15
Jan

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorDapur adalah salah satu ruangan yang wajib ada dalam sebuah rumah. Dulu, dapur berfungsi hanya sebagai tempat untuk memasak atau menyantap hidangan. Namun dewasa ini, fungsi itu pun semakin bergeser hingga kini dapur dianggap sebagai jantung rumah dengan desain yang mengikuti tren dan gaya hidup. Terlepas hobi masak atau tidak, memiliki dapur cantik tentu idaman bagi semua orang. Karena dapur pun sekarang sering kali dijadikan ruang tamu kedua untuk menjamu para kerabat saat datang ke rumah. Selain desain dapur secara keseluruhan, pemilihan dekorasi dan storage di dapur juga mengambil andil yang besar untuk membuat dapur terlihat cantik dan menyenangkan. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat dapur cantik adalah kerapian, setelah itu dekorasi. Berikut ini 8 ide dekorasi dapur minimalis agar tampil rapi dan indah.

Gunakan cuterly tray pada laci

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Sering menemukan laci dapur berantakan? Tentu tidak heran karena ada banyak peralatan dapur yang harus disimpan di dalam laci, seperti sendok, garpu, sumpit, pisau, dan peralatan-peralatan kecil lainnya. Walaupun kecil, namun jika tak ditata dengan baik, alat-alat tersebut akan membuat laci menjadi berantakan dan tak enak dipandang.

Permasalahan ini bisa diatasi dengan cutlery tray. Cutlery tray merupakan dekorasi dapur minimalis berupa sekat yang berfungsi untuk merapikan dan mengatur penempatan barang-barang di laci. Dengan cutlery tray, laci dapur akan tampil ringkas dan rapi. Ada berbagai macam jenis dan ukuran cutlery tray yang dijual di pasaran, pastikan memilih cutlery tray yang sesuai dengan ukuran laci dapur di rumah.

BACA JUGA  Tips Membangun Rumah Minimalis Dua Lantai

Sembunyikan tempat sampah

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Sebuah dapur sudah pasti harus memiliki tempat sampah. Namun keberadaan tempat sampah itu sendiri terkadang membuat dapur menjadi tak indah. Tapi tenang saja, sudah ada banyak inovasi tempat sampah khusus dapur yang sudah terintegrasi dengan kabinet dapur sehingga keberadaan tempat sampah menjadi tersembunyi. Ada yang berbentuk tempat sampah pada umumnya namun digantungkan pada pintu lemari kabinet dapur, ada juga yang berbentuk boks yang diletakkan di dalam laci dapur. Dengan penggunaan dekorasi dapur sederhana ini, Anda bisa menghemat tempat dan mengurangi pemandangan tak enak di dapur.

Pasang rak pisau dan rak piring

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Pisau dan piring merupakan peralatan memasak dan alat makan yang utama. Keberadaan keduanya harus tertata dengan baik dan rapi untuk merepresentasikan dapur dengan baik pula. Untuk pisau bisa dipajang pada dinding dapur menjadi dekorasi rumah minimalis melalui magnet pisau. Dengan adanya magnet pisau, Anda tinggal mengambil dan menempelkan pisau pada magnet yang sudah terpasang pada dinding. Sedangkan untuk piring, bisa ditata dengan menggunakan rak piring. Ada banyak jenis ragam rak piring yang dijual, pilihlah rak yang berbentuk ringkas dan sewarna dengan dapur.

Tampil elegan menggunakan hidden lamp

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Dapur minimalis dan sederhana bisa tampil lebih elegan dan mewah dengan adanya hidden lamp. Penggunaan hidden lamp untuk dekorasi dapur minimalis dapat memberikan aksen mewah dan elegan pada dapur. Ada 2 jenis hidden lamp yang biasa digunakan pada dapur, yaitu led roll dan led spot. Led spot akan menghasilkan sorotan cahaya, sedangkan led roll akan menghasilkan cahaya berupa garis atau strip. Ketika memasang lampu dapur, jangan lupa juga memasang saklar lampu yang mudah dijangkau oleh tangan pengguna.

BACA JUGA  5 Gaya Tembok Minimalis

Semakin asri dengan tanaman hias

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Dekorasi dapur sederhana lainnya adalah tanaman hias. Tanaman hias akan cocok disandingkan dengan dapur bertema gelap maupun terang, dan pastinya akan membuat dapur tampak lebih segar dan asri. Anda dapat memilih tanaman hias seperti lidah mertua, peace lily, lidah buaya, spider plant, dan lainnya. Jika tak memiliki keahlian untuk merawat tanaman, bisa juga memilih tanaman hias artifisial untuk menghiasi dapur.

Tambahkan integrated power socket agar tidak ribet

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Keberadaan kabel-kabel stop kontak berantakan di dapur mungkin sudah dialami oleh banyak orang. Pasalnya, banyak peralatan dapur yang membutuhkan kabel stop kontak sebagai penghantar listrik, seperti microwave, blender, coffee maker, dan lain-lainnya. Bahkan aktivitas seperti mengisi daya telepon genggam dan laptop terkadang juga dilakukan di dapur. Nah, ada perangkat dekorasi rumah minimalis yang dapat membantu memecahkan permasalahan ini, yaitu integrated power socketIntegrated power socket sudah diatur untuk bisa dipasang pada bagian meja maupun kabinet dapur, sehingga keberadaannya bisa disembunyikan dan dimunculkan kapan saja. Dengan alat ini, kegiatan mencolok kabel listrik menjadi lebih ringkas dan praktis.

Rak gantung untuk penyimpanan ekstra

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Jika masih ada ruang sisa pada bagian dinding, tak ada salahnya untuk menambahkan rak gantung atau ambalan. Dengan adanya ambalan, penghuni rumah dapat menyimpan lebih banyak dekorasi dapur sederhana pada dapur, seperti tanaman, bingkai foto, buah-buahan, dan peralatan atau dekorasi dapur lainnya.

Pasang backsplash agar tidak kotor

8 Ide Dekorasi Dapur Minimalis Agar Tampil Rapi dan Indah

Kegiatan masak-memasak di dapur sering kali meninggalkan bekas noda pada dinding yang sulit untuk dibersihkan. Akibatnya dinding menjadi kotor dan tidak enak dipandang. Nah, agar noda-noda tersebut tidak mengotori dinding, ada baiknya untuk memasang backsplash pada dinding. Ada berbagai jenis material yang dapat dijadikan backsplash dapur seperti solid surface, granit, homogenus tile, kaca tempered, ataupun keramik. Noda yang menempel pada backsplash nantinya dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan lap basah.

BACA JUGA  Desain Kamar Mandi Minimalis