29
Jan

7 Inspirasi Desain Tangga untuk Ruangan dan Rumah Kecil Modern

7 Inspirasi Desain Tangga untuk Ruangan dan Rumah Kecil Modern

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBagaimana trik desain tangga rumah minimalis? Kesederhanaan desain tangga rumah minimalis memerlukan perancangan, instalasi, dan finishing yang tepat dan akurat agar menciptakan hasil akhir yang tiada duanya. Faktor penting untuk melengkapi desain rumah minimalis adalah memanfaatkan trik desain tangga rumah minimalis. Selain sebagai penghubung antara tiap lantai pada rumah bertingkat, tangga juga berfungsi untuk memperindah interior rumah. Perkembangan properti yang pesat saat ini juga disertai dengan perencanaan matang untuk menciptakan berbagai model tangga minimalis dengan desain yang indah dan unik. Berikut ini 7 inspirasi desain tangga untuk ruangan dan ruah kecil modern.

1. Tangga spiral besi

RenovAsik.com

Tangga spiral sebenarnya sudah digunakan dalam berbagai jenis rumah sejak dulu. Namun, kebanyakan jenis tangga ini digunakan sebagai akses untuk naik ke loteng rumah atau tempat menjemur pakaian. Nah, dengan berkembangnya konsep interior minimalis, kini jenis tangga yang satu ini dijamin cocok untuk kamu gunakan sebagai akses ke lantai dua pada desain rumah kecil modern impianmu.

Selain menguatkan tampilan minimalis, jenis tangga yang satu ini juga awet, ergonomis, dan ekonomis karena terbuat dari material besi.

Jika kamu memilih jenis tangga yang satu ini, pastikan untuk memilih tangga dengan material berkualitas tinggi, ya. Karena selain mendukung tampilan yang baik, material berkualitas pastinya dapat menjamin tingkat keselamatan penggunanya.

2. Tangga kayu tegak lurus

Pada desain rumah kecil modern, tuh, menggunakan tangga berbentuk huruf L untuk rumah berlantai dua sangat tidak sarankan. Pasalnya jenis tangga ini akan memakan banyak ruang. Berhubung rumah kecil modern memiliki ruang yang terbatas maka desain tangga berbentuk lurus dan sedikit tegak tanpa pegangan jadi pilihan lebih tepat.

BACA JUGA  TIPS MEMILIH DESAIN RUMAH MEWAH TERBAIK

Desainnya yang tegak lurus tidak akan memakan ruangan terlalu banyak sehingga pemanfaatan ruangan di bawahnya akan lebih optimal. Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis tangga yang satu ini kurang baik jika ada anak kecil atau lansia yang jadi penghuni rumahmu. Nah, jika kamu memilih jenis tangga seperti ini sebaiknya pilih tangga yang terbuat dari material kayu agar hasilnya terlihat lebih minimalis dan modern.

3. Tangga melengkung berjarak

103+ Model Tangga Minimalis Mewah, Modern, Sederhana Terbaru

Tangga tegak lurus dan tanpa pegangan memang cukup menyulitkan untuk digunakan, bahkan bagi kamu yang memiliki kondisi prima. Itulah alasannya mengapa tangga dengan bentuk huruf L masih jadi pilihan terbaik meskipun memakan tempat.

Untuk ruang sempit kamu bisa mengakalinya dengan desain tangga yang melengkung dan anak tangga berjarak. Tangga jenis ini akan terlihat berbeda dan memberikan ruang yang luas dengan sudut sedikit melengkung. Anak tangga yang berjarak juga dapat membantu kamu menghemat penggunaan ruang. Kamu pun tetap bisa menggunakan teralis besi sebagai pegangannya, deh.

Nah, untuk meminimalisasi penggunaan ruang sekaligus mempercantik tampilan, pastikan menggunakan kayu sebagai material pembuat tangga.

4. Tangga tegak dan zig-zag

Yuk! Tengok 4 Inspirasi Desain Tangga Untuk Rumah Berukuran Kecil - iDEA

Jenis tangga tegak lurus juga masih bisa diakali untuk meningkatkan keselamatan penggunanya dengan menggunakan desain anak tangga yang sedikit zig-zag. Anak tangga zig-zag sendiri wajib kamu pilih di rumah kecil modernmu karena dapat memudahkan penggunanya, terutama bagi anak-anak maupun lansia.

Secara desain pun jenis tangga yang satu ini terlihat unik dan lebih cantik. Dijamin cocok, deh, buat kamu yang ingin memiliki interior rumah berkarakter.

Kelemahan dari jenis tangga yang satu ini mungkin soalnya harganya. Dikarenakan butuh dirancang oleh ahli desain interior atau arsitektur agar dapat digunakan dengan baik dan optimal.

BACA JUGA  Banyak Untungnya jika Kamu Merenovasi Rumah Menggunakan Jasa Arsitek

5. Tangga siku-siku mini

Lucu dan Nggak Ngebosenin! 6 Desain Tangga Rumah Sempit Paling Kreatif

Jenis tangga yang satu ini bisa dibilang merupakan perpaduan antara jenis tangga tegak lurus dan jenis tangga berbentuk huruf L. Keunggulan dari jenis tangga yang satu ini adalah minimnya penggunaan ruang, serta cukup mudah dan aman untuk digunakan.

Namun, karena tujuannya untuk menghemat ruang, jenis tangga yang satu ini sebaiknya dibuat hanya untuk dilalui oleh satu orang dalam sekali kesempatan.

Untuk menjamin kekuatannya, sih, sebaiknya gunakan tangga dengan rangka yang ditanam pada dinding. Lalu, jangan lupa untuk memastikan pemasangannya presisi agar mampu menopang beban berat.

6. Tangga lurus besi

Simak Harga Tangga Besi Putar Bekas, Paling Dicari!

Untuk jarak antarlantai yang tidak begitu tinggi maka penggunaan jenis tangga tegak lurus bisa jadi pilihan terbaik. Penggunaan jenis tangga ini cocok buat kamu yang ingin memanfaatkan loteng atau ruangan kecil di atas rumahmu yang sebenarnya hanya memiliki satu lantai.

Dengan mengaplikasikan tangga, tuh, kamu akan mendapatkan ruangan ekstra di bagian atas rumahmu. Bonusnya: ruanganmu yang tadinya sempit, dijamin akan terasa lebih lega.

7. Tangga besi untuk Rukita Loft di Rukita VIP Cideng

Contohnya seperti yang digunakan pada tipe kamar Compact Loft Queen dan Regular Loft Queen di unit kost eksklusif dan coliving Rukita VIP Cideng. Dijamin kamu nggak akan menyangka betapa luas ruang yang tersisa pada jenis kamar loft di unit ini dengan pemanfaatan tangga tegak lurus berbahan besi.