26
Okt

Cara Membuat Meja Lipat di Dinding Dengan Bahan Kayu

Cara Membuat Meja Lipat di Dinding Dengan Bahan Kayu

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSalah satu detail yang terlibat dalam pembuatan rumah atau ruangan adalah memilih meja yang tepat. Tidak hanya penting untuk mempertimbangkan ukuran meja dan penempatannya, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan tentang bagaimana meja tersebut dibuat. Jenis yang paling umum dari meja yang tersedia adalah meja lipat dinding. Meja lipat bisa dibuat dari berbagai macam material bahkan Anda bisa membuatnya sendiri. Material yang utama dan bisa diandalkan adalah material kayu. Selain kekuatannya kayu juga mudah untuk dibentuk. Jika Anda adalah para DIY woodworking maka membuat meja lipat dinding dari kayu adalah sebuah kegiatan akhir pekan yang paling di nanti.

Meja Lipat Dinding, Solusi Keterbatasan Ruang

meja lipat dinding

Meja lipat dinding akan memberikan solusi buat kamu yang memiliki space ruangan terbatas. Bahkan, kamu bisa Do It Yourself (DIY) alias buat sendiri tanpa perlu pergi ke toko furniture dan membayar jasa instalasi meja lipat dinding. Tapi, kalau kamu punya cukup uang dan tidak sempat DIY, tidak salahnya kalau mau beli dan pakai jasa instalasi meja lipat dinding.

Meja lipat dinding bisa dibuat dari berbagai macam material, tapi kalau mau buat sendiri, material yang paling mudah adalah MDF, multipleks, atau kayu solid. Ketiga material ini punya kualitas yang bisa diandalkan karena kekuatannya dan sifatnya yang mudah dibentuk.

Keunggulan Meja Lipat Dinding dari Kayu

Sebelum membahas cara membuat meja dinding lipat, kamu harus tahu dulu keunggulan kayu sebagai bahan dasarnya. Kayu memiliki kekokohan, kekuatan, dan daya tahan yang telah lama teruji. Kalau kamu membuat meja dengan bahan kayu, maka meja akan tahan lama dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun bahkan puluhan tahun.

Meja dari bahan kayu sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai aktivitas, baik formal maupun non formal. Bahkan, meja berbahan kayu bisa kamu tempatkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Untuk di dalam ruangan, bisa pilih kayu tipe MDF atau multipleks, sedangkan untuk di luar ruangan kamu bisa pilih kayu solid yang lebih tahan terhadap suhu dan cuaca.

Untuk meja lipat dinding, bahan kayu jauh lebih aman digunakan dibandingkan bahan logam. Kemungkinan masih bisa terjadi, misalnya setelah instalasi tiba-tiba meja jatuh karena penyangga tidak kuat atau mur yang lepas. Risiko tertimpa bahan kayu tidak akan separah jika kamu tertimpa bahan logam.

Selain itu, dari segi tampilan, meja lipat dinding atau meja lain dari kayu tampak natural. Bahkan, jika kamu bosan dengan warna asli bahan kayu, kamu bisa dengan mudah mengecat sehingga warna bisa disesuaikan dengan selera. Jadi, furniture berbahan kayu sangat efektif untuk proses refinishing, khususnya untuk penggantian warna. Dengan warna yang baru, maka seakan-akan meja lipat dinding milikmu masih baru pula.

Cara Membuat Meja Lipat Dinding

meja lipat dinding

Setelah kamu tahu alasan bahan kayu sangat cocok untuk membuat meja dinding lipat, sekarang saatnya kamu mulai DIY membuat meja lipat dinding dari bahan kayu. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat meja dinding lipat ini yang terutama adalah kayu. Untuk pembuatan yang mudah, kamu bisa pilih tripleks atau MDF. Selain itu diperlukan bahan-bahan penting lainnya berupa 4 engsel pintu, sekrup berukuran 2 inci secukupnya, paku kayu ukuran 2 cm, lem, dan cat warna sesuai pilihan.

Selain bahan-bahan tersebut, kamu juga harus menyediakan beberapa alat seperti Bor, meteran/penggaris panjang, palu/martil, gergaji kayu/gergaji mesin, sanding tool, amplas, dan kuas.

2. Membuat Desain dan Sketsa

Setelah alat dan bahan tersedia, kamu bisa segera membuat desain meja lipat dinding yang disesuaikan dengan keberadaan alat dan bahan yang kamu miliki. Selain itu perlu juga dibuat sketsa untuk instalasinya nanti. Dalam sketsa, kamu harus sudah menentukan tempat atau dinding untuk memasang meja tersebut. Meskipun sebenarnya kalau kamu memilih desain meja lipat dinding akan jauh lebih mudah karena bisa ditempatkan pada setiap dinding, asalkan memiliki ukuran yang pas.

Selain itu, perlu juga untuk memperhatikan kualitas dinding untuk instalasinya. Pastikan dinding memiliki kualitas yang kuat, sehingga tidak hancur saat dipaku atau dibor. Kualitas dinding akan mempengaruhi keberhasilan instalasi dan yang pasti akan sangat mempengaruhi keamanan ketika kamu menggunakannya.

Tapi, jika kamu tinggal di unit apartemen, kamu tidak perlu ragu untuk memilih posisi dinding, karena kualitas dinding sudah dijamin memenuhi standar material developer.

3. Membuat Puzzle Meja

Setelah desain ditentukan dan sketsa siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat puzzle atau bagian-bagian dari meja lipat dinding. Bagian-bagian tersebut terdiri dari frame meja, badan meja, kaki meja, dan penyangga.

Frame meja ini nanti merupakan bagian yang akan diinstalasikan di dinding dan berguna sebagai tempat untuk menyimpan meja ketika tidak digunakan. Frame dinding bisa kamu buat dengan menggabungkan 4 papan secara siku-siku disertai 1 papan sebagai alasnya. Paku setiap sambungan, tambahkan lem kayu supaya lebih kuat.

Badan meja merupakan bagian yang nantinya akan digunakan untuk menunjang aktivitas. Kaki meja berguna untuk menahan atau menopang badan meja. Sedangkan penyangga merupakan bagian pendukung agar kaki meja kokoh dan tidak bergoyang saat meja digunakan.

Bagian-bagian tersebut bisa kamu buat dengan memotong kayu yang sudah kamu siapkan menurut ukuran meja dalam desain dan sketsa. Gunakan gergaji kayu atau gergaji mesin untuk memotong dan membuat puzzle dari meja. Gunakan meteran yang telah tersedia agar ukuran bisa pas. Untuk keamanan, sebaiknya kamu memotong di luar ruangan. Namun, jika tidak memungkinkan memotong di luar ruangan, pastikan tempat untuk memotong cukup luas.

4. Instalasi

Setelah puzzle atau bagian-bagian meja tersebut lengkap, langkah selanjutnya adalah menginstalasikan atau menggabungkan puzzle-puzzle tersebut sehingga membentuk meja lipat yang siap digunakan. Dalam instalasi ini, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menempelkan frame meja ke dinding.

Pastikan ketinggiannya tepat, kamu bisa ukur dengan meteran. Selanjutnya kamu bisa pasang frame tersebut dengan terlebih dahulu membuat lubang dengan bor di dinding, kemudian memasangkan mur pada dinding tersebut. Kamu juga bisa menggunakan paku tembok jika dirasa sulit dengan mur atau sekrup.

Selanjutnya pasang engsel pada frame untuk menggabungkannya dengan badan meja. Setelah frame dan badan meja terhubung kuat, kamu bisa pasang kaki meja di sisi yang berlawanan. Pastikan dua kaki meja tersebut hanya bisa dilipat ke arah dinding, sehingga menahan agar tidak terlipat ke arah lain, kamu bisa menahan dengan penyangga yang telah disiapkan.

Jika proses tersebut sudah selesai, maka meja dinding lipat sebenarnya sudah siap untuk digunakan.

5. Finishing

meja lipat dinding

Jika kamu ingin tampilan meja lebih estetik, kamu bisa melakukan finishing setelah instalasi. Finishing juga berguna untuk membersihkan serpihan-serpihan kayu saat proses instalasi. Kamu bisa mengamplas meja lipat sampai halus menggunakan amplas atau sanding tool.

Untuk tampilan yang lebih menarik, kamu juga boleh mengecat meja lipat yang sudah halus tersebut. Siapkan cat dan kuasnya kemudian warnai meja sesuai dengan selara.

Cara membuat meja lipat dinding tidak sulit, bahkan kamu bisa menyelesaikan hanya dalam waktu beberapa jam saja. Untuk alat dan bahan juga bisa kamu dapatkan di toko bangunan atau toko material. Meja lipat dinding ini cocok untuk kamu yang tinggal di unit apartemen, karena selain menambah kesan elegan, bisa juga untuk menghemat penggunaan ruang.