29
Jan

7 Dekorasi Rumah yang Meningkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan Penghuninya

7 Dekorasi Rumah yang Meningkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan Penghuninya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSeorang filsuf asal Perancis bernama Gaston Bachelard dalam bukunya yang berjudul The Poetics of Space, 1958 menyebutkan bahwa rumah menampung serta melindungi mimpi-mimpi orang-orang yang tinggal di dalamnya. Rumah merupakan sebuah tempat pertama yang diharapkan mampu membuat penghuninya menanam, memupuk mimpi-mimpi dan berbagai harapan. Memiliki rumah yang jadi sumber kebahagian, yang dapat menanam dan memupuk mimpi-mimpi serta berbagai harapan seperti kata Gaston, tentu sebuah keuntungan. Tidak semua orang memiliki kesempatan dan situasi seperti itu. Saatnya Anda berpikir untuk mengkreasinya! Menciptakan kebahagiaan di rumah Anda. Berikut ini 7 dekorasi rumah yang meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan penghuninya.

1. Apa, sih, wellness design?

wellbeing Archives | Society of British & International Interior Design

Seorang interior desainer terkenal, Jamie Gold menuliskan buku baru berjudul “Wellness By Design: A Room by Room Guide to Optimising Your Home for Health, Fitness and Happiness” yang bertanya apakah rumah kita mendukung kesehatan kita, atau malah menyabotasenya?

Banyak orang juga ingin menjadi lebih sehat melalui gaya hidup dan makanan, bukan desain rumah. Padahal tempat tinggal bisa menjadi senjata rahasia yang meningkatkan kesehatanmu. Rumah nggak akan jadi menarik, tapi sehat pula. Terutama di saat semua orang banyak meluangkan waktunya di rumah untuk beraktivitas.

Ada beberapa hal yang menjadi elemen utama wellness design, termasuk bagaimana kita bisa terkoneksi dengan alam. Jumlah cahaya natural yang masuk ke dalam ruangan, maupun warna atau rasa yang harus membuat kita nyaman dan betah di rumah. Hal-hal ini tentu akan mendukung semangat kita, kan.

2. Sesuaikan fungsi ruangan dengan cahaya

Six Scandinavian Interiors That Make The Lived-in Look Inspirational

Cahaya bisa mengubah perasaan dan semangatmu, lho. Ruangan di rumah sebaiknya didesain sesuai sumber pencahayaan dan fungsinya. Maka dari itu sistem pencahayaan di rumah harus disesuaikan dengan ritme penghuninya.

BACA JUGA  Ingin Atapmu Jadi Pusat Perhatian Gunakan Rooftop Swing Ini!

Cahaya natural bisa meningkatkan kesehatan mental bahkan kesehatan tubuh. Cahaya ini bisa membantu meningkatkan produktivitas, kewaspadaan, dan mood. Selain itu, cahaya matahari juga berhubungan dengan vitamin D untuk menyerap kalsium.

Maka dari itu, ruang kerja, ruang keluarga, dan ruang tamu sebaiknya terkena matahari secara langsung. Mendekatkan meja kerja dengan jendela bisa membantumu mengistirahatkan mata buat memandang keluar rumah.

Kamar juga ada baiknya terkena sinar matahari walaupun tidak harus sebanyak ketiga ruangan di atas agar kamu bisa beristirahat dengan baik. Namun, cahaya akan tetap dibutuhkan untuk meningkatkan mood terutama di pagi hari serta hari-hari di mana kamu ingin menyendiri.

3. Ruangan yang menyatu dengan alam

Comment aménager un coin bureau à la maison ? | Idée déco bureau, Bureau à domicile, Décor de bureau à domicile

Hal ini tidak melulu soal keberadaan tanaman saja di rumah, namun kamu juga bisa menambahkan fitur air dan berbagai pernak-pernik natural lain. Kamu jelas harus meletakkan tanaman indoor di rumah untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Hal ini juga akan mendukung ‘setting’ WFH kamu, deh.

Mendekati musim penghujan di mana sinar matahari semakin berkurang mungkin memengaruhi mood seseorang. Kita bisa makin stres akibat Covid-19 ditambah dengan kurangnya matahari dan cuaca yang mendung.

Tanaman juga bisa membantu menjernihkan udara dan bisa menghilangkan 87% racun di udara dalam waktu 24 jam. Jadi, tambahkan tanaman di dalam rumah, terutama ruang kerja dan kamar untuk membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres. Sstt, tanaman juga bisa meningkatkan konsentrasi hingga 15%!

4. Tidak ada clutter

Swedish Style Interior Decorated with IKEA Furniture and Accessories - 4BetterHome | Country kitchen designs, Kitchen style, Kitchen interior

Kemudahan mengakses barang mdi rumah merupakan salah satu keuntungan dari wellness design. Dengan rumah yang tertata rapi maka mencari barang lebih mudah, kan? Kita pun pasti nggak mudah stres. Hal ini juga harus diaplikasikan di dapur, tuh!

Dapur adalah ‘pom bensin’ dari rumah yang dicari oleh semua penghuninya. Pastikan dapur di rumah tertata rapi dan bersih agar semua perabotan dan alat masak bisa diakses dengan mudah. Kalau dapur tidak tertata rapi, nih, kegiatan masak bakal bikin stres plus bisa jadi sarang kuman.

BACA JUGA  6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan di Ruang Servis

Kalau sering melakukan meal prepping maupun sering masak, ya, kamu bakal berada di dapur berjam-jam. Berdiri di lantai yang keras berjam-jam bakal bikin badan pegal-pegal. Sisi ergonomis juga menjadi hal penting dalam wellness desaign, lho. Untuk mengatasinya kamu bisa pasang beberapa lapisan karpet karet tebal di beberapa titik yang sering jadi tempat berdiri demi kenyamanan.

Sortir barang-barang dari kamar dan berbagai ruang lain secara rutin. Lebih baik buang atau sumbangkan saja barang yang ditumpuk dan tidak digunakan bertahun-tahun. Hanya simpan barang yang dipakai dan atur rapi agar tidak menimbulkan stres.

5. Pilih dekorasi yang sesuai passion

12 Inspiring Boho Living Room Ideas - Bohemian Living Room Decor Inspiration

Walaupun fungsi dari dekorasi sangat penting, hal yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah bagaimana emosimu ketika melihat suatu dekorasi? Pilih dekorasi yang sesuai dengan jati diri, selera, dan passion kamu. Jadikan dekorasi rumah hal yang bisa membuatmu bahagia saat melihatnya ketika harus mengerjakan banyak hal.

Hal ini yang membedakan “a house” dan “a home“. Kamu harus menjadikan rumah sebagai a home, apalagi di masa-masa stres ini. Buat sebuah ruangan atau pojok di rumah jadi area tanpa listrik dan pasang lilin aroma atau oil diffuser di sana. Jadikan sebagai area khusus untuk menenangkan pikiran.

Pasang beberapa hal favorit dan tambahkan beberapa tanaman indoor di sana. Kamu akan merasakan zen di area itu yang diharapkan bisa memberi efek kesembuhan batin. Jangan lupa pilih perabotan ergonomis yang menonjolkan kenyamanan!

6. Bikin kamar menjadi tempat ternyaman

44 best-ever bedroom ideas – decor, design trends and expert tips | Real Homes

Memilih pencahayaan bisa cukup tricky di kamar, ya. Kamu perlu cahaya natural untuk meningkatkan mood di pagi hari, namun kamu perlu istirahat dengan baik juga. Maka dari itu tambahkan gorden tebal untuk membantu istirahat, namun kamu harus membukanya saat pagi hari atau saat tidak sedang istirahat.

BACA JUGA  INILAH JENIS RANJANG UNTUK KAMAR TIDUR BERGAYA KLASIK

Lampu jalan yang nyala di malam hari bisa memengaruhi kualitas tidur dan membuat tidurmu tidak nyenyak. Maka dari itu kamu butuh gorden tebal. Lampu yang redup untuk relaksasi juga alangkah baiknya tidak dipasang di kamar. Lama kelamaan lampu ini bisa mengganggu tidur, lho.

Beli bedding cantik untuk tempat tidurmu dengan bahan serat natural seperti linen atau katun. Hal ini akan membantu kesehatan fisikmu saat harus beristirahat di kamar. Tata kamarmu setiap hari agar saat perlu beristirahat dan bersantai keadaan sudah mendukung.

7. Jangan lupa buat batasan fungsi rumah

The angel Chair by Sloane & Sons, a Scandinavian classic wingback

Berhubung sekarang kita selalu bekerja di rumah maka penting untuk membedakan fungsi ruangan untuk bekerja dari ruang lain untuk bersantai maupun istirahat. Ruang kerja harus dikondisikan mencapai konsentrasi semaksimal tanpa mengorbankan kenyamanan, kerapian, dan membawa mood yang baik.

Kalau ruang kerja dan ruang bersantai jadi satu, badanmu akan kebingungan! Alhasil kamu jadi nggak produktif. Maka dari itu, penting sekali menentukan batasan ruang di rumah demi membuat penghuninya sehat secara mental. Buat ruangan yang baik untuk bersantai sambil membaca atau ruang khusus hobi yang welcoming.

Kalau merasa butuh banget disemangati untuk berolahraga, kamu harus membuat ruangan khusus yang mendukung. Cari ruangan yang memiliki pancaran sinar alami serta tidak panas. Kalau bisa pasang cermin besar di situ untuk mempermudah monitor gerakan. Jangan lupa untuk meletakkan semua peralatan olahragamu di situ agar semua siap di satu tempat.