

Kelembapan merupakan salah satu masalah yang terjadi di kamar mandi namun masih sering dianggap sebagai hal biasa, mengingat kondisi ruangan ini yang selalu dipenuhi air dan posisinya yang di tengah-tengah rumah, dikelilingi tembok tanpa adanya jendela.

Padahal, jika kelembapan ini dibiarkan terus-menerus, tidak hanya berisiko merusak perlengkapan mandi, tetapi juga berisiko menjadi tempat berkembangbiaknya kuman, bakteri, dan jamur yang menjadi sumber penyakit.

Untuk itu, segera usir kelembapan di kamar mandi Anda. Guna mengusirnya, ikuti 4 cara jitu di bawah ini.

Memasang exhaust fan dan jalusi.

Exhaust fan merupakan kipas elektronik yang dirancang untuk mengeluarkan udara dari dalam ruangan. Selanjutnya, pasang jalusi pada pintu yang berseberangan dengan exhaust fan agar udara dapat masuk ke jalusi kemudian keluar melalui exhaust fan.

Memanfaatkan buangan AC.

Cara efisien lain yang bisa Anda lakukan agar kamar mandi terbebas dari lembap adalah memanfaatkan udara sisa yang keluar dari perangkat AC. Hal ini bisa dilakukan bila kamar mandi Anda bersebelahan dengan ruangan yang menggunakan AC.

Pasang cerobong di kamar mandi, kemudian di salah satu sisi cerobong letakkan blower AC, sedangkan sisi seberangnya diberi lubang ventilasi. Saat AC tidak dinyalakan, lubang tersebut berguna untuk mengalirkan udara ke dalam kamar mandi.

Beralih ke shower.

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata bak air menjadi sumber utama kelembapan di kamar mandi. Ya, kondisinya yang selalu terbuka membuat proses penguapan terus menerus terjadi.

Jika memungkinkan, segera ganti bak mandi dengan shower. Selain mengurangi kelembapan, menggunakan shower akan lebih menghemat air.

Membuat cerobong.

Cara terakhir yang bisa Anda terapkan untuk mengusir lembap di kamar mandi adalah membangun cerobong untuk menghalau udara yang lembap.

Buat cerobong menggunakan genteng kaca sehingga sinar matahari bisa masuk ke ruangan. Panas sinar matahari ini bekerja lebih cepat mengurangi lembap.

Jangan lupa, buat lubang-lubang kecil di sekeliling dinding cerobong sebagai jalur keluarnya udara.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>