17
Des

Cara Bayar BPHTB Online

Cara Bayar BPHTB Online

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBPHTB atau Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan adalah biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapat hak atas tanah dan bangunan secara resmi dan diakui hukum. Mekanisme pembayaaran BPHTB ini diatur dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria. Untuk membayar BPHTB, biasanya orang harus mengantre di kantor pajak. Namun kini masyarakat dapat melakukannya dari mana saja secara online. Berikut ini cara bayar BPHTB online

Website BPHTB Online Jakarta

Jika wajib pajak berdomisili di jakarta bisa menggunakan website Bapenda Jakarta, website ini dibuat cukup simple dan sangat mudah untuk digunakan. Website ini diluncurkan pada Maret 2020 untuk membantu mempermudah para wajib pajak membayar BPHTB.

Website BPHTB Online Bogor

Bagi mereka yang berdomisili di Bogor, bisa menggunakan website BPHTB Kabupaten Bogor di sana Anda bisa mendapatkan beragam informasi menarik untuk pembayaran BPHTB serta mengetahui tarif pajak yang ingin dibayarkan.

Website BPHTB Online Depok

Sementara bagai wajib pajak/PPAT yang berada di Kota Depok, bisa menggunakan website PBB-BPHTB.depok.go.id. Menariknya, selain dapat mengetahui tarif pajak BPHTB, melalui website ini Anda juga bisa mengetahui tarif pajak PBB.

Cara Membayar Pajak dengan BPHTB Online

Bagi Anda yang ingin membayar pajak BPHTB secara online, berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan website Bapenda Jakarta.

1. Pembayar pajak log in di www.pajakonline.jakarta.go.id/login
2. Pilih menu BPHTB
3. Pembayar pajak diwajibkan untuk mengisi Nomor Objek Pajak (NOP) PBB
4. Jika tidak ada tunggakan maka Anda bisa langsung mengisi Surat Setoran Pajak Daerah (SSPD) BPHTB dan beberapa berkas lainnya. Kemudian berkas tersebut diunggah.
5. Setelah diunggah, petugas akan mengecek kelengkapan berkas dan SSPD BPHTB jika sudah lengkap maka mereka akan mengirimkan kode bayar
6. Setelah mendapatkan kode bayar, wajib pajak kemudian membayar pajak BPHTB
7. Kemudian wajib pajak/PPAT mengunggah dokumen AJB yang sudah ditandatangani
8. Kemudian pembayar pajak mendapatkan One Time Password (OTP)
9. Kemudian Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (UPPRD) akan menandatangani SSPD BPHTB
10. SSPD BPHTB dapat dicetak sebagai tanda bahwa Anda telah membayar pajak BPHTP.

BACA JUGA  Cara Mudah Memasang Genteng