01
Des

Cara Membuat Terrarium untuk Dekorasi Ruangan

Cara Membuat Terrarium untuk Dekorasi Ruangan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorTerrarium adalah media atau media tanam dalam botol, kaca, atau plastik transparan yang perawatannya begitu mudah. Jadi terrarium sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu untuk merawat taman, keterbatasan lahan, atau pun tidak memiliki bakat berkebun. Nah, daripada Anda membelinya dengan harga yang mahal, lebih baik Anda buat sendiri saja. Berikut ini cara membuat terrarium untuk dekorasi ruangan.

Alat dan Bahan Yang Digunakan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat-alat dan bahan terlebih dahulu. Bahan yang harus ada adalah media tanam yang banyak dijumpai di sekitarmu seperti kerikil, arang, pasir halus, sphagnum moss, zeolit, dan kompos. Jika kamu tidak mendapatkan di sekitar rumah, kamu bisa dapatkan bahan-bahan tersebut di toko-toko pertanian terdekat.

Alat-alat yang digunakan untuk membuat terarium adalah alat-alat yang mudah ditemukan, bahkan pastinya ada di rumahmu karena biasa digunakan untuk banyak keperluan di rumah. Kamu hanya membutuhkan alat- alat corong, sekop, garpu kecil, sumpit, alat pengeras media, spon, kain lap, gunting/cutter, sprayer, kertas koran bekas, ember kecil, dan beberapa aksesoris tambahan. Untuk pilihan aksesoris, kamu bisa pilih patung-patung kecil dari tanah liat, plastik, keramik, atau batu.

Sementara itu, siapkan juga wadah dari kaca yang digunakan untuk menempatkan bahan-bahan media tanam. Kamu bisa bebas memilih bentuk wadah kaca seperti bulat, silinder, kotak, dan lain sebagainya. Tapi, pastikan wadah kaca tersebut memenuhi beberapa syarat seperti kuat dan tembus pandang. Wadah kaca juga harus memiliki ukuran dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan tema sehingga memudahkan dalam penataan media tanam nantinya.

BACA JUGA  Inspirasi Dekorasi Rustic di 7 Ruangan

Tentukan Jenis dan Karakteristik Tanaman

Selanjutnya, kamu harus menentukan tanaman yang akan digunakan di dalam terrarium. Ada banyak tanaman yang bisa kamu pilih, namun tanaman tersebut harus memenuhi beberapa syarat seperti tahan terhadap cahaya, tahan terhadap kelembaban, berukuran kecil, dan memiliki fase pertumbuhan yang lambat. Kamu juga bisa menggabungkan beberapa tanaman dalam satu terrarium. Namun untuk menggabungkannya kamu harus memilih tanaman hias dengan daun yang bersifat perennial dan setiap tanaman harus bisa hidup pada ekosistem yang sama.

Kamu juga harus tahu karakter tanaman terhadap kebutuhan cahaya. Ada tanaman yang membutuhkan banyak cahaya, membutuhkan cahaya sedang, atau membutuhkan sedikit cahaya. Dengan mengetahui kebutuhan cahaya pada tanaman, maka kamu tidak akan salah menempatkan terrarium nantinya.

Misalnya, tanaman seperti bromelia, kaktus, dan zebrina merupakan tanaman yang membutuhkan banyak cahaya. Sedangkan, tanaman seperti Begonia, daun dolar, maranta, dan dracaena merupakan beberapa contoh tumbuhan yang membutuhkan cahaya sedang. Adapun tumbuhan Sri Gading, Suplir, dan Kalatea merupakan contoh tanaman yang cenderung membutuhkan sedikit cahaya.

Cara Membuat Terrarium

Setelah alat dan bahan tersedia dengan lengkap, maka sudah kamu sudah dipastikan siap untuk membuat terrarium. Cara membuat terrarium dengan Do It Yourself (DIY) bisa kamu lakukan hanya dengan tiga langkah sederhana, yaitu memasukkan media tanam, menanam tumbuhan, dan memasang aksesoris. Cara membuat terrarium lebih lengkapnya bisa kamu ikuti tutorial berikut ini.

1. Menyusun Media Tanam

Langkah pertama dalam cara membuat terarium adalah menyusun media tanam dalam wadah kaca. Kamu bisa segera menyiapkan wadah kaca dan meletakkan media tanam secara berurutan yaitu kerikil, sphagnum moss, arang, kompos, kemudian pasir/zeolit halus.

BACA JUGA  Tips Gaya Rumah Scandinavian Part 1

Pastikan bahwa ketinggian total dari media tanam adalah 7 cm sampai dengan 10 cm. Untuk meletakkan setiap media tanam, kamu bisa menggunakan bantuan alat corong dan sendok.

2. Menanam Tumbuhan

Jika media tanam sudah kamu tempatkan secara sempurna di dalam wadah kaca, maka langkah selanjutnya kamu bisa menanam tumbuhan yang telah disiapkan. Tumbuhan yang kamu pilih harus berdasarkan dengan tema dan kesesuaian dengan wadah yang digunakan.

Proses penanaman dapat dibantu dengan kawat penjepit atau sumpit. Ketika menata tanaman, kamu bisa melakukan sesuai dengan selera dan tidak ada aturan khusus. Tapi, usahakan tidak terlalu rapat dan banyak karena jumlah nutrisi yang tersedia di dalam wadah kaca sangat terbatas.

3. Memasang Aksesoris

Setelah proses penanaman selesai, langkah selanjutnya adalah memberikan aksesori sesuai dengan selera. Tapi, pastikan kamu tidak menggunakan banyak aksesoris karena akan bisa memberikan dampak negatif kepada tanaman di dalam wadah. Kamu bisa memasang zeolit, patung-patung kecil, atau pernak pernik kecil sesuai dengan selera.

Setelah semua tanaman dan aksesoris terpasang, maka kamu bisa melakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer. Penyiraman hanya dilakukan jika kamu mendapati media tanam tidak cukup lembab. Ketika menyiram, pastikan tidak sampai menggenangi lapisan teratas dari media tanam. Selanjutnya, wadah kaca yang tampak kotor bisa kamu bersihkan menggunakan kertas tisu atau kertas koran bekas.

Perawatan Terrarium

Setelah selesai membuat terrarium, maka terrarium sudah bisa kamu tempatkan di ruang tamu, kamar, atau ruang kerja. Tapi, tugasmu bukan berarti sudah selesai, karena kamu harus melakukan perawatan terhadap terrarium yang sudah kamu buat. Hal-hal yang harus kamu lakukan untuk merawat terrarium antara lain:

  • Melakukan penyiraman jika didapati media tanam sudah kering untuk menjaga kelembaban terrarium. Perhatikan pengaturan cahaya yang disesuaikan dengan jenis tanaman. Lakukan pemangkasan jika tanaman sudah mulai rimbun atau keluar dari wadah.
  • Membersihkan wadah kaca setelah melakukan penyiraman atau jika ada daun-daun kering yang berguguran. Perhatikan pengaturan suhu ruang tempat meletakkan terrarium. Lakukan pemupukan Pastikan tanaman di dalam terrarium bebas dari hama.
BACA JUGA  Cara Kreatif Menciptakan Perabotan Rumah

Punya Terrarium buatan sendiri untuk dekorasi pasti sangat menyenangkan. Ruangan akan tampak indah dan akan membuat kamu lebih rileks. Maka dari itu, kamu juga harus rutin melakukan perawatan terhadap terrarium yang sudah kamu buat.