Tips Membuat Bentuk Kolam Ikan di Rumah

Inovasi – inovasi untuk membuat rumah semakin terlihat nyaman maka banyak orang yang mengupayakan untuk membuat di perbagus dengan kelengkapan fasilitas demi kenyamanan pada keluarganya. Esensinya pembuatan kolam kebanyakan orang karena memang sebagai hobi, untuk rumah terlihat lebih indah, atau juga sebagai peliharaan untuk santai tiap sore sambil memberi makan para ikan – ikannya. Jika suatu rumah terdpaat kolam ikan akan terasa lebih alami dan sejuk untuk bersantai dengan keluarga.

Berikut saya berikan contoh bentuk kolam ikan di rumah minimalis beserta tips yang perlu diperhatikan dalam membangun kolam ikan dirumah minimalis anda. Kita mulai dengan contoh gambar bentuk kolam ikan di rumah yang saya dapat dari berbagai sumber berikut ini:

Bentuk kolam ikan sangat bervariasi, akan tetapi perlu diperhatikan dalam membuat kolam ikan di dalam rumah minimalis seperti ukuran lahan untuk kolam, seberapa besar kolam yang akan dibuat, dan lain sebagainya, tetapi anda tidak usah bingung karena disini akan kita bahas tips membuat kolam ikan di dalam rumah minimalis beserta contoh gambar kolam ikan dengan berbagai sudut dan bentuk.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kolam ikan di rumah minimalis:

Menentukan Desain Kolam Ikan

Model Desain kolam yang seperti apa yang akan kalian aplikasikan sehingga akan tercipta bentuk yang sesuai dengan keinginan anda, dengan begitu tentunya anda akan merasa puas. Ada banyak desain yang dapat dicontoh untuk membangun kolam ikan di rumah minimalis, tapi perlu di ingat juga bahwa sebelum membuat kolam ikan anda harus melihat juga bentuk rumah anda sehingga antara rumah dan kolam ikan akan terlihat serasi. Desain paling sederhana yang bias di gunakan yaitu bentuk kolam ikan yang kotak karena desain rumah minimalis di era sekarang juga cenderung menggunakan desain kotak, ada juga yang ditambahi dengan beberapa dekorasi hiasan batu alam agar terlihat natural.

Pilih Bahan Kolam Ikan

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolam tentunya sudah anda perkirakan, bila anda tidak ahli dalam membuat bangunan mendingan kalian cari tukang untuk membuat kolam ikan anda, karena kolam akan di isi dengan air dan apabila pengerjaannya kurang bagus kolam akan cepat bocor. Usahakan bahan yang bagus untuk membuat kolam agar tidak repot dikemudian hari. Perlu di ingat juga peletakan dekorasi tambahan seperti batu alam atau hiasan kolam yang sekiranya sulit untuk dibersihkan agar di hindarai, karena akan membebani pekerjaan rumah anda di suatu hari.

Tentukan Penghuni Kolam Ikan

Binatang apa saja yang akan anda isi pada kolam ikan yang telah anda bangun, ada yang suka dengan ikan hias air tawar atau ikan hias air laut. Pastikan kemampuan anda dalam merawat binatang tersebut, agar ikan yang anda pelihara tidak mudah mati. Bila anda orang awam yang belum banyak tahu tentang ikan, alangkah baiknya anda memelihara ikan air tawar dan pilihkah ikan yang mempunyai daya tahan kuat, seperti ikan Nila, ikan komet dan lain-lain.

Menentukan Besar Ukuran Kolam Ikan

Seberapa besar bentuk kolam yang akan anda buat tentunya harus sudah diperhitungkan dengan letak dan ukuran lahan penempatan kolam ikan tersebut. Pilihlah letak kolam yang serasi dengan pekarangan rumah usahakan kolam tidak menghalangi jalur aktivitas sehari-hari Anda. Ingat bahwa letak kolam yang tidak sesuai akan member kesan berantakan dan semacam menjadi penghalang suatu tata letak rumah yang nyaman.

Perawatan Kolam Ikan Minimalis

Setelah kolam ikan sudah digunakan, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin agar kolam terlihat bersih rapi dan ikan anda pun ikut sehat. Untuk mempermudah perawatan anda harus mempunyai alat tambahan agar kolam ikan tidak mudah kotor dan ikan didalam kolam tidak mudah terserang penyakit. Alat yang biasa digunakan yaitu filter air yang diletakkan didalam kolam. Alat Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang terdapat pada air kolam sehingga air tidak cepat kerus dan oksigen didalam air terus menerus tersedia. Sesuaikan kebutuhan filter dengan ukuran kolam, semakin besar kolam yang anda bangun maka anda juga perlu menggunakan filter yang besar atau filter dengan jumlah yang banyak. Sedangkan untuk perawatan dekorasi pernak-pernik perhiasan kolam bisa Anda lakukan dengan menyikat secara berkala, gunakan sikat kecil seperti sikat gigi untuk membersihkan sela-sela yang susah dijangkau.

Arsitek Indo Kontraktor – merupakan usaha profesional dalam bidang jasa bangun rumah, kontrakan, kos kosan, kontrakan, apartemen, homestay, interior eksterior, cluster, maupun renoavsi bangunan menjadi baru. Bisa konsultasi secara langsung hubungi marketing kami 08562768741 untuk bio lengkap perusahaan kami bisa dibuka link websitenya di www.jasakontraktor-architectjogja.com

Beberapa bentuk desain kolam ikan;

img60-1328089111

Kolam-Ikan-Hiasan-Rumah

lotus-koi-fish-pond-kolam-koi-dengan-tanaman-teratai

fish-pond-design

Kolam-Ikan-Koi-Minimalis-Dalam-Rumah

kolam-taman-minimalis-5

 

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>