19
Nov

4 Cara Mudah Menata Ruang Keluarga Kecil

4 Cara Mudah Menata Ruang Keluarga Kecil

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorRuang keluarga memang menjadi salah satu ruang yang paling sering dipakai dan dikunjungi di rumah karena di sana adalah tempat buat keluarga bisa bersantai dan menghabiskan waktu bersama sambil menikmati hiburan.Membuat agar ruang keluarga bisa nyaman tentu perlu direncanakan matang-matang agar tidak terkesan sekadar ada. Melakukan penataan ruang keluarga yang tepat dan menjaga kebersihan merupakan dua kunci utama mewujudkan ruang keluarga yang nyaman. Berikut ini 4 cara mudah menata ruang keluarga kecil.

Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan tentu saja menjadi faktor penting bagi ruang keluarga kecil. Untuk di siang hari, ada baiknya jika mengandalkan sinar matahari sebagai sumber pencahayaan, selain tentunya akan menghemat energi, cahaya matahari di pagi hari juga bagus untuk kesehatan.

Pencahayaan yang Baik pada Ruang Keluarga

Sedangkan di malam hari, Anda bisa menggunakan lampu gantung bergaya minimalis. Hindari penggunaan lampu gantung dengan detail-detail yang rumit seperti chandelier atau semacamnya untuk menghindari ruang keluarga kecil Anda menjadi terasa sempit.

Pemilihan Warna yang Pas

Pemilihan warna bagi ruang keluarga kecil Anda juga penting. Pemilihan banyak warna yang saling bertabrakan akan menjadikan ruangan terasa sesak dan tidak nyaman. Maka sebaiknya, pilihlah perpaduan warna-warna natural seperti warna kayu, warna putih, atau bisa juga menggunakan konsep tembok semen ekspos.

Memilih Warna yang Senada untuk Ruang Keluarga
Memilih Warna yang Senada untuk Ruang Keluarga

Namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan banyak warna dalam ruang keluarga kecil. Dengan pemilihan warna yang tepat, Anda bisa memainkan warna-warna lain yang menarik dan Anda sukai. Seperti pot bunga berwarna kuning yang diletakan di sudut ruangan atau sofa utama dengan warna biru menyala.

Memilih Furniture Minimalis yang Tepat

Tentu saja pemilihan furnitur menjadi faktor penting untuk ruang keluarga kecil agar terasa luas dan nyaman. Pertama-tama, pastikan dulu bahwa furniture yang ada di ruangan keluarga kecil Anda adalah furnitur yang memang digunakan setiap saat. Kemudian, hindari penggunaan lemari besar yang sebenarnya tidak terlalu sering digunakan.

Setelah itu, cobalah untuk memaksimalkan space tembok ruang keluarga kecil Anda. Cobalah menaruh televisi di dinding. Dengan begitu Anda memiliki ruang penyimpanan barang yang lebih banyak.

Furniture Minimalis pada Ruang Keluarga
Furniture Minimalis pada Ruang Keluarga

Hindari juga penggunaan meja tengah dengan potongan persegi yang kaku dan cobalah gunakan meja dengan potongan melingkar di ruang keluarga kecil. Terakhir, jangan lupa gunakan karpet lembut sebagai tempat anak-anak bermain atau mengerjakan tugas sekolahnya, tips ini sangat berguna jika Anda memiliki balita di keluarga.

Sentuhan Personal dari Setiap Anggota Keluarga

Terakhir yang Anda bisa lakukan untuk ruang keluarga kecil adalah memberikan sentuhan-sentuhan personal dari tiap anggota keluarga. Seperti memajang foto-foto keluarga, atau juga bisa memajang piala dan piagam Anda di ruang keluarga. Hal ini membuat ruang keluarga kecil menjadi lebih nyaman dan terasa kekeluargaannya saat ditempati.

Sentuhan Personal pada Ruang Keluarga

Dengan desain yang pas dan tentunya dengan perencanaan yang baik, Anda bisa membuat ruang keluarga kecil menjadi lebih menarik dilihat dan juga lebih nyaman untuk ditempati. Jadikan ruang keluarga sebagai tempat bertukar pikiran dengan keluarga, serta menjadi tempat melepas penat sepulang dari tempat kerja. Selamat mencoba!