05
Jan

Beginilah Cara Nyaman Tinggal di Rumah Tipe 36

Beginilah Cara Nyaman Tinggal di Rumah Tipe 36

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorDi dalam era yang seperti ini, rumah yang kita tinggali saat ini bukan hanya menjadi tempat hunian saja tapi juga sekaligus menjadi sebuah aksesori dalam kehidupan sehari-hari. Terbukti dari desain rumah dengan beragam gaya atau style yang tentunya sudah biasa diterapkan pada semua model rumah, baik pada rumah mewah maupun rumah minimalis. Kalau kita sedang berbicara tentang desain rumah yang minimalis, pasti nggak jauh-jauh dengan rumah tipe 36 yang bisa jadi rumah idaman. 

Cara Nyaman Tinggal di Rumah Tipe 36

Apapun jenis rumah yang Anda pilih, sejatinya harus bisa memberikan kenyamanan bagi Anda dan keluarga. Sekalipun rumah tersebut dibangun di atas lahan yang cukup terbatas seperti rumah tipe 36. Berikut ini cara nyaman tinggal di rumah tipe 36 yang bisa Anda terapkan agar hari-hari Anda senantiasa menyenangkan dan tentu saja betah berada di rumah;

1. Pilihlah desain rumah tipe 36 yang unik

Desain merupakan salah satu faktor penentu rumah menjadi menarik. Jika rumah sudah terlihat menarik, maka kemungkinan besar Anda akan merasa betah dan nyaman tinggal di dalam rumah tersebut. Selain itu, rumah dengan desain yang menarik, baik interior dan eksteriornya, akan menambah nilai estetika.
Hal tersebut sudah barang tentu membuat rasa bangga dan kenyamanan tersendiri bagi sang pemilik rumah. Saat ini, rumah tipe 36 telah tersedia beragam pilihan desain yang unik dan menarik. Anda bisa memilihnya yang paling sesuai dengan keinginan.

2. Tata letak ruangan atau layout yang tepat

Kriteria Rumah Minimalis Ideal, ukuran rumah ideal keluarga, ukuran stadar rumah , Tips Menata Rumah Tipe 36, Tips Menata Rumah Type 36, desain renovasi rumah type 36

Sadar bahwa Karena rumah tipe 36 merupakan hunian bergaya minimalis dengan memiliki luas tanah yang terbatas, maka cara agar tinggal dengan nyaman di rumah tipe 36 adalah dengan menata tata letak ruangan atau layout dengan baik dan benar. Artinya, antara kebutuhan ruangan dengan jumlah luas rumah harus sesuai. Biasanya, rumah tipe 36 terdiri dari beberapa ruangan penting saja, seperti 1 buah ruang tamu, 2 buah ruang tidur dan 1 buah kamar mandi.

BACA JUGA  Berikut Ini Tips Agar Warna Cat Tidak Cepat Memudar

Padahal, selain ketiga jenis ruang tersebut, Anda masih membutuhkan space untuk menyimpan barang-barang. Tips untuk membuat rumah tipe 36 yang nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan sebuah hunian atau tempat tinggal adalah dengan memilih rak secara vertikal, baik itu rak untuk buku, sepatu atau barang lainnya. Cara ini akan memberikan efek ruangan yang terlihat lebih rapi dan luas.

3. Pilihlah furniture yang tepat

Cara Nyaman Tinggal di Rumah Tipe 36, Pemilihan Furniture yang Tidak Bermanfaat, furniture yang memenuhi ruangan, memilih furniture yang bermanfaat

Rumah tipe 36 memang memiliki keterbatasan ruangan. Oleh sebab itu, maka Anda perlu menyiasati dengan memilih furniture atau perabotan yang tepat. Ciri-ciri furniture terbaik untuk rumah tipe 36 adalah furniture yang memiliki desain yang simple dan ramping. Kedua syarat tersebut bertujuan agar furniture tidak menghabiskan tempat.

Jika bicara tentang furniture yang bisa hemat tempat, multifunction furniture atau perabotan yang multifungsi merupakan pilihan terbaik untuk mengisi rumah dengan ukuran luas terbatas atau tipe minimalis. Misalnya adalah sofa bed (sofa yang bisa digunakan juga untuk tidur) atau bunk bed (tempat tidur yang memiliki dua dipan di bawahnya, juga beberapa laci dan kadang terdapat juga meja belajar).

4. Memfungsikan bagian-bagian ruangan dengan tepat

Karena rumah tipe ini tidak memiliki ruang yang luas, maka setiap inci ruangan perlu diperhatikan. Jangan sampai ada yang menganggur. Artinya, Anda perlu memanfaatkan bagian-bagian ruangan dengan tepat. Misalnya, Anda bisa menggunakan plafon sebagai ruang penyimpanan.

Menempatkan barang-barang di dalam satu tempat atau ruangan, nantinya akan memudahkan Anda ketika hendak menggunakan barang-barang tersebut. Artinya, hal Cara tersebut bisa memangkas waktu Anda untuk mencari barang yang hendak Anda gunakan kembali.

5. Menerapkan warna yang tepat

Sejuta warna memiliki sejuta makna. Artinya, tiap warna memiliki arti dan manfaat tersendiri. Pun manfaat dalam menyajikan kesan terhadap nuansa di dalam sebuah hunian. Kesan tersebut dapat menciptakan suasana menjadi nyaman untuk dihuni. Warna terbaik untuk rumah tipe 36 adalah warna-warna cerah namun tetap lembut, seperti warna putih, pastel atau krem. Hal tersebut dimaksudkan agar ruangan terkesan lebih lapang.

BACA JUGA  Rumah Kekinian Minimalis

Selain ketiga warna tersebut, warna cokelat juga termasuk kategori warna yang cocok untuk rumah tipe 36. Warna cokelat dapat menjadikan rumah menjadi lebih natural dan terlihat elegan. Warna ini sangat cocok untuk Anda yang ingin rumah tipe 36 Anda bernuansa alam. Pemilihan warna tersebut tidak hanya terbatas pada warna cat saja, tapi semuanya, dari mulai furniture sampai dengan aksesoris rumah.

6. Pilihlah aksesoris yang tepat

Kenyamanan sebuah rumah bisa didapat dari indahnya tampilan ruangan. Keindahan tersebut bisa diperoleh dari aksesoris yang menghiasi ruangan tersebut. Rumah minimalis bukan berarti tidak bisa dihiasi dengan aksesoris. Asalkan Anda tahu tips cara memilih aksesoris yang tepat untuk rumah minimalis, rumah tipe 36 Anda dapat terlihat menarik.

Salah satu tipsnya adalah dengan menempelkan aksesoris berupa cermin di tembok. Cermin dapat memberikan pantulan cahaya ke dalam ruangan. Selain akan membuat ruangan nampak lebih terang, kaca dinding juga dapat membuat ruangan terkesan lebih luas.

Setiap orang pasti ingin punya rumah yang nyaman. Tidak peduli berapa seberapa besar luas rumah tersebut, asalkan bisa memberikan kenyamanan dan ketenangan, pasti pemiliknya akan betah. Tips dan cara nyaman tinggal di rumah tipe 36 tersebut merupakan siasat yang tepat agar rumah minimalis Anda menjadi tempat paling menyenangkan. Tempat dimana Anda akan selalu rindu pulang.