28
Jan

Cara Memilih Lemari Laci Fungsional dan Cantik untuk Dekorasi Kamar

Cara Memilih Lemari Laci Fungsional dan Cantik untuk Dekorasi Kamar

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorLemari laci maupun laci bawah meja merupakan salah satu dekorasi ruangan paling multifungsi apalagi untuk kamar. Perabotan ini bisa memberikan sentuhan menarik dalam desain interior sekaligus menjadi solusi penyimpanan paling jitu. Ada banyak desain dan gaya untuk lemari laci yang ditawarkan di pasaran dalam berbagai ukuran. Di kamar, tuh, kamu bisa memakai perabot ini hanya untuk menyimpan baju, kain-kain keperluan kamar maupun rumah, serta bisa juga untuk menyimpan berbagai peralatan kerja, buku, atau barang lain. Berikut ini cara memilih lemari laci fungsional dan cantik untuk dekorasi kamar.

1. Ukuran

memilih lemari laci kamar - ukuran

Kalau kamarmu besar, nih, mungkin cukup gampang mencari lemari laci untuk kamar. Namun, kalau ukurannya cenderung sedang atau kecil, kamu harus hati-hati! Langkah pertama coba ukur luas ruangan terlebih dahulu. Lemari ini harus bisa ditempatkan di ruangan tanpa menghalangi barang maupun ruangan lain.

Perhatikan juga apakah kamu bisa berdiri di depan laci dengan nyaman saat membuka laci sepenuhnya. Kalau harus nyempil-nyempil, sih, berarti kurang space. Pastikan bahwa laci bisa dibuka dan tutup dengan mudah, bagus lagi kalau slidernya memiliki sistem yang memperlambat pergerakan agar tidak tertutup dengan suara keras.

Contoh dari pemilihan ukuran laci berdasarkan ukuran ruangan:

  • Ruangan kecil: lemari laci ukuran lebar 70cm x tinggi 90cm x kedalaman 35cm
  • Ruangan sedang : lemari laci ukuran lebar 90cm x tinggi 80cm x kedalaman 40cm
  • Ruangan besar: lemari laci ukuran lebar 120cm x tinggi 98cm x kedalaman 55cm

2. Kegunaan

Buy Argos Home Hallingford 4+4 Drawer Chest - Oak Effect | Chest of drawers | Argos

Kamu juga harus menentukan kegunaan dari lemari laci ini sebelum membelinya. Masing-masing bentuk dan gaya bisa saja memiliki fungsi berbeda. Untuk menyimpan pakaian dan aksesori, misalnya, kamu bisa pilih bentuk kabinet yang penuh laci. Sedangkan untuk TV dan dekorasi, tuh, bentuknya mungkin kombinasi laci dan rak. Beda lagi untuk meja kerja, ya, bentuknya kombo terdiri atas meja dan laci.

BACA JUGA  Bedakan Antara Kontraktor dengan Mandor

Kalau sudah kepikiran mau untuk apa, selanjutnya pikirkan juga di laci mana kamu ingin menyimpan barang tertentu. Contohnya untuk lemari laci pakaian, di manakah kamu mau menyimpan pakaian dalam dan kaus kaki? Untuk menyimpan jaket atau bedding, kan, kamu juga memerlukan space laci yang paling luas.

Sesudah itu pikirkan area penempatannya. Kalau di kamar mandi, sih, jangan pilih bahan yang mudah dihinggapi jamur. Kalau kamarmu sering dikunjungi anak kecil, tuh, sebaiknya hindari lemari laci dengan tepi yang runcing.

3. Material

memilih lemari laci kamar - bahan plastik

Material menjadi salah satu hal yang perlu dipikirkan saat mau membeli lemari laci. Kebanyakan, tuh, lemari terbuat dari plastik dan kayu, namun laci yang baik terbuat dari material yang berkualitas dan tahan lama.

Lemari plastik memiliki berat yang ringan dan harganya relatif lebih murah. Penampilannya kurang bagus, sih, namun sangat mudah dipindah-pindah dan tahan lama. Bahan particle board juga bisa dipertimbangkan karena mudah dirawat dan warnanya beragam. Tampilannya memang tidak mewah namun lebih cantik dari plastik dan lebih murah dari kayu biasa. Namun, lapisan lemarinya mudah terkelupas sementara bahannya sendiri tidak begitu kokoh.

memilih lemari laci kamar- kayu skandinavia

Material kayu juga masih jadi pilihan banyak orang, terutama jati, mahoni, dan pinus. Mahoni bisa jadi pilihan kayu yang kuat dengan warna lebih lembut dibanding jati, namun harganya cukup mahal. Uniknya, sih, semakin lama kayu mahoni digunakan maka penampilannya makin indah. Di sisi lain kamu harus mau merawatnya menggunakan cairan khusus.

Kalau kamu mau beli untuk jangka panjang, nih, beli saja yang terbuat dari mahoni atau jati.

4. Bentuk dari lemari laci

Bourbon Vintage Wide Chest Of Drawers, Grey | MADE.com

Biasanya laci lemari memiliki setidaknya 3 laci. Namun, ada pula beberapa ukuran di pasaran yang lacinya lebar dengan 2 laci dalam satu baris maupun 3 laci dalam satu baris. Biasanya, tuh, laci paling atas lebih dangkal dibanding laci lainnya, sementara laci paling bawah paling dalam. Maka dari itu, laci bawah biasa digunakan untuk menyimpan jaket atau seprei dan selimut.

BACA JUGA  Desain Interior Rumah Vintage Dengan Gaya Modern