30
Des

7 Tips Rumah Aman untuk Hidup yang Menyenangkan

7 Tips Rumah Aman untuk Hidup yang Menyenangkan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMudik Lebaran sudah ada di depan mata, kira-kira sudah sejauh mana persiapan mudik kali ini? Apakah semuanya sudah beres, bagaimana dengan tiket kereta, tiket pesawat, oleh-oleh, dan THR? Untunglah kalau semua sudah dipersiapkan dengan matang, itu berarti Anda tinggal menunggu hari keberangkatan saja. Saat mudik tiba, mau tidak mau Anda harus meninggalkan rumah tercinta selama beberapa hari. Tapi sayangnya disaat harus berbahagia berkumpul bersama keluarga ada yang membuat pikiran terganggu, yaitu takut kemalingan, terjadi korsleting listrik dan sebagainya. Yuk intip 7 tips rumah aman untuk hidup yang menyenangkan.

Tips Membuat Rumah Aman:

1. Lapor kepada RT/RW

Melapor kepada ketua RT atau RW setempat jika kita akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Sehingga RT atau RW atau perangkat keamanan serta petugas yang berjaga ronda malam dapat membantu memperhatikan rumah yang kita tinggalkan. Jika ada sesuatu yang mencurigakan atau hal- hal yang janggal, akan dapat segera di antisipasi. Sehingga keamanan rumah tetap terjaga.

2. Pastikan semua pintu dan jendela telah terkunci

Jika akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, sebaiknya kita harus memeriksa seluruh pintu dan jendela telah tertutup rapat dan terkunci. Pastikan pula menggunakan kunci yang aman, dan susah untuk di hancurkan. Jangan lewatkan pintu belakang rumah, meskipun  jarang dilewati, pintu belakang rumah memang dapat menjadi akses masuk yang aman bagi pencuri yang bisa saja mengambil barang berharga di dalam rumah kita.

3. Pastikan tidak ada aliran listrik dan gas yang tersambung

Periksa seluruh aliran listrik dan gas didapur, pastikan aliran listrik tidak tersambung untuk menghindari resiko kebakaran rumah yang diakibatkan karena konsleting listrikl. Begitu pula dangan gas yang ada di dapur, pastikan pula tidak tersambung agar tidak terjadi hal- hal yang tidak di inginkan.

BACA JUGA  Desain Rumah Nuansa Alam Terbaru

4. Simpanlah seluruh barang berharga pada tempat yang aman

Ketika akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, sebaiknya kita menyimpan seluruh barang berharga ditempat yang aman. Dapat kita simpan di brangkas dengan kode rahasia yang tidak diketahui orang lain.

5. Meminta bantuan tetangga

Meminta bantuan tetangga sebelah kanan kiri atau depan rumah untuk mengawasi rumah kita juga perlu kita lakukan. Agar ketika ada hal yang janggal, dapat langsung ditindak lanjuti sehingga tidak menjadi berbahaya.

6. Samarkan seolah rumah kita tidak kosong

Menyamarkan rumah seolah ada penghuninya didalam rumah padahal rumah sedang kosong juga perlu kita lakukan untuk menjaga keamanan rumah kita. Gunakanlah lampu teras atau taman rumah, lampu LED sensorik sangat cocok kita pakai. Karena lampu sensorik otomatis akan menyala jika tidak ada cahaya matahari,serta lampu ini tidak perlu menggunakan listrik. Lampu Led yang kita pilih adalah lampu yang menggunakan tenaga surya. Tips ini dapat membantu kita menyamarkan rumah seolah rumah kita tidak dalam keadaan kosong.

7. Pasang CCTV

Memasang cctv yang dapat kita pantau dari gadget yang efektif dan lebih praktis. Kita dapat melihat keadaan rumah kapanpun kita menginginkanya. Menggunakan cctv di rumah merupakan langkah yang tepat untuk menjaga rumah dari kejauhan.