23
Okt

7 Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Menerapkan Skylight pada Hunian

7 Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Menerapkan Skylight pada Hunian

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMencari cara mengatasinya. Salah satunya yakni dengan melakukan penempatan skylight pada atap atau dinding rumah. Cara ini cukup ampuh agar rumah terasa lebih sehat, tidak lembab, tidak berjamur, hemat energi, sekaligus membuat interior rumah menjadi lebih cantik.  Skylight itu apa sih? Secara harafiah, skylight berarti cahaya dari langit. Skylight berfungsi untuk mendatangkan cahaya matahari ke dalam rumah melalui jendela atau kaca berongga yang ditempatkan di atap atau dinding. Tidak hanya menawarkan cahaya alami yang masuk, dari segi desain, penempatan skylight juga akan membuat ruangan tampak lebih besar. Perhatikan 7 hal penting yang perlu dipahami sebelum menerapkan skylight pada hunian.

Material Skylight

Umumnya skylight terdiri dari dua bagian penting, yaitu kerangka dan glazing. Material yang dapat digunakan untuk kerangkanya umumnya adalah rangka besi. Sedangkan glazing yang biasa dipakai adalah kaca, meskipun alternatif seperti akrilik dan polikarbonat juga sering ditemui dan lebih terjangkau. Namun begitu, ada risiko sinar ultraviolet menembus langsung ke dalam ruangan jika plastik tidak diberi pelapis khusus anti ultraviolet. Sinar ultraviolet dapat membahayakan kesehatan kulit jika berlebihan, sinar ini juga membuat furnitur cepat pudar lapisan catnya. Lebih jauh lagi, kebeningan material plastik dapat memudar seiring dengan waktu. Material ini juga mudah tergores dan melengkung.

Walau lebih mahal daripada bahan plastik, bahan kaca umumnya lebih menjadi pilihan untuk glazing skylight. Material ini lebih tangguh dari plastik, tidak melengkung, dan tidak akan keruh walau lama digunakan. Kaca yang dipakai umumnya tipe tempered atau laminated yang memiliki tingkat keamanan penggunaan yang tinggi.

7 Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Menerapkan Skylight pada Hunian

Berbagai jenis skylight

Meski umumnya, ditutup dengan glazing, terdapat pula skylight yang dibiarkan terbuka, khususnya bila ruangan terdapat pada posisi luar atau didesain dengan detail tertentu sehingga rembesan hujan dapat terhalau. Bila membutuhkan fleksibilitas, tersedia skylight yang dapat dibuka tutup, sehingga dapat menjadi alternatif ventilasi.

7 Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Menerapkan Skylight pada Hunian

Penempatan skylight

Penempatan skylight sangat tergantung pada kebutuhan Anda. Namun, umumnya skylight digunakan untuk memberi tambahan cahaya pada ruangan-ruangan yang sebelumnya jarang terjamah sinar matahari seperti anak tangga, loteng, kamar mandi, dapur, dan lainnya.

Jika Anda ingin memaksimalkan masukan sinar matahari di pagi hari dan di sore hari, skylight dapat diletakkan pada sisi timur atau barat atap rumah. Jika Anda ingin pencahayaan yang netral, dengan perbedaan intensitas cahaya yang tidak terlalu tinggi seperti penempatan barat-timur sebelumnya, Anda dapat menempatkannya di sisi utara atau selatan rumah

7 Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Menerapkan Skylight pada Hunian

Keuntungan: irit energi

Karena skylight memberi ekstra cahaya pada ruangan dalam rumah yang sebelumnya gelap, tentu terdapat keuntungan tambahan seperti biaya listrik untuk penerangan yang dapat dihemat. Terkadang karena sangat minimnya penerangan, suatu ruangan harus mendapat tambahan lampu 24 jam agar lebih terang. Hal tersebut tentu saja dapat menambah beban biaya listrik, apalagi jika jumlah kamar semacam itu lebih dari satu kamar. Penambahan skylight dapat mengatasi permasalahan tersebut.

7 Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Menerapkan Skylight pada Hunian

Risiko: overheating, overlighting

Selain menambah terang ruangan, skylight juga berpotensi menciptakan overheating pada ruang, terutama jika dipasang tanpa perhitungan yang cermat. Selain itu, pemasangan skylight yang tidak tepat juga dapat menimbulkan overlighting, yaitu membuat ruangan terlalu terang. Namun begitu, ini dapat diatasi dengan pemilihan ukuran, penempatan, dan arah skylight yang tepat. Bersama itu semua, Anda juga perlu memperhatikan peruntukan ruangan serta tata udara di dalam ruangan.

7 Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Menerapkan Skylight pada Hunian

Pemasangan harus presisi

Karena posisinya, skylight juga rawan bocor, terutama jika pemasangannya tidak hati-hati. Untuk memastikan terhindar dari risiko tersebut, Anda perlu meminta tenaga ahli dalam merancang dan tukang yang andal untuk memasang skylight.

7 Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Menerapkan Skylight pada Hunian

Perlu dibersihkan secara berkala

Karena posisinya pula, skylight bisa menghadirkan masalah lain, seperti proses pembersihannya yang ribet, apalagi jika pemasangannya tepat di bawah kerimbunan pohon. Pada umumnya, material glazing juga mudah kotor sehingga bila tidak dibersihkan secara teratur, fungsi skylight bisa jadi tidak maksimal. Anda perlu ekstra waktu membersihkan dedaunan dan debu dari permukaannya secara berkala. Maka itu, bila memungkinkan, pastikan posisi skylight terjangkau untuk perawatan.