21
Okt

6 Tips Merawat Sink Dapur di Rumah Anda

6 Tips Merawat Sink Dapur di Rumah Anda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBanyak hal yang harus diperhatikan ketika berada di dapur. Salah satu yang harus Anda perhatikan ketika berada di dapur Adalah kebersihan sink. Sink atau bak cuci piring merupakan hal yang harus Anda jaga kebersihannya. Sebab, sink merupakan area di mana Anda menaruh segala peralatan dapur yang telah untuk dibersihkan di sink. Apabila Anda salah dalam merawat sink atau bak cuci piring pastinya tampilan dapur akan menjadi tidak terawat dan pastinya tidak awet alias cepat rusak. Sink akan cepat bocor, mampet atau malah bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Perhatian lebih pada sink harus Anda lakukan.  Berikut ini 6 Tips Merawat Sink Dapur di Rumah Anda

1. Jangan Tumpuk Piring

Kebiasaan menumpuk piring kotor terlalu lama di sink membuatnya cepat kotor dan rusak. Minyak dari sisa makanan akan terlalu lama menempel dan membentuk noda yang sulit dibersihkan. Begitu juga dengan kebiasaan merendam perlengkapan makan dan alat memasak di dalam sink. Alih-alih memudahkan pembersihan, hal ini justru menambah risiko sink jadi makin kotor dan menimbulkan bau ke dapur.

Bila ada piring atau peralatan masak dengan sisa makanan yang sulit dibersihkan, sebaiknya segera cuci dengan bantuan sikat. Segera cuci piring kotor dan langsung bersihkan sink setelahnya agar noda tidak sempat menumpuk.

6 Tips Merawat Sink Dapur

2. Pilihan sikat dan busa

Membersihkan sink dari kotoran yang sudah membandel tentu memerlukan alat pembersih yang ampuh. Tapi jangan lupa perhatikan bahan sink yang Anda miliki. Jika sink terbuat dari batu alami yang di-finish, hindari penggunaan sikat yang kasar karena bisa menggores finishing dan membuat celah pada batu yang bisa menjadi tempat bersarangnya kuman. Begitu juga untuk busa atau spons pencuci. Jangan gunakan spons cuci piring untuk membersihkan sink. Karena dengan begitu sama saja Anda memindahkan kuman dari sink ke piring yang Anda cuci.

3. Bahan Pembersih

Beragam pilihan bahan pembersih bisa Anda pilih untuk membantu membersihkan sink. Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan sink. Namun jika kotoran sudah menempel terlalu lama, Anda butuh pembersih khusus dengan bahan yang lebih efektif. Jika tidak ingin pembersih kimia, Anda bisa membuat sendiri bahan pembersih alami dari bahan lemon dan baking soda.

4. Bersihkan drainase dan pipa

Selain badan sink, jangan lupa bersihkan celah-celah di pinggir sink, kran air, dan drainase. Gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau area-area ini agar kotoran bisa terangkat dengan baik. Setelah membersihkan celah, bersihkan juga pipa pembuangan air kotor sebelum tersumbat. Untuk membersihkan pipa dengan mudah, siram air panas ke dalam pipa agar kotoran rontok sebelum menyumbat pipa. Namun bila pipa telanjur tersumbat, Anda harus membongkar saluran atau menggunakan soda api.

6 Tips Merawat Sink Dapur

5. Keringkan sink

Sink yang basah dan lembap jadi penyebab utama kuman betah menempel pada sink. Sebisa mungkin bersihkan sink secara teratur dan keringkan setelahnya. Hal ini juga menghindari dapur Anda dari bau yang tidak sedap akibat sink yang lembap. Untuk mengeringkan sink, Anda bisa gunakan paper towel ataupun lap kering yang lembut. Bahan lembut dipilih untuk menghindari sink dari risiko tergores ketika dilap.

6. Disinfektan bila perlu

Untuk proteksi lebih, Anda bisa menyemprotkan cairan disinfektan pada sink. Disinfektan akan membantu membunuh kuman dan virus yang mungkin belum tergerus ketika sink dibersihkan dengan sabun.