20
Mar

Cara Antisipasi Agar Dinding Tidak Bocor Disaat Hujan

Cara Antisipasi Agar Dinding Tidak Bocor Disaat Hujan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Sebagai negara tropis, tak heran jika curah hujan di Indonesia terbilang cukup tinggi. Tips agar rumah siap hadapi musim hujan, Begini Saran Arsitek Agar Hunian Tetap Nyaman Saat Musim Hujan. Mulai dari membetulkan genting yang bocor, membersihkan selokan agar  Sebisa mungkin pilihlah lokasi rumah yang jauh dari sungai untuk mencegah banjir, bentuk bangunan terutama atap dan sistem pengaliran air hujan.

 

Antisipasi Rembesan Air Hujan di Dinding dengan Cara Ini

1. Periksa dinding secara berkala Seiring berjalannya waktu

dinding rumah akan mengalami keretakan yang membuat air lebih mudah masuk ke dalamnya. Dengan demikian, dinding rumah yang rembes akan terlihat mengembang. Oleh sebab itu, Anda perlu mengisi retakan tersebut dengan semen ke seluruh bagian yang mengalami keretakan.

2. Gunakan lapisan kedap air pada dinding 

Dinding di dalam rumah yang rembes bisa datang dari cat dinding eksterior rumah bersifat permeabel yang memungkinkan air masuk ke dalamnya. Untuk mencegah rembesan, Anda perlu mengecat dinding eksterior rumah dengan lapisan kedap air. Lapisan kedap air akan menjadi penghalang air hujan dan mencegah dinding aman dari rembesan tersebut.

3. Perhatikan Kondisi Plafon

Hujan Deras Melanda, Pastikan Atap Rumah Tidak Bocor dengan 5 Cara Ini

Memeriksa kondisi plafon memang agak sulit. Cara paling mudah adalah dengan mengecek bila terdapat bercak air yang menandakan adanya rembesan air di plafon rumah. Jika ditemukan, bisa jadi terdapat titik bocor, baik dari atap atau dinding yang perlu diperiksa lebih lanjut. Jangan lupa mengganti plafon yang terkena rembesan air agar mencegah tumbuhnya jamur dan agar ruang tetap terlihat estetis.

4. Bersihkan Talang Air secara Teratur

Hujan Deras Melanda, Pastikan Atap Rumah Tidak Bocor dengan 5 Cara Ini

Talang air yang berbentuk huruf U dan L seringkali menjadi tempat penumpukan berbagai macam kotoran dan sampah. Keberadaan kotoran-kotoran tersebut tentunya dapat menyumbat aliran air ketika hujan tiba. Untuk membersihkan talang air, cukup gunakan alat bantu yang berukuran kecil dan panjang untuk mendorong-sampah-sampah tersebut keluar, atau bisa juga dengan menyemprotkan air dengan selang bertekanan tinggi sehingga sampah-sampah yang mengendap di talang air dapat terdorong ke luar.

BACA JUGA  Cara Mengatur Rumah Dengan Ruang Sempit Agar Tetap Terkesan Lega

5. Gunakan Pelapis Anti Bocor

Hujan Deras Melanda, Pastikan Atap Rumah Tidak Bocor dengan 5 Cara Ini

Untuk semakin memperkuat atap dan lapisan luar rumah lainnya agar semakin aman, gunakan pelapis anti bocor. Pelapis ini biasanya memiliki fitur water proofing yang mampu mencegah air merembes ke dalam rumah. Untuk bagian atap rumah, terdapat berbagai jenis bahan pelapis anti bocor yang tersedia di pasaran. Ada yang menggunakan bahan polimer atau akrilik, semen, dan bitumen. Pilihlah material yang terbaik dan cocok untuk atap rumah Anda.

6. Melapisi atap dengan waterproofing

Sama halnya dengan dinding, atap rumah juga menjadi salah satu penyebab mengapa dinding di dalam rumah jadi basah. Maka dari itu, atap rumah harus menggunakan lapisan yang dapat menahan air sehingga tak masuk ke dalamnya.

7. Potong Ranting Pohon

Keberadaan pohon memang membuat rumah makin asri dan teduh. Namun, hati-hati terhadap ranting-ranting pohon yang tumbuh memanjang melewati atap rumah karena ranting-ranting yang terlalu panjang tersebut rawan patah jika terkena angin kencang dan mengakibatkan atap rumah rusak. Sebelum hujan tiba, potonglah ranting-ranting pohon yang memanjang tadi agar atap rumah tetap dalam kondisi aman.