Tips Memilh Keramik Kamar Mandi di Rumah Anda

Tips Memilih Keramik Kamar MandiTidak hanya urusan desain atau tema kamar mandi saja yang harus anda perhatikan, namun juga sama halnya dengan pemilihan keramik untuk kamar mandi. Terkadang, meskipun ukuran kamar mandi masih lebih kecil dari ruangan lainnya, tanpa sadar anda justru mengeluarkan anggaran terlalu banyak untuk mendapatkan desain dan tampilan kamar mandi terbaik sesuai keinginan anda.

Dalam memilih keramik kamar mandi harus masuk ke dalam catatan penting anda agar tidak melebih anggaran dan juga memperoleh kualitas yang terbaik. Kamar mandi menjadi salah satu area penting di dalam rumah yang merupakan area basah sehingga resiko ruangan lembab menjadi lebih tinggi, oleh karena itu pemilihan keramik kamar mandi harus dilakukan dengan tepat.

Keramik merupakan pilihan paling tepat untuk digunakan pada area kamar mandi karena memiliki corak yang sangat beragam, sehingga akan mempermudah anda untuk menyesuaikan dengan interior kamar mandi yang sudah ada atau ingin anda gunakan. Keramik juga sudah teruji memiliki tingkat ketahanan terhadap rembesan air serta tahan terhadap area lembab seperti kamar mandi. Sebagai panduan anda, berikut ini akan kami berikan beberapa tips untuk memilih keramik kamar mandi basah paling tepat dan terlengkap.

1. Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan

Harga dan motif keramik yang ada saat ini cukup beragam, sehingga membuat anda harus lebih teliti saat memilih keramik kamar mandi ini. Pastikan untuk memilih keramik sesuai dengan anggaran dan juga kebutuhan kamar mandi yang anda miliki, pilihlah keramik dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas.

2. Sesuaikan dengan jenis kamar mandi

Keramik memiliki 4 jenis lapisan yang paling umum yakni satin, glossy atau mengkilat, memiliki tekstur dan juga matte, keempat jenis keramik ini mempunyai tekstur yang licin dan juga tidak licin. Untuk area kamar mandi yang basah, sebaiknya pilih keramik yang teksturnya tidak licin sehingga aman saat diinjak, khususnya jika kamar mandi tersebut lebih sering digunakan oleh anak-anak atau manula. Selain itu, tekstur keramik yang tidak licin akan lebih mempermudah anda untuk membersihkan lumut serta jamur yang sering hinggap pada area basah tersebut.

3. Cocokkan dengan ukuran

Agar keramik yang anda pilih bisa digunakan dengan maksimal, maka anda harus mengukur lebih dulu lantai keramik dan selaraskan dengan ukuran kamar mandi yang anda miliki.Aliran listrik juga menjadi hal penting untuk diperhatikan, sebab ini akan menjadi penentu tingkat kemiringan lantai ke arah pembuangan, sebaiknya jangan memilih lantai dengan ukuran yang besar agar bisa mengikuti arah arus pembuangan air.

Namun, jika kamar mandi yang anda miliki berukuran kecil, maka keramik ukuran besar adalah pilihan tepat untuk digunakan, sebab akan membuat tampilan kamar mandi terlihat lebih luas.

4. Serasikan tema dengan warna kamar mandi

Tips memilih keramik kamar mandi selanjutnya adalah menyesuaikan corak dan juga warna keramik dengan tema kamar mandi yang anda usung.Pastikan anda memilih warna dan corak keramik yang senada dengan tema kamar mandi, sehingga tema kamar mandi yang anda usung tidak akan hilang.

5. Pastikan memiliki garansi

Meskipun terdengar sepele, namun urusan garansi pada keramik tetap perlu anda perhatikan. Konsultasikan pada pemilik toko tentang ada atau tidaknya garansi untuk keramik yang akan anda pilih, sehingga jika nantinya ada keramik yang tidak sempurna atau cacat masih bisa ditukar atau dikembalikan.

6. Pilih keramik dari kegunaannya

Pemilihan keramik lantai kamar mandi juga harus disesuaikan berdasarkan kegunaannya, apakah untuk bagian lantai kamar mandi atau dinding kamar mandi. Untuk bagian lantai, gunakan keramik dengan tekstur yang kasar, sementara untuk keramik dinding kamar mandi bisa menggunakan yang licin tetapi dengan motif menarik dan serasi dengan keramik lantai.

7. Pilih warna keramik yang cerah

Kamar mandi yang merupakan area basah, haruslah menggunakan keramik dengan warna yang cerah, sebab jika menggunakan warna gelap maka akan meninggalkan kerak serta noda berwarna putih atau abu-abu pada saat keramik kamar mandi mengering. Beberapa warna gelap yang cocok digunakan pada kamar mandi adalah warna hitam, coklat dan juga merah gelap.

8. Pilih keramik berkualitas

Kualitas keramik menjadi sangat penting sebab akan digunakan pada area yang paling sering terkena air dan lembab. Agar keramik bisa tahan lama, maka gunakan keramik yang berkualitas bagus sehingga tidak akan mudah terlepas dari plesteran, retak atau pecah.Selain itu, pastikan keramik yang anda pilih tidak memiliki rongga dan padat sehingga tidak akan tergenang oleh air.

9. Pilih yang mudah dibersihkan

Pastikan juga jika keramik yang anda pilih sangat mudah saat akan dibersihkan agar bisa selalu terlihat cantik dan terawat. Anda bisa saja menggunakan keramik dengan motif timbul untuk kamar mandi, akan tetapi resikonya adalah kotoran akan lebih mudah berkumpul pada keramik. Pilihan terbaik adalah memilih keramik yang sederhana dengan permukaan datar serta tidak memiliki ukiran atau corak agar mudah dibersihkan.

10. Pilih keramik porselen dan batuan

Keramik porselen dan juga batuan mempunyai ukuran serta bentuk yang cukup bervariasi, sehingga akan mempermudah proses pemasangannya. Keramik batuan menjadi material tepat untuk digunakan pada kamar mandi khususnya untuk area shower yang terlebih dahulu diberi bahan pelapis tambahan sehingga tahan terhadap rembesan air.

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>