05
Jan

Cara Menentukan Letak Kitchen Sink yang Tepat dan Cara Memilihnya

Cara Menentukan Letak Kitchen Sink yang Tepat dan Cara Memilihnya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorKitchen sink menjadi wajib kehadirannya dalam desain interior ruang dapur. Tentunya dapur menjadi ruang paling penting pada setiap rumah. Namun, terlepas dari itu dapur tetaplah salah satu ruang yang memerlukan perhatian lebih. Ya, salah satunya keberadaan kitchen sink. Di mana kitchen sink atau sering disebut dengan bak cucian piring merupakan komponen wajib yang ada di dapur. Pada umumnya kehadirannya untuk mencuci peralatan dapur maupun membersihkan sayur dan buah. Adanya kitchen sink membuat tampilan dapur lebih modern dan rapi.

Letak Kitchen Sink yang Ideal

Pastikan layout dari wastafel mendapatkan cahaya alami serta sirkulasi udara yang lancar. Ini berguna untuk membuat peralatan memasak menjadi lebih cepat kering setelah dicuci. Penempatan yang paling ideal adalah dekat dengan jendela atau ventilasi udara.

Letak Kitchen Sink yang Ideal

Karena menjadi bagian yang paling sering digunakan, wastafel harus mudah dijangkau di antara kulkas dan area memasak, untuk mendapatkan efisiensi yang maksimum. Sediakan area di dan sekitar wastafel untuk digunakan sebagai tempat mempersiapkan makanan, seperti membersihkan, memotong, dan mencuci bahan makanan.

Lengkapi pula wastafel dengan menambahkan tempat sampah dan kontainer yang diletakkan secara strategis sehingga kamu pun bisa membuang sisa makanan secara langsung saat mencuci piring. Kamu juga bisa menempatkan perlengkapan yang melibatkan pengelolaan sampah dan pembersih lantai atau sabun cuci piring di dekat wastafel.

Tempatkan talenan dan pisau di posisi tengah antara wastafel dan kulkas, sehingga kamu bisa dengan mudah mengakses item dari kulkas, untuk kemudian memotong seperlunya dan membuang sisa-sisanya ke area wastafel atau wadah sampah.

BACA JUGA  5 poin Penting Rumah Low Budget
letak wastafel

Kamu juga bisa menempatkan wastafel dekat dengan lemari penyimpanan gelas. Hal ini untuk memudahkan kamu saat akan menyimpan kembali gelas yang sudah dicuci. Sebab, gelas merupakan barang yang paling sering digunakan dibandingkan piring atau yang lainnya.

Intinya, saat mengatur dapur, carilah cara yang paling baik untuk menyimpan barang-barang yang berhubungan satu sama lain, misalnya mug di dekat mesin pembuat kopi, wajan di dekat kompor, dan sebagainya.

Cara tepat memilih kitchen sink

Selain mengetahui letak kitchen sink yang tepat, kamu juga perlu tahu nih bagaimana cara memilih kitchen sink yang terbaik agar bisa tahan lama. Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pilih material yang tepat

Pilih material yang tepat

Aktivitas mencuci piring dan sayuran mengharuskan wastafel terbuat dari material yang tahan terhadap panas dan juga air. Sehingga, sebelum membeli pastikan wastafel yang dipilih sudah diberi finishing untuk melindungi material aslinya. Salah satu material yang paling umum dan aman digunakan adalah dari stainless steel yang anti karat. Stainless steel tergolong lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Selain itu, kamu juga bisa memilih material yang kuat dan tidak mudah berkarat.

2. Ketebalan kitchen sink

Ketebalan kitchen sink

Pilih bak cuci piring yang tebal sehingga mampu menampung banyak beban peralatan memasak secara lebih maksimal. Biasanya bentuk wadah cuci piring memiliki kedalaman rata-rata sekitar antara 20 cm hingga 25 cm.

3. Pilih tipe kitchen sink

Bak pencuci piring ini pun terbagi menjadi beberapa macam tergantung pada jumlah basinnya. Nah, kamu bisa menyesuaikan tipe yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Secara umum ada tiga tipe basin, yaitu bak tunggal (single basin), bak ganda (double basin), dan bak triple (triple basin).

BACA JUGA  Cara Membangun Rumah dengan Minim Budget
Pilih tipe kitchen sink

Seperti namanya, bak tunggal hanya memiliki sebuah basin. Sementara itu, bak ganda memiliki dua bak pencuci yang bisa digunakan untuk menyiapkan, mengeringkan dan mencuci piring. Sedangkan bak triple memiliki 2 basin berukuran besar dan 1 basin dengan ukuran kecil. Triple basin biasanya lebih sering diaplikasikan pada desain interior dapur yang besar.

Selain dari material dan tipenya, kamu juga perlu menyesuaikan ukuran bak pencuci piring yang akan dipakai dengan ukuran dapur di hunian. Ini penting guna menghemat tempat dan menciptakan tampilan dapur yang lebih proporsional.