11
Des

Cara Mendesain Rumah Dengan Konsep American Styles

Cara Mendesain Rumah Dengan Konsep American Styles

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorPernah mendengar konsep rumah dengan desain American Style? Yakni sebuah desain rumah bergaya simple dengan penggunaan bahan material alami, tanpa banyak ukiran dan detail. Konsep rumah ini juga identik dengan warna soft seperti abu-abu ataupun pastel. American Style pun kerap dianggap mencerminkan kemewahan dan elegan seperti gaya klasik, hanya saja lebih low maintenance dan sangat fleksibel. Artinya, interior American Style mudah dipadukan dengan gaya berbeda dan justru bisa memberikan tampilan ruang yang berkarakter. Konsep ini lebih mengacu pada ciri pedesaan, alami, dan country Amerika.

Keanggunan Pola Simetris

Salah satu ciri yang sangat terlihat pada rumah yang mengambil konsep american styles tentunya adalah adanya keteraturan yang simetris baik pada eksterior maupun interiornya. Pada umumnya bentuk rumah dengan konsep american styles ini berbentuk sebuah kotak yang mana akan dibagi-bagi menjadi beberapa ruangan di dalamnya. Jika dilihat sekilas saja maka akan tampak sekali ciri menonjol pada rumah american styles ini melalui tampilannya dari luar.

Pada bagian eksterior depan sudah sangat terlihat bagaimana ciri khas pola simetris rumah bergaya american styles ini yang tercermin melalui pintu depan rumah. Biasanya pintu rumah memang akan selalu terletak di bagian tengah-tengah, dengan beberapa jendela di sampingnya yang tersusun rapi dimana menambah kesan estetika keindahan pola simetrisnya. Di bagian depan rumah juga biasanya terdapat sebuah taman yang merefleksikan sebuah kesan natural yang akan terhubung langsung dengan pintu depan melalui sebuah tangga.

Pada american styles sendiri, seringkali terdapat bagian terbuka yang bisa berada di depan maupun belakang rumah yang dikhusukan untuk menjamu tamu yang datang. Namun hal ini tidak mutlak untuk dilakukan dan bisa anda abaikan jika memang terkendala oleh luas bangunan yang anda miliki.

BACA JUGA  Apa Bedanya Membuat Playground Taman dan di Dalam Interior?

Bentuk Atap Yang Khas

Kemudian ciri yang menonjol lainnya pada rumah dengan konsep american styles ini adalah atapnya yang berbentuk pelana. Jika dilihat sekilas memang akan terlihat mirip dengan atap yang ada pada rumah di Indonesia pada umumnya, namun akan terlihat menonjol jika kita membandingkannya dengan bentuk rumah modern yang ada sekarang ini.

Atap pada rumah american styles pada umumnya berada persis di tengah-tengah, sesuai dengan ciri simetris yang diusungnya, yang terpusat pada atap pintu rumah. Atap ini jelas menjadi sebuah tampilan visual yang manis untuk melengkapi bentuk kotak dari bangunan rumah bergaya american ini.

Jika memang anda akan menerapkan konsep american styles ini pada rumah hunian anda, maka nantinya rumah anda akan memiliki sebuah keserasian dengan lingkungan sekitar melalui tampilan visual yang terdapat pada atap rumah anda. Dengan bentuknya yang menyerupai tampilan rumah di negara ini pada umumnya. Maka rumah anda akan terlihat membaur sempurna dengan rumah di sekeliling anda, namun akan tetap memberikan kesan keindahan tersendiri melalui wujud kesederhanaan yang mewah pada tampilan simetris yang menawan.

Keunikan Jendela American Styles

Jika anda sudah terbiasa melihat tampilan rumah bergaya american styles, maka pastinya anda tahu ciri khas atau keunikan dari rumah bergaya elegan ini. Benar, ciri keunikan tersebut jelas nampak melalui bagian jendelanya yang terlihat sangat menonjol dari luar. Pada rumah bergaya american hampir pasti ditemukan adanya sebuah jendela yang berada tepat diatas pintu depan atau pintu utama. Letaknya yang tepat berada diatas jelas semakin menguatkan aspek simetris yang ditonjolkan gaya ini. Jendela pada atas pintu utama yang biasanya disebut dengan fanlight ini biasanya memiliki desain ukiran yang indah dan juga rumit yang mengitari di sekelilingnya.

BACA JUGA  Agar Kayu Kusen Awet

Kemudian untuk mendapatkan tampilan american styles pada rumah hunian anda secara sempurna. Maka anda perlu memasang banyak jendela pada rumah anda. Ini dikarenakan pada gaya american styles ini memang bercirikan sebuah rumah dengan cukup banyak jendela. Biasanya rumah bergaya american ini memiliki enam jendela per lantai dan memiliki lebih dari dua jendela dengan ukuran besar. Jangan lupa untuk mengaturnya secara simetris tentunya.

Untuk jenis jendela tersebut, anda bisa memilih jendela yang berbentuk kaca pada bagian tengah dan bagian yang diapit oleh sepasang ‘penangkap’ cahaya berbentuk kaca pada bagian samping yang dinamakan juga jendela Palladian. Atau anda bisa juga memakai jendela elips, jendela kecil yang berbentuk setengah lingkaran, dan jendela bulat.

Interior Yang Menawan

Kemudian yang terakhir kita berlanjut pada sisi interiornya. Ada dua ciri khas pada sisi interior yang biasanya terdapat pada rumah bergaya american ini. Yang pertama yaitu adanya penekanan melalui salah satu material yang dipakai, misalnya batu bata. Batu bata ini akan nampak dibiarkan tampilan aslinya, atau yang disebut juga bata expose. Anda bisa menerapkan bata expose ini pada bagian dalam rumah, atau bisa juga anda terapkan pada sisi eksterior. Namun ada baiknya anda memilih salah satu saja. Jika sudah anda terapkan pada bagian luar rumah maka tidak perlu anda terapkan lagi untuk bagian interior.

Kemudian ciri khas berikutnya dari american styles yaitu adanya dekorasi horizontal yang berkarakter. Ini bisa anda aplikasikan melalui lis plafon atau cornice dengan bentuk ukiran yang indah. Lis plafon atau cornice ini bisa anda terapkan sebagai hiasan horizontal yang menandai elemen bangunan. Misalnya pada tiang, dinding, maupun jendela rumah.

BACA JUGA  Tanaman Rumah Part 3