Tips Agar Rumah Tidak Berantakan

Selalu rajin membersihkan rumah, tetapi rumah masih terlihat kurang rapi, mungkin ada kesalahan yang tidak diketahui sehingga rumah kurang bersih. Nah kami akan memberikan informasi tentang tips agar rumah terlihat rapi.

Pertama, tentukan tempat menyimpan setiap barang

Poin ini merupakan langkah awal dari membereskan rumah. Expert organizer di New York, Sharon Lowenheim berpendapat, “Pastikan setiap benda memiliki tempat tinggalnya.”

Gagasan ini memang benar, karena bayangkan saja jika benda seperti peralatan makan yang seharusnya ada di dapur malah berada di kamar tidur. Atau peralatan dapur yang seharusnya tidak tergeletak di ruang tamu, dan sebagainya. Kebiasaan ini tentu saja akan membuat rumah terus menerus berantakan dan menyulitkan Anda saat mencarinya.

Dengan mengetahui tempat menyimpan setiap barang, Anda tidak hanya memudahkan diri sendiri, tetapi juga menjaga kondisi rumah agar tetap terorganisir.

Kedua, jangan perbanyak barang

Siasat lain untuk menjaga rumah tetap terorganisir adalah menghindari penggunaan banyak barang. Pisahkan mana benda-benda yang dibutuhkan sehari-hari dengan yang tidak. Jika jarang dibutuhkan tempatkan saja pada gudang penyimpanan.

Menumpuk satu barang diatas barang lain memang sudah menjadi kebiasaan hampir seluruh anggota keluarga. Terlebih ketika sedang sibuk dan merasa tidak punya waktu untuk menyimpannya dengan baik.

Nah, hobi seperti inilah yang seharusnya mulai dijauhi. Ingat, bahwa menyimpan barang di tempat asalnya dan bukan diatas barang lain, akan membuat rumah tampil rapi setiap saat.

Ketiga, aturan 20:80

Apa itu 20:80? Ini merupakan angka rata-rata bahwa sebanyak 80% pakaian di lemari, hanya 20% nya yang selalu dipilih untuk dikenakan. Tentu ini bukanlah kondisi yang baik dan hanya akan membuat lemari Anda penuh sesak, serta berujung pada situasi kamar tidur yang amburadul.

Untuk itu, mulai kurangi isi lemari Anda dengan memilah pakaian yang sudah tidak lagi disukai. Bila kondisinya masih layak pakai, Anda bisa menyumbang hasil bersih-bersih ini kepada masyarakat yang tidak mampu.

Keempat, hindari beli tempat penyimpanan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan ketika ingin mengorganisir rumah yaitu membeli tempat penyimpanan. Beberapa orang menganggap tempat penyimpanan adalah solusi merapikan rumah yang efektif dan efisien.

Rupanya, solusi ini bukan langkah yang tepat. Mengingat ukuran tempat penyimpanan justru memakan lebih banyak tempat dan menjadikan rumah terkesan sempit.

Kelima, sedia lap di seluruh ruangan

Lap pembersih, baik itu tisu atau serbet di setiap ruangan akan memudahkan Anda ketika ada tumpahan air atau kuah sup yang tercecer. Jadi, Anda hanya perlu mengambil dan segera mengelapnya agar tak terinjak orang lain yang bisa membuat lantai rumah menjadi kotor. Terutama bila Anda memiliki anak kecil di dalam rumah.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>