18
Nov

Cara Tepat Merawat Furnitur Kayu

Cara Tepat Merawat Furnitur Kayu

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMaterial kayu masih menjadi salah satu material pilihan tahun 2018. Jika Anda sedang mempertimbangkan renovasi rumah atau kantor, furnitur kayu dengan gaya klasik yang elegan patut menjadi salah satu pertimbangan Anda saat mengisi ruang. Material kayu kerap kali menjadi favorit para designer interor. Mereka biasa memasukkan unsur kayu ke dalam berbagai tema untuk mengangkat kesan natural dan kembali ke alam. Terlebih untuk wilayah Indonesia yang terkenal dengan hutan hujan tropis dengan aneka jenis pepohonan.

Faktor Penyebab Kerusakan Furnitur Kayu

Kerusakan pada furnitur kayu sebenarnya merupakan “preventable damage” atau sesuatu yang bisa dicegah, apabila furnitur tersebut dirawat dan ditangani dengan baik. Beberapa preventable damage pada umumnya timbul karena disebabkan oleh tiga hal. Pertama, adanya pengaruh lingkungan sekitar furnitur yang tidak dikontrol dengan baik. Kedua, kesalahan pada cara perawatan dan pemindahan/handling furnitur kayu, dan ketiga yaitu proses pengemasan dan transportasi furnitur kayu yang tidak tepat. Aspek ketiga atau terakhir, yaitu pengemasan dan transportasi, merupakan aspek yang menjadi tanggung jawab dari produsen/penjual furnitur dan sulit untuk dapat kita kontrol atau cegah. Namun kita dapat melakukan sesuatu untuk mengontrol aspek pertama dan kedua.

 A. Faktor Lingkungan

Lingkungan sekitar furnitur kayu membawa pengaruh yang cukup besar pada kondisi furnitur. Tidak ada kondisi iklim dan lingkungan yang benar-benar sempurna untuk meletakkan furnitur kayu, namun kita dapat membuat kondisi lingkungan yang optimal agar furnitur tersebut  dapat bertahan lama. Misalnya, memilih furnitur berbahan Kayu Jati untuk diletakkan di luar ruangan atau outdoor, karena sifatnya yang lebih tahan air dibandingkan dengan jenis kayu lain. Kita juga bisa memilih plywood sebagai material flooring karena lebih kuat, dan lain sebagainya.  Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasi penempatan furnitur kayu, diantaranya kondisi cahaya, kelembaban, dan keberadaan hewan-hewan pemakan/perusak furnitur kayu, karena hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang selalu ada di sekitar kita dan tidak bisa kita hindari, namun kita dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kontak antara furnitur kayu yang kita miliki dengan hal-hal tersebut, dengan beberapa cara berikut:

  1. Tidak menempatkan furnitur kayu di tempat yang terkena sinar matahari langsung dengan intensitas tinggi.
  2. Menjaga kelembaban di rumah/tempat kerja kita pada level normal dan menyesuaikan dengan jenis kayu yang kita miliki.
  3. Menjaga kebersihan ruangan supaya tidak mengundang hewan-hewan yang tidak diinginkan.
  4. Memberi finishing anti rayap pada furnitur, dan lain-lain.
 Furnitur Kayu Sebaiknya Tidak Diletakkan di Area yang Terkena Sorotan Sinar Matahari Langsung - sumber : Narasi Design

B.  Cara Merawat

Setelah kita memastikan kondisi lingkungan sekitar furnitur kayu sudah berada pada level optimal dan aman, selanjutnya kita juga sebaiknya mengetahui cara merawat dan cara handling furnitur kayu yang tepat. Ada banyak kerusakan pada furnitur kayu yang disebabkan oleh kesalahan kita dalam melakukan hal-hal sederhana, misalnya saja menaruh makanan/minuman panas pada permukaan furnitur, menumpahkan hal-hal yang dapat meninggalkan noda pada furnitur, duduk bukan pada furnitur yang seharusnya, dan sebagainya. Kesalahan-kesalahan tersebut sebenarnya dapat kita hindari dengan mengetahui sifat-sifat dasar furnitur kayu, diantaranya:

  1. Tidak menaruh makanan/minuman panas langsung pada furnitur karena dapat menyebabkan finishing pada kayu meleleh dan memudarkan finishing pada furnitur.
  2. Menempatkan/memindahkan furnitur dengan hati-hati untuk menghindari goresan-goresan pada permukaan furnitur.
  3. Memindahkan furnitur dengan berpegangan pada titik terkuatnya agar furnitur tidak saling terlepas.
  4. Memberi alas pada furnitur, dan lain sebagainya.
 Tidak Menaruh Makanan/Minuman yang Panas pada Furnitur Kayu agar Tidak Menimbulkan Kerusakan pada Finishing - sumber : www.unsplash.com

C. Cara Membersihkan

Selain cara merawat, cara membersihkan furnitur kayu juga penting untuk diketahui agar kita terhindar dari bermacam-macam “ketidaksengajaan” yang berdampak buruk pada furnitur kayu kita. Masing-masing jenis kayu dan jenis furnitur memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga cara membersihkannya pun berbeda. Contohnya saja, Meja kayu Jepara harus lebih sering diperhatikan kebersihannya dibandingkan meja kayu dari Particle Board, Plywood ataupun MDF, karena debu yang ada di sela-sela ukiran Meja Jepara biasanya lebih mudah “terlewatkan” oleh kita dibandingkan dengan debu yang ada di permukaan meja Particle Board, Plywood dan MDF yang relatif polos.

Meski begitu, umumnya membersihkan furnitur kayu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dusting dan juga membersihkan dengan air/cairan tertentu apabila dibutuhkan. Dusting, atau pembersihan debu, harus sering dilakukan agar debu tidak menumpuk dan berpotensi menimbulkan goresan halus pada permukaan furnitur. Dusting dilakukan dengan kemoceng yang halus dan sedikit lembab agar debu dapat menempel pada kemoceng dan tidak kembali lagi ke permukaan furnitur.

 Gunakan Kemoceng yang Halus untuk Membersihkan Debu dari Furnitur - sumber : www.speedcleening.com

Apabila terdapat noda atau jamur pada furnitur kayu, maka kita harus membersihkannya dengan air ataupun cairan pembersih khusus. Untuk pengerjaannya, gunakan kain yang halus seperti wool ataupun microfiber agar tidak menimbulkan goresan, dan peras kain sampai nyaris kering sebelum mengelap furnitur kayu. Setelah dibersihkan, alangkah baiknya apabila furnitur kayu juga diberi wax agar lebih tahan lama.

 Furnitur juga Dapat Dibersihkan dengan Air/Cairan Pembersih Khusus dan Lap yang Lembut - sumber : www.earlyexperts.net

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat furnitur kayu agar tetap bersih dan tahan lama. Namun semua itu tidak menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan, bukan? Apabila Anda telaten dalam menjaga kebersihan furnitur, pasti furnitur Anda akan tampak cantik, terawat, dan dapat bertahan lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!