17
Des

5 Tips Memilih Keramik Lantai

5 Tips Memilih Keramik Lantai

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBicara tentang lantai, salah satu alternatif lantai yang digemari adalah keramik. Tampilan yang bersih dan higienis, harganya yang semakin terjangkau, dan pilihannya yang semakin beragam hanyalah tiga faktor yang membuatnya semakin digemari. Secara umum, Anda bisa memilih lantai keramik mengkilap atau pun yang tidak mengkilap. Saat ini, dapat dilihat kalau lantai keramik mengkilap (glazed) cukup mendominasi pasaran. Berikut ini 5 tips memilih keramik lantai

1. Sesuaikan dengan Anggaran

Banyaknya varian harga dan model keramik yang dijual dipasaran membuat Anda harus jeli dalam memilih keramik. Apakah Anda ingin memilih keramik murah namun berkualitas biasa saja atau Anda ingin membeli keramik mahal. Pilihan ada pada Anda, tentunya haru disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

2. Sesuaikan Ukuran

Sesuaikan warna dan juga ukuran keramik yang Anda gunakan pada satu ruangan tertentu, entah itu pada dapur, kamar mandi, maupun ruang keluarga.

Anda harus pintar menyesuaikan ukuran keramik lantai dengan ruangan rumah. Perlu Anda ketahui, semakin besar ukuran sebuah keramik pada ruangan, akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih luas.

3. Warna dan Corak

Tak ketinggalan juga untuk seleksi warna. Jika ruangan anda kurang sinar matahari yang masuk, pilihan warna terang menjadi alternatif terbaik, begitu juga sebaliknya.

Tips memilih keramik yang ketiga ini perlu Anda terapkan pada semua ruangan rumah. Entah itu dapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dan juga ruang keluarga agar memperoleh hasil yang maksimal sesuai keinginan.

4. Tekstur Keramik

Perlu Anda ketahui, lantai keramik memiliki beberapa model dan jenis glasur. Beberapa diantaranya seperti glossy (mengkilap), satin, matte atau bertekstur. Hal inlah yang membedakan licin tidaknya lantai keramik.

BACA JUGA  Tips Desain Kolam Renang Mewah

Untuk kamar mandi dan dapur misalnya, sebisa mungkin pilihlan keramik yang memiliki tekstrur yang tidak rata. Gunanya, agar tidak licin saat Anda gunakan untuk aktivitas dan mobilisasi.

5. Kualitas Keramik

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih keramik adalah dengan memeriksa standar peruntukannya. Keramik lantai tentunya harus tahan air, noda, dan tidak boleh licin.

Anda harus memastikan bahwa pemilihan keramik khususnya untuk penggunaan kamar mandi, dapur, hingga kolam renang tidak licin karena berhubungan dengan keselamatan Anda di rumah.