29
Mar

7 Jenis Plafon Yang Unik Untuk Rumah Minimalis

7 Jenis Plafon Yang Unik Untuk Rumah Minimalis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorPlafon atau langit-langit atap merupakan bagian penting suatu bangunan yang fungsi utamanya untuk mencegah panas maupun dingin. Namun seiring berjalannya waktu, kini plafon juga menjadi hiasan untuk menambah kesan artistik suatu bangunan dengan berbagai variasinya.

 

Jenis-Jenis Plafon Rumah Minimalis

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Plafon Triplek 

plafon rumah minimalis

Material papan kayu triplek jadi salah satu bahan pembuat model plafon rumah minimalis yang paling banyak digunakan.

Bukan hanya jadi bahan bangunan favorit yang selalu hampir ditemukan dalam proses konstruksi, triplek jadi jenis plafon yang disuka karena proses instalasinya yang relatif mudah. Ketersediaannya di pasaran juga sangat stabil sehingga mudah didapatkan serta harga plafon yang cukup terjangkau. Pas banget untuk kamu yang sedang menghemat pengeluaran rencana anggaran biaya (RAB) dalam membangun rumah. Variasi ketebalan material berdasar kayu ini mulai dari 3 mm, 4 mm, 5 mm, sampai 6 mm, dan lainnya.

2. Plafon Rumah Minimalis Gypsum 

plafon rumah minimalis

Banyak sekali desain rumah minimalis sederhana yang menggunakan jenis plafon gypsum di area interiornya. Cara pemasangannya yang tidak sulit serta dapat disambung dan ditutup dengan sempurna sehingga menghasilkan penampilan yang lebih rapi. Plafon rumah minimalis ini juga bisa kamu dapatkan beragam opsi motif yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu. Rangka kayu atau furing biasa dijadikan pasangan untuk pemasangan plafon gypsum.

3. Plafon Eternit 

plafon rumah minimalis

Kalau dibandingkan dengan kedua jenis sebelumnya, ukuran plafon eternit memang jauh lebih kecil, yaitu hanya sekitar 100 x 50 cm. Namun jangan salah, si mungil ini terkenal akan daya tahan apinya serta tidak mudah rusak ketika terkena air. Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan instalasi model plafon rumah minimalis ini adalah penyesuaian ukuran lembaran eternit dengan rangkanya. Material ini juga cukup rapuh dan mudah retak jika asal dipasang. Jadi harus ekstra hati-hati dan teliti supaya plafon kamu tampak sempurna.

BACA JUGA  Bangun Rumah Type 85 Hanya 300jutaan

4. Plafon Minimalis GRC

plafon rumah minimalis

Glassfiber Reinforced Cement Board atau GRC merupakan jenis plafon yang terbuat dari campuran antara semen dan serpihan kaca dengan karakteristik yang serupa eternit. Bedanya adalah pada ukurannya yang lebih besar sekitar 120 x 240 cm. Soal kemampuan tahan api dan air plafon rumah minimalis ini juga tidak perlu diragukan lagi. Meski proses instalasinya yang relatif rumit dan mudah retak jika terkena benturan sekecil apapun.  Ada baiknya untuk meminta bantuan profesional yang ahli dalam memasang plafon GRC supaya tampilan plafon bisa maksimal dan tidak menimbulkan retak rambut.

5. Plafon Metal 

plafon rumah minimalis

Jika kamu ingin memberikan sentuhan artistik di dalam interior rumah, jenis plafon metal bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Berbekal lempengan metal yang tipis, permukaan plafon rumah minimalis ini bisa diukir dengan motif yang kamu inginkan. Aksen finishing berupa cat minyak yang digunakan untuk melapisi plafon minimalis ini membuatnya tampak klasik.

6. Plafon Rumah Minimalis Akustik 

plafon rumah minimalis
Ketenangan dan privasi merupakan dua hal yang tentu dibutuhkan di rumah.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, model plafon rumah minimalis jenis akustik dapat digunakan. Plafon akustik terbuat dari bahan dasar berupa serat mineral rockwool yang dikenal memiliki daya redam suara yang tinggi ketika dipasang di ruangan. Tak heran kalau penerapan plafon ini kerap ditemukan di ruangan seperti auditorium, ruang musik, ruang rapat, balai pertemuan, dan lainnya. Kisaran ukuran lembaran plafon akustik antara 60 x 60 cm dan 60 x 120 cm. Instalasinya dapat dipasangkan pada rangka kayu atau material besi yang sudah dirancang sebelumnya dari pabrik.

7.Plafon PVC

plafon pvc

Model plafon minimalis yang terakhir adalah polyvinyl chloride (PVC) yang juga biasa digunakan sebagai bahan pembuat pipa. Di antara jenis yang lain, plafon PVC memiliki bobot yang paling ringan dengan keunggulan yang tidak kalah bersaing. Berkat bahan dasar berupa PVC, plafon rumah minimalis ini jadi lebih tahan air dan api, serta anti rayap.

BACA JUGA  Desain Interior Ruang Tamu dengan tema Klasik Modern