27
Jan

7 Cara Atur Koleksi Buku dengan Mudah, Ruangan Rapi dan Artistik

7 Cara Atur Koleksi Buku dengan Mudah, Ruangan Rapi dan Artistik

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBagi kamu yang hobi baca dan mempunyai banyak koleksi buku, wajib banget buat mengetahui cara merawat buku-buku kesayangan kamu. Menata dan merawat buku yang kamu punya gak cuma membuat tampilan ruangan bacamu menjadi lebih estetik tetapi juga bisa membuat buku koleksimu lebih awet. Berikut ini 7 cara atur koleksi buku dengan mudah, ruangan rapi dan artistik.

1. Buat koleksi buku kamu personal

cara atur koleksi buku 1

Selain meletakkan koleksi buku, kamu bisa meletakkan dekorasi lain untuk membuat koleksi bukumu di lemari lebih personal dan terkesan lebih seperti kamu.

Selalu letakkan foto keluargamu di posisi yang mudah terlihat agar kamu dan tamumu dapat melihatnya dengan jelas.

2. Pilih koleksi favorit kamu

cara atur koleksi buku 2

Rak buku adalah cara untuk menunjukkan kepribadian dan sisi artsy kamu. Selain memajang buku-buku favorit, nih, kamu juga bisa menggunakannya untuk memajang barang-barang favoritmu, seperti perhiasan, patung, atau foto-foto pribadi.

3. Gunakan floating shelf

cara atur koleksi buku 3

Ubah dinding kamu menjadi rak buku dengan memasang floating shelf. Karena ukurannya kecil, floating shelf ini bisa menjadi pilihan cocok untuk kamu yang memiliki ruangan kecil atau membutuhkan tempat penyimpanan tambahan tanpa membuat meja terkesan penuh.

4. Cubed shelf untuk lebih banyak ruang

cara atur koleksi buku 4

Kalau memiliki ruangan ekstra, nih, kamu bisa menggunakan rak buku model cube seperti yang ada di foto ini.

Selain mudah dipasang, cube shelf mudah dipadupadankan dalam ruangan dan koleksi buku atau dekorasi kamu akan memberikan aksen warna yang menarik.

5. Tambahkan wallpaper bunga untuk warna

bookshelf floral wallpaper

Untuk membuat rak buku terlihat lebih menarik, nih, kamu bisa menghias bagian belakangnya dengan wallpaper yang mencolok. Misalnya dengan wallpaper bunga dengan warna background yang kontras.

BACA JUGA  8 Hal Penting Saat Menerapkan Interior Bergaya Oriental Modern

Jangan lupa untuk memasang lem wallpaper secara merata dan biarkan wallpapernya kering sebelum kamu mengembalikan rak buku beserta isinya.

6. Gunakan kotak kayu untuk rak

bookshelf staining crates

Dengan menempelkan 6 kotak kayu, kamu akan mendapatkan rak buku yang memiliki kesan rustic. Hias rak buku kamu dengan dekorasi patung atau boneka dengan warna-warna netral untuk memberikan aksen personal.

7. Tutupi dengan gorden

bookshelf fabric baby room

Kalau tidak ingin orang-orang melihat isi rak buku kamu yang penuh dan ingin menciptakan kesan minimalis, kamu bisa menutup rak buku menggunakan gorden.

Tidak perlu memasang rel gorden, ya, cukup tempelkan gorden pada seutas kawat yang dipasang di atas rak buku dan tempelkan gorden kamu di sana.