23
Jan

Contek Gaya Desain Interior Khas 70-an Ini & Terapkan di Rumahmu

Contek Gaya Desain Interior Khas 70-an Ini & Terapkan di Rumahmu

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorGaya artsy bernuansa jadul alias tempo dulu kini mulai kembali diminati dalam desain interior. Salah satunya adalah gaya desain retro. Meskipun sama-sama identik dengan interior bergaya jadul, gaya retro berbeda dengan gaya desain vintage yang berkembang dan menjadi trend jauh lebih dulu sebelum desain retro di era 1920-an hingga pertengahan 1960-an. Desain retro baru mulai meramaikan jagad dunia interior pada era 1960-an hingga awal 1990-an. Namun, perkembangan desain retro sendiri sebenarnya telah tumbuh sejak awal tahun 1900-an. Setiap era dan dekade, desain retro mendapatkan pengaruh dari perkembangan industri lainnya. Namun banyak juga orang yang menerapkan desain gaya tahun 1970-an. Yuk contek gaya desain interior khas 70-an ini & terapkan di rumahmu.

Karpet Shag

Karpet menjadi elemen pertama sekaligus dekorasi rumah termudah yang bisa kamu gunakan untuk mendukung gaya desain interior 70-an. Karpet yang sebaiknya kamu pilih adalah karpet shag, dengan aksen tassel di pinggir-pinggirnya. Menggunakan karpet shag dapat membuat ruanganmu seketika berubah menjadi nampak lebih hippies.

Selain menjadikannya sebagai elemen dekorasi rumah, karpet shag juga bisa kamu gunakan untuk menambah tekstur di ruanganmu. Beberapa jenis material karpet yang bisa kamu pilih untuk menghadirkan kesan desain interior 70-an antara lain material polyester dan bulu sintetis.

Kursi Gantung

Hal kedua yang bisa kamu letakkan di rumah untuk mendukung gaya desain interior khas tahun 70-an adalah kursi gantung. Belakangan ini kursi gantung, terutama yang bermaterial rotan, mulai sering ditemukan pada rumah-rumah bergaya rustic atau shabby chic. Bukan hanya sebagai hiasan saja, kursi gantung juga bisa kamu gunakan untuk menggantikan fungsi kursi santai. Kamu bisa meletakkan kursi gantung di teras depan atau teras belakang rumahmu.

BACA JUGA  Rumah Anti Gempa Part 1

Ingin coba sesuatu yang lebih berani? Kamu bisa meletakkan kursi gantung di ruang tamu! Pilihlah kursi gantung dengan ukuran yang sesuai dengan luas ruang tamu di rumahmu. Tambahkan bantal hias atau selimut bulu agar tampilannya nampak lebih chic dan nyaman.

Furnitur Rotan

Siapa sangka, ternyata di tahun 1970-an furnitur bermaterial rotan sangat populer, lho! Nyatanya, furnitur rotan memang dapat memberikan suasana santai nan trendi pada ruangan. Itulah mengapa furnitur rotan kini seperti menemukan kembali masa kejayaannya.

Kamu bisa meletakkan beberapa furnitur rotan seperti meja samping, kursi santai, ataupun rak buku untuk semakin menegaskan gaya desain interior 70-an di rumahmu. Alih-alih membuat ruanganmu nampak kuno, kehadiran furnitur rotan justru membawa nuansa Bohemian yang unik!

Dekorasi Dinding

Macrame adalah seni dekorasi dinding yang sebenarnya sudah ada sejak zaman kuno, tapi seni ini menjadi semakin populer pada tahun 1970-an. Hampir mirip dengan anyaman, macrame dibuat dari beberapa serat tanaman yang diikat dan disatukan. Beberapa spot di dinding rumahmu bisa kamu dekorasi dengan macrame, seperti dinding lorong masuk rumah, dinding ruang tamu, dan dinding kamar tidur. Selain macrame, kamu juga bisa menghias dinding rumahmu dengan kain lebar bermotif bohemian.