21
Okt

6 Jenis Perkerasan yang Cocok untuk Taman

6 Jenis Perkerasan yang Cocok untuk Taman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorKetika mendesain sebuah taman, Anda tentu mengenal elemen hardscape. Ini adalah elemen atau objek berkarakter keras, baik yang terbentuk secara alami ataupun dibuat oleh manusia. Contoh dari hardscape alami adalah batu-batuan, termasuk kerikil. Meskipun kecil, namun batu kerikil memiliki peranan besar ketika menjadi material dekorasi taman. Apalagi, batu kerikil memiliki beragam pilihan ukuran, tekstur, dan warna sehingga berpotensi membangun sebuah karakter untuk menambah estetika taman. Seperti delapan rekomendasi yang akan dibahas kali ini. Batu kerikil bermanfaat membuat penataan taman minimalis menjadi lebih cantik dan menarik. Berikut ini 6 jenis perkerasan yang cocok untuk taman.

1. Paving Rumput

6 Jenis Perkerasan yang Cocok untuk Taman

Paving merupakan perkerasan yang terbuat dari campuran beton yang dipasang saling mengunci antara satu keping dengan kepingan lainnya. Ada banyak jenis paving yang tersedia di pasaran dan salah satunya adalah paving rumput yang biasanya dilengkapi dengan lubang-lubang sebagai media menanam rumput.

Paving rumput cocok bagi orang-orang yang ingin memiliki taman yang dapat digunakan sebagai sarana beraktivitas, namun tetap ingin mempertahankan eksistensinya sebagai tempat resapan air. Yang perlu diingat, karena ada rerumputan di dalam paving ini, maka paving rumput harus di rawat dan disiram air secara berkala.

2. Kerikil dan Batu Koral

6 Jenis Perkerasan yang Cocok untuk Taman

Perpaduan antara rumput dengan kerikil atau batuan koral akan membuat taman rumah tampil semakin segar dan indah. Selain menambah estetika desain taman, penggunaan kerikil dan batuan koral tidak akan menghalangi proses peresapan air ke dalam tanah. Kerikil dan batuan koral juga sangat cocok untuk digunakan pada taman kering. Pemasangannya pun sangat mudah, kerikil atau batuan koral cukup disebarkan pada area yang diinginkan.

3. Lempengan Batu

6 Jenis Perkerasan yang Cocok untuk Taman

Jika tujuan menambahkan perkerasan pada taman rumah adalah untuk membuat area pijakan untuk berjalan, makan lempengan batu atau stepping stone bisa menjadi pilihan. Dengan adanya lempengan batu, pengguna taman tak perlu lagi takut terpeleset atau kotor ketika berjalan-jalan di taman pada saat kondisi rumput basah dan licin karena hujan.

Ada beragam jenis lempengan batu yang dapat digunakan. Masing-masing batu memiliki bentuk, warna, tekstur, dan keunikannya masing-masing. Pilihlah jenis batu yang cocok atau diinginkan. Alternatif lain, Anda juga dapat memilih lebih dari satu jenis lempengan batu dan memasangnya secara acak agar desain taman rumah menjadi lebih atraktif

4. Batuan Mozaik

6 Jenis Perkerasan yang Cocok untuk TamanSebagian orang ingin tamannya menjadi lebih hidup dengan adanya sentuhan seni pada area taman. Untuk memenuhi keinginan tersebut, batu mozaik dapat menjadi alternatif perkerasan yang bisa membuat desain taman menjadi lebih hidup, unik, dan atraktif. Siapa tahu dengan menggunakan batuan-batuan yang unik, ide-ide kreatif akan muncul di kepala orang-orang yang berada di area taman. Karena bentuk dan polanya yang beragam, berhati-hatilah saat memilih jenis batu. Pastikan batuan yang dipilih sudah cocok dengan taman rumah.

5. Kayu

6 Jenis Perkerasan yang Cocok untuk Taman

Penggunaan material kayu sebagai bahan untuk perkerasan dapat memberi kesan natural yang sangat kuat ke dalam taman. Material kayu tentunya sangat cocok untuk dipadukan dengan elemen alam lainnya, seperti rumput, tanaman, dan bebatuan.

Akan tetapi, tidak semua jenis kayu cocok untuk dijadikan perkerasan taman. Pilihlah bahan kayu yang tahan terhadap sinar matahari maupun hujan. Jenis kayu yang banyak digunakan di area outdoor di antaranya adalah kayu ulin, kayu bengkirai, kayu merbau, kayu jati, dan kayu kruing.

6. Semen

6 Jenis Perkerasan yang Cocok untuk Taman

Semen atau beton dapat berpadu dengan cantik dengan elemen alami pada taman. Warna abu-abu gelap pada beton dapat menghasilkan keharmonisan dengan warna hijau pada daun dan rerumputan. Selain itu, keuntungan dari material semen adalah fleksibilitasnya. Material semen dapat dibentuk menjadi pola-pola yang menarik agar desain taman menjadi menarik.