28
Jan

Cara Membuat Kamar menjadi Terang dan Lapang

 Cara Membuat Kamar menjadi Terang dan Lapang

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorUntuk mereka yang tinggal di sebuah kos atau rumah dengan ukuran ruang yang kecil tentunya terkadang ada perasaan sesak ataupun sempit. Namun berbagai ruangan yang berukuran kecil tersebut bisa saja diakali menjadi tampak luas dengan berbagai cara. Tidak hanya tampak lapang, ruangan pun perlu nyaman dan dapat digunakan dengan baik oleh penghuninya. Berikut ini cara membuat kamar menjadi terang dan lapang.

1. Jangan takut untuk menggunakan cat dinding warna

cara membuat kamar menjadi terang 1

Iya, sih, banyak orang akan menyarankan kamu untuk menggunakan cat dinding warna putih untuk menciptakan kesan kamar yang terang dan luas. Tapi, cat dinding warna putih juga menciptakan kesan kamar yang polos dan membosankan.

Untuk menyiasatinya, tuh, kamu bisa memilih cat dinding berwarna. Jangan khawatir gagal, kamu bisa menggunakan medium tone dari warna pilihan kamu, seperti lapisan cat kedua atau ketiga dari warna cat yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk mengecat langit-langit kamu dengan warna yang sama karena hal ini akan membantu memantulkan cahaya dan juga memberikan ilusi ruangan yang lapang.

2. Cermin adalah segalanya

cara membuat kamar menjadi terang 2

Ketika mencari tips cara membuat kamar menjadi terang, nih, kamu pasti sudah sering mendapatkan tips tentang peletakkan cermin. Hal ini betul banget, lho! Peletakan cermin di kamar akan membantu membuat kamar kamu terlihat luas dan juga memantulkan cahaya.

Selain itu, jangan takut untuk menggunakan lebih dari satu cermin di dalam ruangan yang sama. Pastikan saja ukuran cermin yang kamu gunakan berbeda-beda dan juga memiliki fungsi berlainan.

3. Gunakan aksen reflektif

cara membuat kamar menjadi terang 3

Sama seperti cermin, penggunaan furnitur bercahaya akan selalu membantu memantulkan cahaya dan memberikan kesan ruangan yang lebih bersemangat.

BACA JUGA  Model Coffe Table Yang Bikin Seru Saat Ngopi

Furnitur ini bisa berupa lampu, frame photo, dekorasi tray berukuran kecil, atau aksen metalik pada pilihan furnitur kamu. Hanya saja, jangan sampai kamu menggunakan terlalu banyak barang ini atau kamu akan memiliki kamar yang heboh!

4. Manfaatkan berbagai macam pencahayaan

cara membuat kamar menjadi terang 4

Kalau kamu memiliki kamar yang tidak memiliki banyak pencahayaan natural, kamu harus menciptakannya.

Pertama-tama, penambahan cahaya utama adalah kewajiban di ruangan yang gelap. Pastikan pencahayaan utama kamu tersebar ke seluruh ruangan, setelah itu, jangan ragu-ragu untuk menambahkan pencahayaan lain seperti standing lamp atau lampu nakas.

Memiliki beberapa sumber pencahayaan akan membantu mencerahkan kamar kamu sekaligus membantu memberikan vibe yang bahagia.

5. Pilih warna lampu yang tepat

Robarts Interiors and Architecture - Ryan Partners | Ceiling lights living room, Home office design, Home

Karena sudah menyinggung soal lampu, sekalian saja kita bahas lebih mendetail tentang jenis lampu untu kamu gunakan untuk menciptakan ilusi kamar yang luas dan cerah.

Untuk pencahayaan di area kerja atau di mana kamu biasanya berdandan, gunakan lampu berwarna putih cerah. Alasannya pencahayaan ini yang paling mendekati dengan cahaya natural.

Jangan gunakan lampu berwarna putih agak kebiruan karena hal itu akan memberikan kesan kamar yang dingin dan tidak natural.

6. Masukkan warna dan pattern

Kalau kamu memiliki kamar yang gelap dan hanya mendekorasi ruangan kamu dengan warna-warna netral yang solid, kemungkinan besar ruanganmu terkesan flat dan terasa agak sedikit membosankan.

Tidak, kamu tidak perlu mendekorasikan seluruh ruangan kamu dengan warna-warni seperti pelangi, ya! Pilih saja color palette yang membuat kamu bahagia dan masukkan sedikit warna dan pattern untuk menambah estetika.

7. Pertimbangkan untuk gunakan french door

Why French Doors Are Called French Doors

Tips yang satu ini lebih membutuhkan effort dibandingkan tips lainnya. Menggunakan french door atau jenis pintu lainnya yang memudahkan cahaya masuk ke dalam ruangan dapat meningkatkan pencahayaan di kamar dengan drastis.

BACA JUGA  10 Alasan Mengapa Kamu Membutuhkan Jasa Arsitek

Kalau kamu sedang membutuhkan privasi maka kamu bisa menutupi pintu kamu menggunakan gorden atau lapisi kaca dinding dengan kaca film.

Meskipun begitu, perlu diingat jenis pintu ini memang tidak memberikan banyak privasi, jadi jenis pintu ini lebih baik digunakan untuk ruang kerja atau ruang tamu.