28
Apr

Berikut Ini Tips Agar Warna Cat Tidak Cepat Memudar

Rumah yang indah merupakan idaman bagi setiap orang, apalagi tampilan bangunan dan warna dari cat rumah yang membuat suasana semakin menarik. Oleh karena itu, pemilik rumah selalu menjaga cat rumahnya agar tidak cepat rusak atau luntur. Untuk meminimalisir warna cat yang semakin memudar, berikut ini tips yang bisa anda coba.

  1. Pintar-Pintar dalam Memilih Warna Cat

Tidak semua warna cat memiliki reaksi yang sama dalam ketahanan warna yang menempel dalam dinding.Warna-warna cat dengan tone yang gelap cenderung lebih cepat menyerap panas daripada warna dengan tone yang cerah. Warna-warna gelap akan menimbulkan lebih banyak masalah dalam kelembaban, sehingga akan lebih cepat memudar.

Namun bagi Anda yang ingin menggunakan warna gelap, maka lebih baik gunakan pada tempat-tempat yang minim terkena sinar matahari langsung. Dan untuk dinding yang terkena sinar matahari langsung, lebih baik gunakan warna-warna dengan tone yang cerah.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir jika warna gelap digunakan pada dinding bagian dalam rumah.Anda bisa memainkan warna gelap dengan warna yang kontras dan mencolok untuk menimbulkan kesan yang lebih indah. Misalnya menggunakan warna biru muda untuk sudut luar dan biru tua untuk sudut bagian dalam, serta isi barang-barang interior dengan warna-warna yang cerah seperti putih.

  1. Perhatikan Cara Pengecatan

Untuk cara pengecatan, sebaiknya lapisi dinding terlebih dahulu dengan cat yang tipis. Kemudian ketika akan kering, lapisi kembali cat tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk membuat warna cat lebih kuat dan tahan lama.
Selain itu, usahakan jangan mengecat ketika cuaca sedang mendung. Karena jika sudah hujan, airnya akan mengenai cat tembok dan meresap kedalam tembok. Jika sudah seperti itu, air nantinya akan sulit keluar karena terhalangi oleh cat. Akibatnya, dinding akan menjadi lembab dan menimbulkan noda serta keretakan pada cat yang disebabkan karena cat tersebut tidak merekat dengan baik.

  1. Perhatikan Kualitas Cat

Kualitas cat juga sangat mempengaruhi lamanya warna yang menempel pada dinding rumah. Cat yang berkualitas tinggi lebih mampu menahan warna dibandingkan cat dengan kualitas dibawahnya.Selain itu, cat dengan kualitas baik juga lebih mampu beradaptasi dengan lingkungan, baik panas maupun dingin.

Selain itu cat rumah memiliki 2 jenis yang berbeda fungsi, yaitu cat khusus eksterior dan cat khusus interior. Sehingga jika ingin mengecat rumah, lebih baik pilih jenis cat yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk mengecat bagian luar rumah, pilih jenis cat eksterior. Karena cat eksterior memiliki kandungan yang lebih mampu menahan cuaca dibandingkan cat interior, apalagi cuara tropis seperti Indonesia.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802