05
Jan

Cara Menghangatkan Rumah yang Dingin Secara Alami

Cara Menghangatkan Rumah yang Dingin Secara Alami

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorUdara di sejumlah daerah Indonesia sedang dingin-dinginnya. Tak heran, orang kini mencari cara menghangatkan ruangan agar tetap kondusif di rumah. Ya, apalagi sekarang suhu udara di sejumlah kawasan Indonesia sedang berada di titik rendah. Menurut BMKG, fenomena ini terjadi lantaran tekanan udara di Australia lebih tinggi ketimbang Indonesia. Mengingat tetanggaan, otomatis kondisi ini berpengaruh pada negara kita. Salah satu cara menghangatkan ruangan adalah menggunakan pemanas.

Cara Menghangatkan Rumah yang Dingin Tanpa Pemanas Ruangan

1. Tutup Semua Celah di Jendela

Cara menghangatkan ruangan yang lembab ternyata tak hanya cukup dengan menutup jendela. Tutup juga semua celah serta lubang-lubang kecil yang ada. Celah ini masih memungkinkan udara dingin dari luar rumah masuk dan membuat kita menggigil. Jika diperlukan, tambal lubang-lubang ini menggunakan lilin ataupun lem.

Walau kelihatannya sederhana, namun cara ini terbukti bisa membantu untuk menghalau udara dingin masuk ke dalam rumah. Apalagi di musim hujan di mana bukan hanya air yang memukul-mukul jendela, namun juga hembusan udara dingin dari luar rumah. Memastikan rumah tertutup rapat tanpa ada celah yang memungkinkan udara masuk akan memberi kehangatan tersendiri.

2. Lapisi Lantai Menggunakan Karpet

ruang tamu dengan tv, ruang tamu menyatu dengan ruang dengan tv, ruang tv minimalis sederhana

Walau tiap celah serta lubang telah tertutup, namun nyatanya suhu dingin bisa tertinggal pada lantai. Sebaliknya, suhu panas akan menghilang dari lantai rumah. Ini akan membuat kaki kita terasa dingin saat menyentuh lantai, bahkan walaupun rumah telah dalam keadaan tertutup rapat.

Solusi dari masalah ini adalah dengan memasang karpet pada lantai. Ada banyak ragam karpet yang untuk rumah minimalis Anda. Selain untuk memperindah interior, karpet juga dapat menjadi pelapis lantai untuk mengurangi hawa dingin . Pemasangan karpet akan dapat mencegah menghilangnya udara hangat dari rumah.

BACA JUGA  Jasa Penyedia Kontraktor Terpercaya

3. Ubah Arah Kipas Angin

Kipas angin yang dimaksud di sini bukanlah kipas angin sebagai pendingin ruangan, melainkan kipas angin ventilasi. Tujuan dari pemasangan kipas angin ventilasi ini adalah agar udara panas keluar dari dalam rumah. Namun, saat musim hujan datang, ubahlah agar arah kipas angin ini searah jarum jam.

Gerakan asli dari kipas angin ventilasi ini sendiri adalah berlawanan arah jarum jam. Namun apabila dibalik, maka fungsinya akan bergeser dari mengeluarkan udara panas dari rumah menjadi mengalirkan udara hangat yang berasal dari langit-langit. Alhasil, kita akan mendapat udara hangat dan rumah yang dingin bisa semakin naik suhunya. Ini bisa jadi pemanas ruangan tradisional.

4. Investasi Selimut

Kehangatan bisa datang salah satunya dari selimut yang paling baik. Harga tentu akan berbanding lurus dengan kualitas sehingga jangan ragu untuk menginvestasikan uang demi membeli selimut kualitas terbaik. Selimut dengan kualitas bagus ini tentu akan lebih bisa menghangatkan pada saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

Selimut mungkin tidak terpikirkan oleh kita sebagai salah satu cara agar ruangan hangat, terutama karena selimut lebih kepada penghangat badan daripada penghangat ruangan. Namun pada malam hari, selimut akan lebih dibutuhkan supaya badan kita tetap hangat dan nyaman. Dengan demikian, kita bisa beristirahat dengan lebih tenang dan tidak terganggu hawa dingin.

Jika pada pintu atau jendela rumah masih ditemukan adanya celah atau lubang kecil yang membuat udara dingin masuk, maka selimut akan tetap menghangatkan badan. Pilih selimut yang lembut dan ketebalannya pas agar bisa membuat tubuh terasa nyaman saat udara dingin masuk dalam rumah. Ukuran selimut juga sebaiknya pas agar seluruh badan dapat tertutup dengan rapat.

BACA JUGA  4 Manfaat Kelambu Nyamuk Yang Akan Didapat Rumah Minimalis Anda

5. Tutup Pintu Dengan Rapat

Selain menutup jendela dengan rapat, pintu juga harus ditutup rapat-rapat. Celah di bawah pintu bisa jadi akan menjadi jalan masuk bagi hawa dingin. Kita bisa mengakalinya dengan meletakkan pengganjal pada celah pintu. Pengganjal ini bisa berupa keset ataupun kain lap yang tebal lalu diletakkan di bawah pintu.

Pengganjal pintu ini tak sekedar untuk menghalau udara dingin masuk dalam rumah, namun juga menghalau binatang-binatang kecil yang dapat masuk ke dalam rumah. Apalagi pada musim hujan di mana hujan lebat yang turun akan turut menggiring hewan-hewan kecil masuk ke dalam rumah. Pengganjal pintu akan memastikan hewan-hewan tersebut tidak sampai memasuki rumah kita.

6. Pastikan Atap Rumah Rapat

jenis jenis genting, jenis jenis genteng, jenis jenis genteng rumah, Jenis atap rumah yang kuat, bahan atap rumah yang kuat, jenis bentuk atap

Udara dingin tak hanya bisa masuk lewat jendela atau pintu, namun juga atap. Bahkan, atap yang bocor juga dapat membuat tetesan air merembes masuk. Pastikan atap telah tertutup rapat dan tak ada kebocoran yang bisa jadi jalan masuk udara dingin maupun tetesan air hujan.

Cek secara berkala kondisi atap rumah. Kebocoran yang ada walau sekecil apapun harus segera ditangani agar tak merugikan atau bahkan membahayakan saat musim hujan datang. Tambal bagian atap yang bocor serta pastikan tambalannya bisa mencegah kebocoran terulang lagi.

Jika diperlukan, kita juga dapat menggunakan alat pemanas ruangan atau mencari cara buat pemanas ruangan sederhana. Apalagi jika kita sudah tidak tahan lagi dengan udara dingin dalam rumah serta semua cara di atas tetap tak bekerja dalam menghalau udara dingin. Pemanas ruangan akan dapat menghangatkan rumah dengan mudah dan cepat.