03
Feb

Benefit Menggunakan Jasa Kontraktor Untuk Renovasi

Pekerjaan renovasi interior, baik itu untuk rumah, kantor, cafe ataupun toko, tidak dapat dipandang sebelah mata. Apabila Anda tidak memiliki konsep yang jelas, maka dapat dipastikan bahwa kemungkinan besar interior bangunan Anda tidak akan bertambah baik. Konsep adalah tahapan perencanaan yang sangat penting untuk diperhatikan karena tahap ini merupakan tahap awal dari pengerjaan. Dan akan sulit apabila proses pengerjaan sudah berjalan tiba-tiba Anda ingin mengubah konsep yang telah ditentukan. Oleh karena itu, dalam memulai perencanaan konsep ada baiknya Anda didampingi oleh kontraktor, dalam hal ini kontraktor interior.

Biasanya jasa kontraktor memiliki ahli desain atau tim perencana. Desainer interior dapat menuangkan konsep interior dalam sebuah desain, baik hanya dalam bentuk sketsa ataupun gambar 3 dimensi. Gambar ini sebenarnya penting untuk menunjukan visualisasi konsep interior yang Anda inginkan. Tanpa gambar desain, Anda tidak akan mendapat gambaran jelas mengenai hasil dari konsep yang direncanakan. Namun dalam prakteknya, apabila Anda membutuhkan gambar desain, Anda harus mengeluarkan dana tambahan untuk membayar seorang ahli desain profesional. Beberapa kontraktor dapat memberikan gambar desain secara gratis dengan catatan Anda menggunakan jasa kontraktor mulai dari perencanaan sampai ke pembuatannya (design & build).

Apabila Anda telah menyetujui konsep desain yang dibuat, saatnya Anda fokus pada tahap pembuatan. Dalam proses pengerjaan, Anda harus mengetahui spesifikasi material dan finishing yang diinginkan. Biasanya estimasi biaya yang diajukan oleh jasa kontraktor akan didasarkan pada material dan finishing produk tersebut. Semakin tinggi spesifikasi dan tingkat kesulitan yang diinginkan, maka biaya yang akan Anda keluarkan juga akan semakin besar. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh waktu kerja yang dibutuhkan. Sebagai contoh, proses finishing yang menggunakan cat akan lebih mahal dibanding menggunakan lapisan yang direkatkan seperti HPL karena proses pengeringan cat sangat dipengaruhi oleh cuaca sehingga waktu yang dibutuhkan pun lebih lama dan berpengaruh terhadap biaya produksi. Begitu pun apabila Anda menginginkan konsep classic dengan banyak ukiran atau profil pada interior, maka dibutuhkan ahli khusus untuk pengerjaannya.

Namun Anda tidak perlu kuatir karena kontraktor akan menyediakan fasilitas yang Anda butuhkan. Selain memiliki daftar supplier yang cukup lengkap, jasa kontraktor memiliki tim pelaksana yang lebih berpengalaman disertai pengawas lapangan dalam proses pengerjaan hingga pemasangannya. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu repot lagi memikirkan satu per satu tahapan yang dibutuhkan dalam pengerjaan renovasi interior Anda.