01
Feb

9 Jenis Pohon Teduh Terbaik untuk Rumah Adem dan Sejuk

9 Jenis Pohon Teduh Terbaik untuk Rumah Adem dan Sejuk

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSelain desain dan perabot rumah, sebenarnya ada satu hal lain yang bisa membuat rumah terasa nyaman, yaitu area hijau di luar rumah. Memiliki pohon peneduh di halaman bisa memberikan hawa sejuk berkat oksigen yang dihasilkan. Mengutip US News, menanam pohon peneduh di pekarangan Anda, misalnya, bisa menurunkan suhu lingkungan. Hal ini bermanfaat untuk melawan heat wave atau gelombang panas akibat sengatan matahari bersuhu tinggi. Berikut ini 9 jenis pohon teduh terbaik untuk rumah adem dan sejuk

1. Pohon Tabebuya

jenis pohon peneduh - pohon tabebuya

Jenis pohon peneduh rumah yang pertama ini fenomenal banget, lho! Sebab pohon tabebuya memiliki bunga yang sangat indah dan menawan.

Pohon tabebuya memiliki corak bunga yang nggak kalah indah dari pohon sakura milik Jepang. Warnanya pun beragam, ada kuning, merah muda, dan putih.

Di musim kemarau, tuh, kamu bisa menyaksikan keindangan bunganya yang bermekaran. Kebayang nggak, sih, bisa memandangi pohon cantik ini setiap hari di rumah?

2. Pohon Ketapang Kencana

jenis pohon peneduh rumah - pohon ketapang kencana

Kalau kamu lebih suka tipe pohon peneduh rumah yang ramping, pohon ketapang kencana bisa jadi pilihan! Diameternya yang lebih kecil dan ranting yang rapi cocok banget untuk rumah minimalis.

Meskipun ramping, nih, ketapang kencana bisa tumbuh 10 sampai 20 meter, lho! Dedaunannya pun tampak apik seperti kanopi. Adem banget, ya, melihatnya?

3. Pohon Angsana

jenis pohon peneduh rumah - pohon angsana

Jenis pohon peneduh yang satu ini juga tampak cantik banget dengan bunga-bunga mungil berwarna kuning. Jika tumbuh subur, tinggi pohon angsana bisa mencapai 40 meter, lho!

Selain itu pohon angsana juga memiliki dedaunan yang rapat satu sama lain. Dengan begini rumahmu sudah pasti adem dan terlindungi dari teriknya sinar matahari.

BACA JUGA  Ini Alternatif Taman Belakang!

4. Pohon Mangga

pohon mangga untuk peneduh di halaman

Siapa, nih, yang suka buah mangga? Kamu juga bisa, lho, menanam pohon mangga di halaman rumah! Dengan perawatan yang rutin dan tepat, ya, pohon mangga dapat tumbuh rindang dalam waktu singkat. Pohon ini akan membuat rumahmu teduh dengan tingginya yang bisa mencapai 10 meter. Bayangkan sore-sore duduk di halaman rumah sambil menikmati hasil panen mangga, asyik banget, kan?

Meski begitu perawatan pohon mangga jangan sampai terabaikan, lho! Jika tak dirawat dengan baik, tuh, bisa-bisa pohonmu diserang berbagai hama dan penyakit.

5. Pohon Kersen

jenis pohon peneduh rumah - pohon kersen

Nah, kalau jenis pohon peneduh ini pasti sering kamu lihat di pinggir jalan. Pohon ini juga bisa banget menyejukkan halaman rumahmu!

Batangnya yang mirip kipas serta daun lebar yang menunduk sudah pasti akan membuat adem! Cara menanam dan merawatnya pun mudah sehingga kerap jadi favorit bagi yang suka berkebun. Oh ya, pohon kersen juga menghasilkan buah berwarna merah yang imut. Buahnya pun aman dikonsumsi dan rasanya manis!

6. Pohon Tanjung

jenis pohon peneduh - pohon tanjung

Pohon tanjung biasanya sering kita temui di jalan besar. Namun, kamu juga bisa banget, kok, menanamnya di halaman rumah!Jenis pohon peneduh satu ini memang jagonya bikin adem. Pasalnya, nih, dedaunan pohon tanjung amat lebat dan nggak mudah gugur.

Takut tumbang? Tenang! Pohon tanjung berdiri dengan batang pohon dan ranting yang tebal. Namun, sebaiknya halaman rumahmu cukup luas, ya, untuk menanam pohon ini.

7. Pohon Kiara Payung

jenis pohon peneduh rumah - pohon kiara payung

Pohon tropis dari India Selatan dan Afrika Timur ini juga bisa kamu pilih sebagai peneduh rumah yang cantik. Pohon kiara payung juga terkenal akan kemampuannya menyerap karbon dioksida yang baik.

BACA JUGA  5 Konsep Cafe Dengan Konsep Industrial Bikin Pelanggan Menarik

Dedaunannya yang lebat dan rapat pun siap melindungi rumahmu dari terik matahari. Dengan tinggi sekitar 4-11 meter, pohon kiara payung bakal pas banget ditanam di halaman rumah minimalis.

8. Pohon Palem

jenis pohon peneduh rumah - pohon palem

Kamu pasti nggak asing dengan pohon ini, bukan? Yap, pohon hias yang satu ini juga bisa membuat rumahmu adem dan sejuk.

Pohon palem terkenal lewat bentuknya yang menjulang hingga 20 meter sehingga benar-benar membuat teduh. Ingin yang lebih mungil? Kamu bisa, kok, pilih jenis pohon palem putri.

9. Pohon Pucuk Merah

jenis pohon peneduh rumah - pohon pucuk merah

Daun lebat, rimbun, dan corak warna yang menawan, itulah pohon pucuk merah! Jenis pohon peneduh rumah ini punya batang yang bisa melebar bak kanopi. Jadi, sudah pasti adem, dong.

Menariknya lagi, nih, daun pohon pucuk merah sesuai namanya akan berubah jadi kemerahan saat musim kemarau tiba. Tak hanya bikin sejuk dan asri, ya, halaman rumahmu juga akan tampak manis.