20
Jan

Cara Memilih Ukuran Tangki Penampung Air

Cara Memilih Ukuran Tangki Penampung Air

AIK – Toren atau tangki air, atau tandon memiliki ukuran yang berbeda-beda, ada yang kecil, sedang, atau besar. Penggunaan toren di rumah Anda juga harus dengan perhitungan ya, tak hanya asal beli  saja. Jika keluarga kalian banyak percuma saja kan kalau kalian memilih tandon yang kecil, maka akan boros listrik juga. Berikut cara memilih ukuran tangki penampung air.

Cara Menghitung

Penggunaan × Banyak Pengguna= KAPASITAS

Keterangan:
Kapasitas : Besar volume tandon air yang dapat menampung air satuan liter
Penggunaan: Jumlah pengguna air bersih per1 hari
Banyak Pengguna: Jumlah pengguna air bersih dalam 1 hari.

Contoh Perhitungan:

250 Liter x 4 Penghuni = 1.000 liter

Kami akan membuat contoh kasus untuk manghitung kapasitas tandon air yang dapat mensuplai kebutuhan rumah tangga dengan penghuni sebanyak 4 orang. kebutuhan air per orang rumah tersebut perkiraan adalah 250 liter dalam 1 hari. Maka dapat dihitung kebutuhan air untuk semua penghuni rumah tangga tersebut sebagai berikut: Kapasitas tangki = 250 liter x 4 orang = 1.000 liter/hari. Jadi dapat di simpulkan untuk sebuah rumah mewah dengan jumlah penghuni 4 orang, dapat menggunakan tandon air yang berkapasitas minimal 1000 Liter.

Contoh perhitungan untuk menentukan ukuran tandon air untuk mensuplai kebutuhan rumah tangga di atas adalah gambaran kasar dan banyak angka yang dibulatkan. Namun pada prakteknya kebutuhan stiap orang akan air bersih berbeda-beda. Namun rumus di atas benar-benar bisa digunakan untuk memilih ukuran tandon air untuk rumah tangga yang tepat. Jadi anda bisa mengira-ngira sendiri berapa liter per hari kebutuhan keluarga anda.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan ukuran tandon air untuk rumah tangga

Ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan sebelum anda membeli tandon air untuk rumah tangga. Sebagai pembeli anda harus kritis untuk menyeleksi produk tersebut dan lebih dalam menggali informasi yang berhubungan dengan produk yang anda beli. Mengapa kami menganggap hal ini penting?. Karena pada dasarnya orang akan menentukan tandon air yang akan dibeli berdasarkan informasi yang didapat dari orang maupun internet. Kemudian untuk memilih ukuran tandon air yang sesuai untuk mensuplai kebutuhan anda. Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

TIPS MEMILIH UKURAN TANDON AIR PALING TEPAT

1.Jumlah pemakai

Dalam memilih ukuran tandon air yang anda beli, anda perlu memperhatikan jumlah atau banyak pemakai di rumah anda. Karena jumlah orang di dalam rumah anda berbanding lurus dengan pemakaian air bersih, semakin banyak orang maka semakin besar pula jumlah pemakaiannya.

2. Estimasi pemakaian

Kemudian faktor yang kedua adalah estimasi pemakaian air bersih di rumah anda. Jadi sebelum anda menentukan ukuran tandon air rumah tangga anda. Alangkah lebih baiknya jika anda mengestimasi penggunaan air bersih di dalam rumah tangga anda.

3. Kualitas tandon

Memang banyak sekali tandon air yang sudah beredar di pasaran Indonesia dari berbagai macam merk. Jika anda bingung dalam memilihnya, tentu pasti akan kebingunan untuk menentukan mana merk tandon air yang bagus atau sebaliknya. Solusinya adalah anda banyak mencari tahu baik dari internet atau dari yg lainnya. Kualitas tandon sangat sangat penting untuk diperhatikan tujuannya agar awet dan tahan lama

4. Harga

Kemudian yang perlu diperhatikan dalam menentukan ukuran tandon adalah harga. Seperti yang kami sebutkan di atas, ukuran tandon air berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Semakin besar ukuran tandon air, maka semakin mahal pula harganya.

5. Ukuran

Perlu diperhatikan kalau ukuran tangki memiliki luas area yang cukup untuk dipasang, karena tiap tangki memiliki dimensi yang berbeda-beda. Beberapa tangki melebar dimensinya, dan beberapa tinggi memanjang ke atas.

Itulah beberapa cara untuk menentukan ukuran tangki yang bisa Anda gunakan, semoga bermanfaat :))