05
Jan

Apa Bedanya Membuat Playground Taman dan di Dalam Interior?

Apa Bedanya Membuat Playground Taman dan di Dalam Interior?

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor Bermain dan bersenang-senang adalah salah satu kebutuhan primer di masa kanak-kanak. Untuk itu, suasana bermain sangat perlu dibangun seiring dengan perkembangan imajinasi anak-anak yang penuh dengan cerita. Selain menjadi wadah untuk beraktifitas, tempat bermain juga berguna sebagai sarana belajar yang memicu perkembangan motorik, daya ingat, dan psikologi anak.

Membuat Playground Taman yang Benar

1. Tentukan Ruangan Tempat Playground Diletakkan

ruang bermain, ruang bermain anak sederhana, desain tempat bermain anak di rumah

Playground terbagi menjadi playground indoor dan outdoor. Untuk playground indoor dapat diletakkan dalam kamar anak ataupun ruang keluarga. Sementara playground outdoor biasanya akan diletakkan di taman belakang ataupun depan rumah. Pilih mana jenis playground yang hendak dibuat sebelum membangunnya untuk anak karena harga playground outdoor dan indoor akan berbeda.

Tidak perlu membuat ruangan khusus playground apabila kita hendak memilih jenis playground indoor. Cukup siapkan ruang yang cukup dalam kamar atau ruang keluarga, serta pilih playground yang dapat dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Pastikan juga ruangan yang ditempati playground memiliki sirkulasi udara yang baik, agar anak tidak merasa gerah saat aktif bermain di dalamnya.

2. Melakukan Dekorasi

Playground indoor dalam kamar anak tentu akan semakin menarik berkat tambahan aneka dekorasi yang sesuai. Sebaiknya pilih warna-warna ceria atau gunakan wallpaper yang bergambar tokoh kartun favorit anak. Tambahkan juga aneka aksesori pendukung, misalnya karpet yang terbuat dari karet bongkar pasang.

Hasil kreasi anak di sekolah juga dapat dipajang di dinding. Hindari barang-barang pecah belah yang rawan hancur dan melukai anak. Sediakan pula aneka kotak tempat penyimpanan di mana anak dapat menyimpan mainan mereka. Adanya kotak penyimpanan mainan akan membuat playground indoor lebih rapi, dan dapat menanamkan rasa disipilin serta tanggung jawab dalam diri anak.

BACA JUGA  Fungsi Cahaya Bagi Rumah

3. Komponen Penting Playground

Barang yang harus ada dalam playground, baik indoor ataupun outdoor, tentunya adalah mainan. Mainan yang beragam bisa ditambahkan dalam playground untuk anak. Pilih mainan sesuai gender ataupun yang sifatnya unisex sehingga bisa dimainkan baik oleh anak laki-laki maupun perempuan. Ragam mainan yang dapat kita tambahkan ke dalam playground di antaranya adalah lego, ular tangga, aneka mainan kayu, dan lain-lain. Kita juga bisa menambahkan beberapa mainan tradisional. Pola bermain di lantai yang terbuat dari tape aneka warna juga sudah cukup menjadi ajang permainan anak-anak.

4. Sediakan Zona Khusus Bermain Kotor

 Membuat Playground Taman cara membuat tempat mandi bola, membuat mandi bola sendiri, cara membuat perosotan kayucara membuat perosotan anak, cara membuat mandi bola sendiri, cara membuat arena mandi bola, cara membuat mandi bola di rumah

Playground outdoor terutama harus menyediakan zona bermain kotor ini. Playground sendiri tak harus selalu berisi aneka permainan bersih. Anak justru akan dapat mengeksplorasi semakin banyak hal dengan adanya beragam zona permainan, termasuk zona bermain kotor.

Siapkan satu tempat khusus di playground sebagai wadah anak dalam mengekspresikan dirinya. Sebagai contoh adalah satu dinding dengan penutup karton atau papan tulis. Anak dapat menggambar apapun yang disukainya di sana. Kolam plastik berisi pasir juga dapat ditambahkan. Yang terpenting adalah anak tak boleh luput dari pengawasan saat bermain di dalamnya.

5. Faktor Keamanan Pada Playground Outdoor

Playground outdoor bisa diisi aneka permainan seru seperti ayunan, trampolin sampai dengan rumah pohon. Walau harga playground outdoor biasanya akan lebih tinggi dibanding harga playground indoor murah, namun anak-anak akan dapat bermain dengan lebih leluasa di luar rumah bersama teman-temannya. Hanya saja, faktor keamanan harus lebih diperhatikan secara ekstra.

Jika perlu awasi anak saat tengah bermain di playground, terutama saat anak sedang berada di zona kotor. Mainan yang ada dalam playground juga hendaknya dibuat dari bahan-bahan yang aman sehingga tidak memberi efek buruk pada kesehatan. Selain itu, struktur playground juga harus kokoh agar tidak mudah rusak dan membahayakan anak.

BACA JUGA  Ketahui Hal Dari Sumur Resapan Air

Adanya playground dalam rumah akan membuat anak betah bermain dan aktif bergerak. Playground juga takkan dinikmati oleh seorang anak saja, namun juga oleh teman-teman serta saudara-saudara sebaya yang datang berkunjung ke rumah. Tentunya ini akan dapat menambah keceriaan buah hati Anda ketika bisa seru-seruan bersama banyak teman.

Playground di halaman rumah juga bisa menambah kecantikan rumah saat dipandang. Hanya saja, pembangunan playground memang harus memperhatikan aneka aspek tertentu, tak sekedar dari segi keindahannya saja. Selain dari segi kenyamanan dan keseruan anak dalam bermain, faktor keamanan juga harus turut jadi bahan pertimbangan yang tak kalah penting. Membuat playground taman dapat dilakukan sendiri ataupun memesan pada tukang khusus atau pada arsitek yang menangani pembangunan rumah