28
Jan

7 Tips Fengshui untuk Membuat Kamar Ekstra Nyaman

7 Tips Fengshui untuk Membuat Kamar Ekstra Nyaman

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorKamar tidur adalah tempat untuk melepas lelah setelah melakukan segala kegiatan dan kewajiban sehari-hari. Di dalam rumah, kamar merupakan ruangan utama yang harus mampu mengakomodasi kegiatan istirahat dengan sebaik mungkin. Maka itu, kamar tidur harus memiliki suasana yang menenangkan dan damai.  Berikut ini 7 tips fengshui untuk membuat kamar ekstra nyaman.

1. Pasang headboard

Bedroom Ideas - Scandinavian Designs

Headboard tempat tidur melambangkan kestabilan dan dukungan pada hidup, terlebih hubungan romantis. Pilih bahan headboard yang kokoh terutama dari kayu. Pastikan headboard terpasang rapat agar kamu bisa merasakan dukungan dan kekuatan yang besar.

Apakah bisa pakai headboard metal saja? Headboard berbahan kayu dipercaya memberikan energi natural pada saat tubuh beristirahat. Sedangkan headboard metal akan meningkatkan unsur magnetik dari bumi serta menarik frekuensi negatif untuk memasuki wilayah energimu saat beristirahat.

2. Posisi yang tepat

9 Scandinavian Bedroom Ideas to Find a New Atmosphere - EnthusiastHome

Pastikan bahwa tempat tidur tidak menghadap ke arah pintu, terutama kalau benar-benar lurus menyeberangi pintu. Paling bahaya, tuh, kalau posisi telapak kaki menghadap pintu karena posisi ini dipercaya sebagai posisi peti mati yang bikin sial.

Walaupun posisinya tidak boleh lurus menghadap pintu, ya, sebaiknya kamu tetap bisa melihat pintu ketika sedang berbaring. Lalu pastikan tempat tidur, terutama bagian headbord menempel pada tembok. Kemudian sediakan juga tempat di sisi kiri dan kanan tempat tidur untuk night stand.

Jangan menempatkan bagian kepala di bawah jendela ataupun lukisan besar. Jendela dan lukisan akan memberikan energi mengancam yang berat dan membuat kamu kesulitan tidur nyenyak. Lebih baik pasangan gantungan lampu tumblr saja!

3. Night stand harus sepasang

Small Bedroom Ideas & Furniture - Ideas & Advice - Room & Board

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ya, kamu harus memiliki banyak ruang di kiri dan kanan tempat tidur. Kamu bisa memasang dua night stand atau laci samping tempat tidur. Kalau kamu memasang satu saja, maka hal ini membuatnya asimetris yang akan bikin kehidupan dan hubunganmu tidak seimbang, alias tidak harmonis.

BACA JUGA  Lampu Listrik Pijar

Tak hanya night stand, lho, sebisa mungkin ketika memilih furnitur pilih yang berpasangan agar mampu mengoptimalkan fengsui. Kalau tidak bisa menempatkan dua night stand maka kamu bisa memasang bangku kayu cantik kecil untuk menjadi night stand. Two is better than one, right?

4. Jangan taruh banyak barang elektronik!

Home Office In Bedroom Setup - Ikea Furniture And Green ! #bedroomfurniture innenministerium in … | Bedroom setup, Home office bedroom, Office furniture arrangement

Barang elektronik dan magnetis dipercaya bisa membahayakan menurut fengsui, terutama bagi kesehatan mental dan kualitas tidur. Kalau dipandang dari kacamata non-fengshui, sih, layar barang elektronik memang bisa mengganggu tidur dan mengubah ritme tidur.

Kalau kamu mengalami masalah tidur, nih, coba keluarkan barang elektronik dari kamar. Membeli jam alarm dan buku atau kindle untuk membaca bisa menghibur sebelum tidur, kok, tanpa kamu harus memegang barang elektronik. Bikin kamarmu bebas dari elektronik saat beristirahat setelah seharian kamu bekerja atau main ponsel di luar kamar, ya.

5. Pilih warna yang tepat

Soft peach bedroom | Dusty pink bedroom, Pink bedroom design, Pink bedroom decor

Dalam fengshui, tuh, warna memiliki energi berbeda dan bisa memengaruhi manusia. Ada beberapa warna yang bikin semangat, ada juga yang bikin istirahat. Warna apa, nih, yang benar untuk kamar? Peraturan umum, sih, warna kulit atau warna natural. Berikut contohnya:

  • off-white
  • krem
  • cokelat
  • peach

Kalau untuk warna peach, kamu harus pilih yang lembut sekali dan jangan berlebihan. Warna peach sangat baik untuk menarik pasangan, lho. Kalau warna kamarmu terlalu peach, kamu bakal terus-menerus menarik perhatian orang meski nggak ada yang stay. Duh!

6. Jangan pasang cermin

Bedroom Corner Mirror Design Ideas

Dalam fengshui, tuh, cermin yang masuk ke kamar akan mengundang orang ketiga dalam hubungan, siapa yang mau mengundang beginian, kan? Selain itu cermin juga memantulkan energi di seluruh tempat dan bisa mengganggu kalau di kamar.

BACA JUGA  Desain Dapur Monokrom

Kalau kamu tetap ingin mempertahankan cermin, nih, biarkan menghadap ke bagian dari kamar yang kamu sukai, terlebih memantulkan cahaya alami. Jangan biarkan cermin menghadap ke kepalamu saat tidur. Kaca juga menjadi obat aktivasi yang mempromosikan pergerakan energi Yang, padahal di kamar mayoritas energinya adalah Yin.

7. Pastikan kamar tidak berantakan

35 Scandinavian Bedroom Ideas That Looks Beautiful & Modern

Untuk mengusung energi yang baik ke dalam kamar, nih, singkirkan barang-barang ekstra di ruangan. Pilih barang yang membuat kamu bahagia, buang barang yang tidak memberikanmu keuntungan emosional maupun perasaan energik. Takutnya, sih, barang tersebut memengaruhi aura, mimpi, emosi, dan pikiranmu.

Pastikan di bawah tempat tidur juga rapi, ya. Kalau bagian bawah tempat tidur terhalangi maka akan muncul halangan di dalam hidup. Jangan menyimpan surat dari mantan, deh, karena energinya negatif dan bikin kamu stuck.

20 Chic Scandinavian Bedroom Designs

Hindari pula menyimpan koper di bawah kasur karena bikin kamu nggak betah. Lebih baik miliki kasur yang bagian bawahnya tidak berongga, ah. Kalau ada bisa kamu gunakan untuk menyimpam baju dan kain-kain di bawah tempat tidur, bukan barang yang keras.

Jaga kamar agar selalu rapi dan pilih barang yang akan disimpan di kamar. Kamu harus memilih barang yang menonjolkan dan melengkapi ruangan. Pilih barang yang kamu sukai untuk memaksimalkan energi di kamar. Tambahkan bantal, selimut, dan bed cover yang bisa memberikan energi di kamar melalui pola dan desain.