01
Des

Cara Membuat Aquascape Air Terjun yang Murah Meriah

Cara Membuat Aquascape Air Terjun yang Murah Meriah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSejak beberapa tahun lalu teknik aquascape mulai digandrungi oleh pecinta akuarium. Dengan berbagai kreasi mereka bisa menciptakan taman bawah laut yang indah, dan membuat nyaman para ikan hias yang tinggal di sana. Salah satu aksesoris pendukung taman tersebut adalah air terjun, yang biasa dibuat dari aliran pasir putih di dalam air. Berikut ini cara membuat aquascape air terjun yang murah meriah.

Aquascape Membutuhkan Ketelitian dan Ketelatenan

Membuat aquascape tentunya harus memperhatikan ketelitian dan keahlian dalam bidang seni. Jadi, tidak sembarang orang bisa menghasilkan karya yang sangat memukau. Banyak jenis aquascape yang bisa dibuat. Ada yang memadukan air, batu, dan tanaman, namun ada juga yang tanpa memerlukan air dan mengandalkan dekorasi dari perpaduan pasir, batu, dan tanaman. Cara membuat aquascape tentu saja tidak mudah, kamu harus belajar dan didampingi oleh ahli dan profesional. Apalagi kalau kamu ingin tahu cara membuat aquascape mini yang memanfaatkan medium terbatas. Kamu harus benar-benar teliti sehingga aquascape yang kamu buat bisa memberikan kesan karya seni yang nyata.

Banyak tema yang bisa diambil dari aquascape. Misalnya, tema air terjun, kehidupan bawah laut, pegunungan, dan lain sebagainya. Meskipun sulit, tapi ada dasar-dasar yang masih bisa dipelajari dengan mudah. Misalnya, kamu akan membuat aquascape dengan tema air terjun. Berikut ini, akan dibahas tahap demi tahap mengenai cara membuat aquascape air terjun yang mudah dan murah.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum pada tahap inti cara membuat aquascape air terjun, kamu harus pastikan dulu bahwa semua alat dan bahan sudah siap sedia. Masing-masing bahan hanya dibutuhkan satu buah saja, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuatnya. Setiap bahan alat dan bahan juga tersebut di toko perlengkapan aquarium terdekat.

BACA JUGA  5 Pilihan Model Meja Dapur Minimalis Sesuai Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain double aerator, pipa paralon berdiameter 2 inci setinggi 30 cm dan 10 cm. Selanjutnya dibutuhkan pula bahan-bahan lain seperti selang aerator, sambungan pipa L, sambungan pipa T, penampungan pasir yang dibuat dengan permukaan miring, pasir silika, aquarium kaca persegi panjang ukuran minimal 40 cm x 30 cm x 40 cm ( p x l x t). Adapun alat yang diperlukan yaitu obeng dan lem paralon.

2. Pasang Sambungan Paralon

Setelah alat dan bahan siap sedia, kamu bisa mulai langkah-langkah dalam cara membuat Aquascape Mini dengan tema air terjun. Pertama kamu harus menyambungkan paralon 10 cm dengan sambungan T. Sambungan ini digunakan untuk bagian atas atau sebagai tempat memasukkan selang aerator nantinya. Sedangkan pada bagian bawah akan dijadikan sebagai tempat pasir silika yang menjadi bahan utama untuk air terjun di dalam aquascape.

Saat kamu membuat sambungan, gunakan lem paralon yang sudah disediakan agar sambungan rapat dan menempel dengan kuat. Apalagi paralon akan ada di dalam air, sehingga akan terpengaruh secara langsung dengan getaran dari aerator. Jika sambungan tidak merekat dengan kuat, maka kemungkinan besar akan air terjun gagal berfungsi.

3. Membuat Sambungan Belokan

Selanjutnya, cara membuat aquascape air terjun bisa kamu lakukan dengan dengan membuat sambungan pipa L dari ujung pipa paralon 10 cm. Fungsi dari sambungan ini adalah untuk mengalirkan pasir. Kamu harus memastikan pertemuan antara sambungan pipa L dan paralon sangat rapat dan tidak ada celah udara supaya tekanan udara dapat diminimalisir dan pasir yang berfungsi sebagai air terjun dapat keluar dengan lancar.

4. Masukkan Selang Aerator

Setelah sambungan paralon selesai dibuat, kamu bisa segera memasukkan selang aerator ke dalam sambungan pipa. Mulailah dari sisi atas dari sambungan T, kemudian lanjutkan ke bagian bawah menuju sambungan L. pastikan kamu tidak salah arah karena akan mempengaruhi pola keluar masuknya pasir sebagai air terjun nantinya. Kamu juga harus memastikan ukuran selang aerator lebih kecil dari paralon supaya rangkaian alat penghasil air terjun dapat berfungsi dengan baik.

BACA JUGA  Tips Memilih Meja Belajar yang Baik

5. Membuat Lubang Pada Paralon untuk Memasukkan Pasir

Buatlah lubang pada pipa paralon yang berukuran 30 cm dengan ukuran diameter berkisar 3 cm atau 4 cm di bagian depannya. Pastikan lubang yang dibuat tidak sampai mengenai ujung paralon supaya tidak mengganggu tekanan pasir yang akan keluar nantinya. Lubang yang kamu buat berfungsi untuk menyedot pasir dan mengalirkannya ke ujung paralon 10 cm. Maka dari itu, dibutuhkan lokasi pembuatan lubang yang tepat. Biasanya, para aquascaper menyisakan 5 cm paralon yang berukuran 30 cm sebelum membuat lubang tersebut.

6. Memasang Paralon dan Penampung Pasir

Setelah pembuatan lubang selesai, kamu bisa mengikuti cara membuat aquascape air terjun lanjutan dengan memasang paralon 30 cm tersebut pada sambungan pipa L. Tujuannya supaya bisa terbentuk aliran yang menanjak dan menurun. Pastikan juga kalau selang dan mesin aerator sudah berada di dalam ujung paralon 10 cm supaya saat dihidupkan bisa berfungsi dengan baik.

Selanjutnya, kamu bisa memasang penampung pasir di depan paralon 10 cm, tepatnya pada bagian bawah. Posisinya harus tepat supaya pasir yang ditampung tidak berserakan keluar dari bagian penampung.

Penampung pasir sengaja dibuat miring pasir bisa dengan mudah turun secara otomatis dan secara teratur masuk ke dalam paralon 10 cm ketika aerator sudah dinyalakan atau air terjun sudah difungsikan. Jika tidak miring, maka pasir akan susah mengalir ke paralon 10 cm. Kemiringan yang ideal, sebaiknya kamu buat sekitar 45 derajat.

7. Masukkan Rangkaian Pipa dalam Air

Pada tahap finishing cara membuat aquascape air terjun, kamu bisa memasukkan rangkaian pipa dalam air. Pada tahap ini kamu bisa memasukkan rangkaian ke dalam akuarium. Letakkan pada posisi terbaik yang sudah kamu pilih sebelumnya, misalnya pada salah satu sudut, di bagian tengah belakang, atau di bagian sudut depan. Tapi, pastikan berada di dekat salah satu sisi dinding aquarium. Lakukan uji coba, dengan memasukkan pasir pada tempat penampungannya, kemudian hidupkan aliran aerator.

BACA JUGA  Tips Memilih Perumahan Bukan Asal Harganya Murah

Jika pasir sudah bisa keluar dengan sempurna, maka kamu telah berhasil membuat aquascape air terjun mini. Cara membuat aquascape air terjun tersebut memang mudah dan murah. Tapi, akan jauh lebih baik jika kamu meminta bimbingan dari orang yang ahli dan berpengalaman membuat aquascape.

Aquascape yang sudah kamu buat akan sangat cocok untuk dijadikan dekorasi ruangan di unit apartemen. Tentunya, ruangan apartemen yang kamu tinggali akan terasa lebih meriah. Apalagi, ada yang menyatakan kalau aquascape air terjun di dalam ruangan akan membuat pikiran semakin fresh.

Untuk kebutuhan hunian berupa unit apartemen yang nyaman, kamu bisa sewa dengan memilih satu satu dari beberapa unit yang disediakan oleh SpaceStock. Setiap unit tersedia menjamin kenyamanan untuk kamu tinggali sehingga kamu akan bebas berkreasi membuat aquascape mini tanpa ada hambatan dan gangguan.