23
Okt

Bawa Suasana Pantai Lewat Desain Interior Coastal

Bawa Suasana Pantai Lewat Desain Interior Coastal

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorKamu sedang bosan dengan hunian desain interior minimalis? Agar menciptakan nuansa yang berbeda dari biasanya, kali ini kamu bisa beralih ke gaya coastal. Di mana rumah bergaya coastal menggunakan sentuhan pemandangan tepi pantai yang indah dan nyaman. Interior dalam konsep tersebut rumah mencerminkan desain yang sederhana dan santai dengan dilengkapi furnitur minimalis. Bawa Suasana Pantai lewat desain interior coastal dirumah anda.

Dominasi Putih

Bawa Suasana Pantai Lewat Desain Interior Coastal

Dominasi putih membuat desain coastal terkesan bersih dan lapang. Meski desain ini juga banyak menggunakan elemen dekorasi, desain coastal akan tetap terlihat simpel karena dominasi putih yang menyeimbangi. Hal ini juga yang menjadi kelebihan desain coastal karena Anda bisa dengan mudah memilih warna lain sebagai padanannya. Tapi untuk desain coastal sendiri, warna biru laut dan sedikit sentuhan kuning biasanya jadi padanan yang serasi. Padanan warna ini bisa Anda terapkan pada dekorasi maupun lewat cat di salah satu sisi dinding ruangan bertema coastal.

Dekorasi Khas

Bawa Suasana Pantai Lewat Desain Interior Coastal

Sesuai dengan namanya, desain coastal biasanya dilengkapi dekorasi-dekorasi bertema pantai dan laut. Misalnya hiasan dinding berbentuk ikan, jangkar kapal, ilustrasi kapal laut, hingga pernak-pernik berbentuk kerang. Anda juga bisa menambahkan aksen motif pada desain coastal. Motif-motif yang dapat dipilih antara lain motif garis-garis hitam putih, garis biru putih, dan beragam motif simetris lainnya. Dekorasi inilah yang menjadikan desain coastal tetap terkesan hangat meski didominasi warna-warna dingin seperti putih dan biru muda.

Unsur Alami

Bawa Suasana Pantai Lewat Desain Interior Coastal

Hampir sama dengan desain tropis, desain coastal juga dilengkapi unsur alami berupa tanaman hias. Pilihan tanamannya pun mirip dengan yang biasa dipakai di desain tropis yakni jenis palem-paleman dan tanaman dari famili Musaceae atau yang biasa dikenal pisang-pisangan. Unsur tanaman akan membuat suasana ruang makin segar.

Bila luas ruangan tidak mencukupi untuk menaruh pot tanaman, Anda bisa menggantinya dengan lukisan atau artwork bertema tanaman-tanaman tadi. Lukisan bergambar laut dan pantai juga bisa jadi pilihan untuk membuat suasana ala pantai makin terasa.

Furnitur dan Linen

Bawa Suasana Pantai Lewat Desain Interior Coastal

Ciri khas desain coastal lainnya adalah penggunaan furnitur empuk yang dilengkapi beragam linen atau kain-kainan. Misalnya pada ruang tamu, sofa empuk berpadu dengan beberapa bantal duduk. Sedangkan pada kamar tidur, kasur empuk dilapisi duvet dan bed cover lembut. Kain throw juga tidak boleh terlewatkan untuk melengkapi ruangan berdesain coastal. Tentunya, kain-kain yang digunakan idealnya memiliki warna maupun motif yang senada dengan tema coastal.

Perbanyak Bukaan

Bawa Suasana Pantai Lewat Desain Interior Coastal

Desain coastal dikenal sebagai desain yang berlimpah cahaya alami. Anda perlu menata ruangan sedemikian rupa agar cahaya alami bisa masuk ke ruangan. Sediakan jendela dan ventilasi. Konsep open plan juga bisa jadi pilihan agar ruangan terasa lapang. Kalaupun perlu pembatas, Anda bisa memilih partisi maupun rak sederhana sebagai pembagi ruang.