26
Des

Bangunan Arsitektur Jogja

Bangunan – Bangunan Arsitektur di Jogja

5 Obyek Wisata Bangunan dengan Arsitektur Unik nan Menawan di Yogyakarta

jasakontraktor-architectjogja  Spot wisatawan yang sangat cocok bagi yang hobinya berselfie dan update Foto di Instragram , di Yogyakarta lah tempatnya yang tampaknya tidak akan habis habisnya.Di Setiap tahun ,pasti ada destinasi wisata baru yang mungkin saja belum banyak diketahui oleh fotografer fotografer.

DI Yogyakarta sendiri, setidaknya jasakontraktor-architectjogja.com merangkum ada terdapat lima wisata bangunan yang tergolong unik.

Bahkan, wisata bangunan tersebut bisa dibilang tak akan dijumpai di kawasan lain.

Dirangkum jasakontraktor-architectjogja.com, berikut wisata bangunan unik yang ada di Yogyakarta :

1. Situs Warungboto

Situs warungboto merupakan destinasi yang eksis setelah dijadikan lokasi foto prewedding Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution.

Lokasinya berada di Jalan Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dilansir jasakontraktor-architectjogja.com edisi Agustus 2016 menurut Pengageng Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat, situs tersebut adalah petilasan yang memang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono ke 1 .

Foto Pre-wedding Kahiyang Ayu-Bobby Nasution
Foto Pre-wedding Kahiyang Ayu-Bobby Nasution (allseasons-photo/bridestory)

Lantas pembangunannya diteruskan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

KRT Jatiningrat juga menyebutkan bahwa situs ini aslinya bernama Pesanggrahan Rejawinangun.

Karena Dulunya pesanggarahan ini terdapat sumber mata air atau umbul ,maka tempat tersebut dulunya dijadikan sebuah pemandian

Situs ini hanyalah berubah reruntuhan dan puing bangunan yang tak terawat ,yang akhirnya Direnovasi menjadi spot/tempat baru bagi wisatawan

Jika ingin mengunjungi situs ini ,pengunjung dipersilahkan masuk mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Situs Warungboto di jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Situs Warungboto di jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta (Tribun Jogja || Hamim Thohari)

situs tersebut bisa kita kunjungi dengan jarak 8 km dari pusat yogyakarta

2. Stonehenge Merapi

Stonehenge Cangkringan (jasakontraktor-architectjogja.com |

Monumen prasejarah stonehenge di Withshire, Inggris memang menjadi kawasan tujuan wisata yang banyak diminati.

Ini menjadi spot menarik untuk berfoto, apalagi saat sunrise maupun sunset.

Namun bagi pemburu selfie yang ingin berfoto di monumen bersejarah tersebut tak perlu berkunjung ke Inggris, cukup ke Yogyakarta saja.

Pemburu selfie bisa berfoto dengan latar belakang stonehenge hanya dengan berkunjung ke lereng merapi, tepatnya di Dusun Petung, Kepuharjo, Kabupaten Sleman pun ada stonehenge.

Bedanya, ini hanyalah replika saja.

Stonehenge di Cangkringan Sleman.
Stonehenge di Cangkringan Sleman.

Untuk menikmati wisata tersebut, pengunjung cukup membayar tiket Rp5 ribu untuk satu tiket masuk.

Jika ingin berkunjung, wisatawan dapat menempuh jarak sekitar 24,9 km dengan waktu 55 menit dari pusat kota Yogyakarta.

3. Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9.

Awalnya, taman yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Taman Sari
Taman Sari

Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan.

Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.

Jika ingin mengunjungi situs ini, pengunjung dipersilahkan masuk mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Taman Sari
Taman Sari

Untuk menuju destinasi wisata tersebut, pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 5,4 km dengan waktu 20 menit dari pusat kota Yogyakarta.

4. Digital Library UNY

Digital Library Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ternyata masuk dalam deretan lokasi wisata bangunan unik di Yogyakarta.

Hal tersebut dikarenakan bangunan tangga pada Digital Library UNY memiliki arsitektur unik saat difoto dari lantai paling atas.

Digital Library UNY terletak di Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Wisata bangunan sekaligus tempat belajar tersebut buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Digital Library UNY tutup pada hari Sabtu dan Minggu.

Untuk menuju destinasi wisata tersebut wisatawan dapat menempuh jarak sekitar 3,8 km dengan waktu 15 menit dari pusat kota Yogyakarta.

5. Gereja Tua Sayidan

Satu bangunan menyerupai gereja yang berada di RW.04, RT.10 Sayidan, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta, sempat viral di media pada tahun 2017.

Suasana bangunan yang menyerupai gereja di pinggir gang daerah Sayidan, nampak suasana sepi terlancar di gang tersebut dan sesekali ada lalu lalang pengendara agau pejalan kaki yang melintas. Beberapa remaja tengah asyik foto-foto dengan latar belakang bangunan tersebut, Jumat (22/12/2017).
Suasana bangunan yang menyerupai gereja di pinggir gang daerah Sayidan, nampak suasana sepi terlancar di gang tersebut dan sesekali ada lalu lalang pengendara agau pejalan kaki yang melintas. Beberapa remaja tengah asyik foto-foto dengan latar belakang bangunan tersebut, Jumat (22/12/2017). 

Banyak kaum milenial yang berfoto dengan latar belakang bangunan yang didominasi warna putih dengan desain bak bangunan di Eropa.

Hingga kini masih banyak kaum milenial yang berburu foto di sekitar lokasi gereja tersebut.

Untuk menuju destinasi wisata tersebut wisatawan dapat menempuh jarak sekitar 5 km dengan waktu 10 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Artikel ini telah tayang di jasakontraktor-architectjogja.com dengan judul Bangunan Arsitektur Jogja