26
Mar

7 Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah Bikin Sholat Khusyuk

7 Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah Bikin Sholat Khusyuk

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Negara Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama islam. Keberadaan ruang salat dalam rumah maupun tempat umum adalah hal yang penting dan sangat vital. Apakah kamu pun tengah mempertimbangkan untuk membuat mushola dalam rumah?

 

Beberapa Gambar Mushola Minimalis

1. Mushola Serba Putih

desain mushola serba putih

Dalam pembuatan mushola, pertimbangkan untuk memilih bahan yang dapat mewujudkan suasana sejuk dan dingin agar mushola bisa digunakan dengan nyaman. Sangat dianjurkan untuk Anda menghindari warna cat mushola yang terlalu terang atau menyala seperti merah dan oranye. Warna-warna tersebut akan membuat ruangan terasa lebih gelap dan pengap serta panas. Sebaiknya, pilihlah warna dinding yang kalem dan natural seperti putih, krem, abu-abu, atau warna pastel lainnya.

2. Gunakan Material Alami

desain mushola dengan unsur alami

Dekorasi ruangan yang dilengkapi dengan material alami seperti kayu dan bebatuan akan membuat mushola di dalam rumah semakin nyaman untuk Anda gunakan beribadah. Material alami ini juga bisa menekankan konsep modern yang menarik pada mushola. Biasanya, dekorasi ruangan berbahan dasar kayu yang digunakan pada mushola adalah berupa pembatas ruangan, kabinet, lantai kayu, atau hiasan lainnya.

3. Tambahkan Dekorasi Dinding Islami

mushola dengan hiasan kaligrafi

Kesan religius yang ditampilkan oleh dekorasi berbau islami pada dinding bisa menginspirasi Anda dan keluarga dalam beribadah lho. Coba tambahkan beberapa kaligrafi bertuliskan Allah SWT atau Muhammad SAW, ayat-ayat Al-Quran, serta foto-foto tempat ibadah di dinding mushola. Namun agar mushola tidak terlihat sumpek, pastikan Anda tidak menggantung semua gambar sekaligus. Cukup pilih satu gambar berukuran besar atau dua gambar berukuran kecil. Dengan begitu, ruangan pun akan terlihat lebih luas dan jauh lebih enak dipandang.

BACA JUGA  Tips Membuat Home Theater di Rumah

4. Lengkapi dengan Tempat Berwudu

mushola dengan tempat wudu

Ruang ibadah seperti mushola ini tentu tidak akan lengkap jika tidak memiliki tempat wudu. Untuk memudahkan Anda, anggota keluarga atau bahkan tamu yang berkunjung untuk salat, tempatkan juga sarana wudu di mushola. Tak harus banyak-banyak, satu keran air saja sudah cukup kok untuk dijadikan tempat wudu. Namun, Anda harus memperhatikan penempatannya agar tidak ada cipratan air wudu yang membasahi tempat salat. Anda bisa menggunakan pembatas atau sekat ruangan untuk menghindari cipratan ini.

5. Mushola dengan Sentuhan Industrial

mushola minimalis

Model mushola minimalis selanjutnya adalah lekat dengan warna-warna asli material bangunannya. Seperti, semen dan beton ekspos. Sentuhan industrial dalam mushola minimalis cocok untuk kamu yang menginginkan suasana berbeda di rumah ruang ibadah.

6. Mushola dengan Lantai Berwarna Hangat

mushola minimalis

Selanjutnya, mushola minimalis didalam rumah bisa kamu hadirkan kenyamanannya dengan menggunakan material lantai berwarna hangat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, warna-warna dingin pada dinding sangat berpengaruh dalam menyejukkan ruangan. Bila mengaplikasikan warna yang sama pada bagian lantai, tentu mushola akan tampak sangat monoton. Untuk mengakalinya, gunakan saja pelapis lantai bermotif kayu sebagai pengimbang sehingga tampilannya tetap menarik dilihat. Oh ya ada yang menyebutkan bahwa untuk membuat musala untuk satu orang, ukuran minimalnya adalah 70 x 140 cm. Semakin luas ukuran ruangan musala, semakin banyak pula saf yang bisa dibuat, baik itu untuk imam, deretan laki-laki, dan juga deretan perempuan. Dengan begitu, kamu sekeluarga pun dapat melaksanakan salat bersama-sama tanpa harus menunggu giliran.

7. Desain Mushola Mungil di Bawah Tangga Rumah

mushola minimalis

Di rumah-rumah minimalis, lahan kosong adalah harta berharga! Kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai mushola minimalis dalam rumah. Salah satu contohnya ialah area bawah tangga yang umumnya dibiarkan kosong. Kamu bisa menyulap area tersebut menjadi mushola yang sejuk dan juga nyaman.

BACA JUGA  Menanam Secara Moderen di Era New Normal