03
Des

5 Tips Menata Rumah Kecil Agar Terasa Nyaman

5 Tips Menata Rumah Kecil Agar Terasa Nyaman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMemiliki rumah kecil memang menyenangkan dan sangat ringkas. Namun terkadang salah satu kendala memiliki rumah kecil adalah bingung menyimpan dan menata barang agar selalu rapi. Lantas, bagaimana cara menata rumah kecil agar selalu rapi, nyaman, dan tidak terasa sesak?. Berikut ini 5 tips menata rumah kecil agar terasa nyaman

1. FURNITURE YANG SEDERHANA

5 Tips menata rumah kecil agar terasa nyamanFurniture adalah benda yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang yang ada di dalam suatu ruangan. Banyak orang membeli furniture berdasarkan keinginanya semata tanpa memikirkan fungsi dan penempatannya di dalam rumah. Hal ini menyebabkan barang yang baru dia beli akan di letakan pada ruangan dengan sembarang. Selain akan mempengaruhi kenyaman dalam ruangan apabila penempatan tidak sesuai maka ruangan anda akan terlihat sempit sebesar apapun ruangan yang anda miliki. Ruangan anda akan tetap terlihat bersih dan rapi sekecil apapun ruangannya tergantung kita meletakan furniturenya dengan tepat. Seperti contoh gambar diatas walaupun ruangan kamar sangat kecil tetapi memiliki fungsi beraneka ragam dengan menggunakan furniture dan penataan yang tepat. Ruangan sempit pun terasa nyaman untuk dihuni.

2. PENCAHAYAAN

5 Tips menata rumah kecil agar terasa nyamanDengan  pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik ke dalam rumah, akan membuat suasana di dalam rumah terasa segar. Dengan terciptanya hal itu maka penghuni rumah akan merasa nyaman. Pencahayaan yang baik pun tidak untuk siang hari saja, kita juga harus menyusun pencahayaan yang baik ketika malam hari. Letakanlah lampu-lampu upayakan cahaya lampu tersebut dapat menyinari setiap sudut – sudut ruangan anda, jangan biarkan sudut ruangan anda terlihat redup karena itu dapat menyebabkan ruangan anda terlihat sempit. Pada gambar di atas terlihat ruangan sempit dengan memiliki pencahayaan yang baik dan penataan ruang yang baik rumah terasa luas dan nyaman untuk dihuni.

BACA JUGA  Rumah Tradisional Part 3

3. GUNAKAN FURNITURE MINIMALIS

5 Tips menata rumah kecil agar terasa nyamanBentuk desain pada minimalis terkesan simple dan tidak terlalu banyak ukiran seperti bentuk desain lainnya. Oleh karena itu furniture minimalis sangat cocok untuk rumah anda yang memiliki ruangan kecil. Kesan kesederhanaanya sesuai dengan bentuk ruangan yang kecil. Apabila di padukan dengan bentuk furniture yang menarik, desain minimalis pun dapat menggambarkan kemewahan yang sederhana. Carilah solusi untuk menentukan bentuk furniture yang akan anda gunakan. Tidak hanya bentuk saja yang terlihat menarik tetapi sesuaikan juga fungsinya dengan kebutuhan yang anda perlukan.

4. GUNAKAN WARNA CAT CERAH

5 Tips menata rumah kecil agar terasa nyamanWarna cat rumah dapat mempengaruhi dalam nuansa maupun suasana. warna – warna yang cerah dapat menggambarkan kesan ketenangan dan kenyamanan. kesan luas dapat terwujud dengan warna- warna cerah. Apabila di padukan dengan cahaya maka akan semakin bertambah kesan luasnya. Oleh karena itu tips agar rumah anda yang memiliki ruangan sempit lebih baik menggunakan cat warna cerah kemudian di padukan dengan pencahyaan baik yang menerangin setiap sudut ruangan anda. Serta menggunakan furniture fungsional yang bentuknya disesuaikan dengan luas ruangan dan kebutuhan anda.

5. SEKAT RUANGAN

Anda memiliki banyak benda di rumah ? apabila rumah anda memiliki ruang yang kecil solusi untuk menyimpan barang yaitu menggunakan sekat ruangan atau biasa disebut partisi selain berfungsi untuk menyekat ruangan partisi juga dapat digunakan untuk menyimpan benda-benda anda seperti buku – buku, foto – foto. Dengan ukuran yang tidak akan memakan banyak ruang partisi pun tidak akan membuat ruangan anda terlihat sempit. Gunakan motif partisi yang sesuai dengan nuansa ruangan anda. Gunakan desain yang unik agar dapat juga terlihat seperti dekorasi ruangan anda.

BACA JUGA  8 Tips Dapur Sehat untuk Keluarga Sehat