19
Nov

5 Barang Dekorasi Ruang Keluarga yang Sebaiknya Dimiliki

5 Barang Dekorasi Ruang Keluarga yang Sebaiknya Dimiliki

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor Ruang keluarga harusnya menjadi ruang yang paling personal dan nyaman untuk bersantai setelah kamar pribadi. Namun, tahukah kamu bahwa 80% keluarga di Amerika nggak bahagia dengan perabot dan dekorasi ruang keluarga yang mereka miliki? Tentu kamu nggak mau merasakan hal yang seperti mereka rasakan pada dekorasi ruang keluargamu bukan?Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah ruang keluarga yang memiliki visual yang baik, rapi, dan bersih dan tentunya nyaman bisa membantu kesehatan mental dan psikologis penghuninya, lho. Sebaliknya, jika ruang keluarga berantakan, tidak hanya mood saja yang terganggu, tetapi hal ini akan memberikan energi negatif pada para penghuninya.

1. Berkreasi dengan Bantal sebagai Dekorasi Penting di Ruang Keluarga

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa setiap barang dekorasi ruang keluarga itu harus satu warna dan satu desain. Tujuannya, supaya desain ruang keluarga tersebut terlihat elok dan menarik, apalagi mengingat bantal-bantal di ruang keluarga lebih mencolok dibanding barang lainnya. Namun ternyata, hal ini justru membuat desain ruang keluarga terkesan membosankan dan menjadi kurang nyaman.

Untuk itu, hindari pemakaian barang-barang yang berdesain sama, terutama bantal. Sebaiknya Anda membeli beberapa bantal yang desainnya tidak sama, tetapi tetap serasi antara satu sama lain. Dengan begitu, ruang keluarga akan menjadi lebih nyaman, menarik, dan tidak membosankan.

2. Jangan Lupa Tumbuhan Hijau

Sebenarnya, mau sebagus apapun desain dan dekorasi ruang keluarga Anda, tidak ada yang bisa mengalahkan keindahan tumbuhan hijau. Tumbuhan hijau yang tumbuh secara alami dapat menghadirkan suasana segar seperti di outdoor, sangat cocok untuk ruang keluarga minimalis dan berukuran tidak terlalu besar.

Untuk peletakannya, Anda dapat menaruh pot tanaman berukuran kecil di tengah meja ruang tamu atau di rak kecil. Selain hanya dengan ditaruh, pada dekorasi ruang keluarga minimalis Anda dapat memanfaatkan dinding untuk menempelkan tanaman pot kecil atau tumbuhan merambat. Atau bila ruangan Anda cukup besar, taruh saja tumbuhan indoor yang lebih besar di sudut ruang keluarga.

BACA JUGA  Hal yang harus diperhatikan untuk mengonsepkan Interior ala Jepang

3. Buat Ruangan Lebih Terang

Pencahayaan sangat penting dalam dekorasi ruang keluarga, karena ruangan yang kurang pencahayaan dapat membuatnya terasa sempit, lembab, dan kurang nyaman. Untuk itu, sebaiknya pasang lebih dari satu lampu di dalam ruang keluarga secara terpisah, dan jangan ditaruh berdekatan.

Chandelier adalah pilihan terbaik karena penampilannya sangat elok dan pencahayaannya luas, tetapi kurang cocok bila ruangannya sempit. Untuk dekorasi ruang keluarga minimalis, letakkan saja dua lampu tanam pada plafon di sudut ruangan yang berlawanan dan satu lampu di tengah ruangan. Atau, gunakan lampu tempel yang ditaruh di dinding sebagai dekorasi tambahan, di samping sebagai sumber cahaya.

4. Gunakan Karpet Besar yang dapat Menutupi Permukaan Ruang Keluarga

Sekalipun ruang keluarga Anda tidak terlalu besar, karpet  sangat cocok diletakkan di ruangan tersebut. Karpet yang besar bisa menjadi pemersatu seluruh dekorasi ruang keluarga. Jadi, taruhlah karpet besar yang dapat menjadi alas semua perabot ruangan Anda, dan tentunya dengan desain yang serasi dengan perabot lainnya, ya!

Untuk ruangan yang besar, Anda dapat menaruh dua lapisan karpet agar terlihat lebih menarik. Lapisan pertama, yaitu yang di bawah, harus lebih besar dan berwarna polos yang serasi dengan karpet lapisan kedua. Sedangkan untuk lapisan kedua, ukurannya lebih kecil dan desainnya serasi dengan karpet pertama dan perabotan lainnya.

5. Tempelkan Figura Gambar, Foto, atau Quotes untuk Menghias Dinding

Dinding itu bagaikan kanvas kosong, karenanya Anda dapat menaruh dekorasi ruang keluarga apapun untuk membuatnya lebih indah, terutama pigura. Tempelkan pigura apapun yang cocok dengan selera Anda, baik itu pigura gambar seni, foto keluarga/sahabat/pasangan, maupun quotes inspiratif.

Namun ingat, jangan sembarangan menaruh pigura pada dinding ruang keluarga. Sesuaikan ukuran pigura dengan ukuran ruangannya. Kemudian, atur jumlah dan posisinya menurut ukuran pigura tersebut. Bila pigura Anda kecil, sebaiknya letakkan beberapa pigura secara berdempetan di satu titik dan tidak menyebar. Sedangkan untuk pigura besar, sebarkan masing-masing di sisi dinding yang berbeda, atau dempetkan satu pigura dengan figura lain ke samping.

BACA JUGA  Intip Nih Warna Pastel Yang Cocok Untuk Ruanganmu