30
Agu

Cara Pemasangan Keramik Pada Bangunan

Salam sejahtera…

Siap bantu untuk jasa desain bangunan baik eksterior maupn interior, Gambar 3D, RAB, Hingga pembangunan fisik baru maupun renovasi hub kami…

Kali ini kita akan bahas tentang Cara Pemasangan Keramik Pada Bangunan. Ada yang sudah tau tentang Keramik? Ingin tau..? Simak artikel berikut…

Pengertian Keramik

Keramik yaitu suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar seperti Gerabah, Genteng, Porselin dan lain sebagainya. Namun tidak semua keramik terbuat dari tanah liat.

Adapun bahan keramik yakni SiO2, AI2O3, CaO, MgO, K2O, Na2O. Dapat dilihat dari unsur-unsur tersebut terdapat dua paduan antara logam dan non logam. Sehingga keramik juga dapat diartikan sebagai bahan padat anorganik yang merupakan paduan dari unsur logam dan juga non logam.

Kali ini kita akan bahas Cara Pemasangan Keramik Pada Bangunan, Sebagai berikut…

Bagian pertama yang harus di lakikan yaitu rendam keramik di dalam air. Hal ini dapat membuat keramik menjadi lebih elastis dan lebih mudah menempel saat pemasangan. Nat keramik harus dipasang longgar karena masing-masing keramik memiliki selisih 0,2-0,5 mm sehingga tidak saling bertubrukan. Oleskan adonan semen. Oleskan semen yang sudah dicampur sedikit air ke bawah keramik, untuk membuat daya rekat keramik ke adukan benar-benar lengket.

Bersihkan dari kerikil. Adukan dan dasar lantai yang akan dipasang harus bersih dari Kerikil, Batu, atau Ganjalan lainnya. Padatkan secara rata. Ketuk keramik yang baru dipasang dan pastikan tidak ada rongga dibagian dasarnya karena dapat membuat keramik lepas di kemudian hari. Periksa ketinggian keramik, Apakah sudah sama rata dengan benang yang ditarik untuk menentukan ketinggian lantai. Nat keramik dipasang belakangan. Jangan pasang nat pada sisi keramik saat itu juga. Biarkan selama 2 atau 3 hari, Agar sisa udara yang mengendap dapat keluar melalui nat yang belum ditutup. Jangan diinjak-injak. Amankan area keramik yang baru dipasang dari lalu lalang orang selama 2-3 hari. Periksa kembali. Dalam sebuah areal pemasangan biasanya terdapat beberapa keramik yang kopong. Segera bongkar dan ulangi pemasangannya.