21
Okt

6 Tips Hadirkan Desain Eklektik di Interior Rumah

6 Tips Hadirkan Desain Eklektik di Interior Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorAda banyak teknik dan strategi desain interior hunian untuk menciptakan rumah sesuai keinginan Anda. Misalnya ada yang memilih tema monokromatik, warna pastel, dominasi hitam, dan berbagai permainan warna lainnya. Sebagian lagi memilih pendekatan yang lebih berani, berupa penggunaan pola dekorasi interior yang memadukan aneka pola dan warna dalam satu ruangan. Penggunaan beragam pola dalam satu ruangan untuk dekorasi interior bisa dibilang cukup berisiko. Jika tidak direncanakan dengan tepat, akan mengakibatkan tabrakan corak yang terkesan sumpek dan penuh. Pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang memadai, agar motif yang ada pun tampak lebih jelas. Latar dengan warna netral juga berperan penting menetralisasi tabrakan motif. Berikut ini tips desain elektrik di interior rumah

1. Memilih warna

6 Tips Hadirkan Desain Eklektik di Interior Rumah

Tentukan dari awal palet warna Anda karena ini akan membantu menciptakan interior rumah yang harmonis dan tidak berantakan. Sebaiknya mulai dari warna netral, lalu barulah tambahkan aksen warna, baik terang atau gelap, ke ruang yang Anda desain dengan gaya eklektik. Perlu diketahui warna yang lebih gelap dapat menciptakan kesan dramatis, sedangkan warna yang lebih terang menciptakan kesan tenang dan lebih bersih. Pilihlah warna yang sesuai gaya Anda.

2. Memainkan pola

6 Tips Hadirkan Desain Eklektik di Interior Rumah

Agar tidak terkesan terlalu ramai, banyak interior rumah pada umumnya menggunakan pola seminimal mungkin. Namun, aturan tersebut akan berubah jika Anda mengusung desain interior eklektik. Cobalah terapkan berbagai motif atau pola pada karpet, gorden, cushion, dan soft furnishing lainya. Bisa polkadot, damask, atau bunga. Mix and match dari motif atau pola ini akan menambah suasana menyenangkan di ruang berdesain eklektik.

3. Tekstur yang kontras

6 Tips Hadirkan Desain Eklektik di Interior Rumah

Tidak hanya pola dan warna, paduan tekstur yang kontras atau saling bertentangan juga menjadi ciri utama dari desain eklektik. Misalnya, Anda memadankan furnitur dari tekstur “berat” seperti batu bata ekspos, marmer, kayu, dan baja dengan tekstur “halus” yakni bantal lembut, karpet tenun, dan lain-lain. Padanan seperti itu dapat menghadirkan ambience unik yang jarang dimiliki rumah pada umumnya.

4. Paduan berbagai jenis perabotan

6 Tips Hadirkan Desain Eklektik di Interior Rumah

Cara lain menata interior rumah yang mencerminkan desain eklektik adalah dengan memasukkan furnitur yang bervariasi secara gaya desain. Namun, perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan waktu yang tak bisa cepat karena Anda perlu mengumpulkan furniturnya terlebih dahulu. Misalnya, Anda mengumpulkan soft furnishing yang bergaya Bohemian. Lalu, untuk furniturnya, Anda pilih yang bergaya campuran antara vintage dengan Skandinavia. Sedangkan untuk dekorasinya, Anda gunakan yang berkonsep tradisional. Perlu diingat, selama Anda mencari furnitur untuk melengkapi ruang bergaya eklektik, Anda harus buat perencanaan agar hasil akhir desainnya tidak tampak tumpang tindih.

5. Menghadirkan focal point

6 Tips Hadirkan Desain Eklektik di Interior Rumah

Ketika Anda mengatur tata letak ruangan, perlu diingat bahwa focal point pada ruangan harus tetap hadir sekalipun gaya yang Anda usung adalah gaya eklektik. Tonjolkan sesuatu yang eye catching seperti aksen pada dinding, lampu gantung, atau item dekoratif yang mencolok.

6. Pastikan tidak ada kesan berantakan

6 Tips Hadirkan Desain Eklektik di Interior Rumah

Keberhasilan desain eklektik dalam memberikan kesan menyatu meski berasal dari beragam gaya yang berbeda tidaklah terjadi tanpa perencanaan. Semua dimulai dari konsep agar terjadi kesinambungan. Penting bagi Anda untuk memastikan lagi hasil akhirnya agar tidak menimbulkan kesan berantakan.