15
Jan

3 Langkah Penataan Kamar Tidur Sempit

3 Langkah Penataan Kamar Tidur Sempit

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Kamar tidur kecil bisa menjadi tempat beristirahat yang praktis. Walaupun kecil tetapi kamar bisa menjadi terlihat luas sama seperti kamar tidur yang memiliki ruangan lebih besar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamar sempit di rumah bisa terlihat luas. Misalnya dengan pemilihan warna dinding atau wallpapaer yang bisa menimbulkan efek luas. Berikut ini 3 langkah penataan kamar tidur yang sempit.

 

Buat gambar

Langkah pertama penataan kamar tidur sempit adalah merencanakan penempatan furnitur. Anda bisa memulai dengan membuat sketsa atau gambar sederhana penempatan furnitur utama seperti tempat tidur, lemari dan meja.

Ukur furnitur yang Anda miliki dan sesuaikan penempatannya dengan luas kamar tidur. Jangan lupa pertimbangkan ruang gerak Anda ketika beraktivitas. Misalnya dengan memperhitungkan luas yang dibutuhkan untuk membuka tutup pintu atau laci lemari dan ruang untuk keluar masuk kamar.

3 Langkah Penataan Kamar Tidur Sempit

Pertimbangkan fungsi

Langkah kedua adalah penempatan furnitur. Bila menyukai kamar tidur bergaya minimalis, ukuran ruang yang sempit bisa saja diarahkan dengan penataan kamar tidur minimalis yang mengutamakan fungsi agar ruang terasa nyaman. Karena itu masukkan furnitur dimulai dari yang paling penting, yakni tempat tidur. Hindari meletakkan tempat tidur di tengah kamar sempit karena akan menyulitkan penataan furnitur lainnya. Rapatkan tempat tidur ke salah satu dinding, kemudian masukkan lemari pakaian dan furnitur lain misalnya meja belajar atau meja kerja.

Saat memasukkan furnitur sebaiknya sesuaikan dengan rutinitas atau kebiasaan Anda di kamar tidur. Langkah ini bisa mengurangi jumlah furnitur yang akan masuk ke kamar tidur, sehingga kamar sempit jadi lebih leluasa. Misalnya selama ini Anda lebih nyaman belajar atau mengerjakan sesuatu sambil lesehan di lantai maka Anda bisa menghilangkan meja kerja atau meja belajar dalam daftar furnitur dan menggantinya dengan karpet dan bean bag atau bantal duduk.

BACA JUGA  Memilih Hunian Idaman: Rumah atau Apartemen?

3 Langkah Penataan Kamar Tidur Sempit

Selesai menempatkan furnitur, lanjutkan dengan dekorasi sebagai sentuhan akhir. Penataan kamar tidur minimalis cukup diberi sentuhan dekorasi yang sederhana. Hindari memasukkan terlalu banyak motif karena bisa memberikan kesan kamar tidur makin sempit.

Banyak warna yang bisa diterapkkan ke kamar tidur sempit, asalkan perhatikan penempatannya. Akan lebih menarik jika warna terang ditempatkan sebagai aksen. Sementara warna-warna lembut menjadi dominasi agar kamar tidur tetap tampil sederhana.

3 Langkah Penataan Kamar Tidur SempitMaksimalkan ruang

Langkah terakhir penataan kamar tidur sempit adalah dengan maksimalkan area penyimpanan barang. Manfaatkan area bawah tempat tidur untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan tapi masih perlu untuk disimpan misalnya koper, sepatu yang jarang dipakai, maupun selimut dan perlengkapan tidur untuk tamu. Sudut kamar tidur juga bisa ditempatkan tiang gantungan untuk meletakkan tas, topi, dan aksesori lainnya yang sering Anda gunakan.

3 Langkah Penataan Kamar Tidur Sempit

©Dimas Andrea

Kamar sempit juga bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan area dinding. Pasang rak atau ambalan untuk meletakkan buku-buku koleksi. Rak ini juga bisa berfungsi sebagai dekorasi agar kamar minimalis tetap tampak cantik.