20
Mar

Desain Interior Rumah Dengan Suasana Tropis

Desain Interior Rumah Dengan Suasana Tropis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorSelain desain rumah minimalis, rumah bergaya tropis ternyata juga enak loh…Gaya desain interior yang sering ada di indonesia adalah desain interior gaya tropis. Berikut ini hal yang bisa dijadikan inspirasi untuk desain rumah.

 

 

10 Desain Interior Bertema Tropis yang Berikan Suasana Liburan di Rumah

Desain tuangan memang sangat penting untuk membawa suasana nyaman bagi siapapun yang menempatinya, salah satu desain yang cukup dilirik yakni mengusung tema wisata, sehingga penghuni di dalamnya dapat menikmati suasana liburan ketika ada di rumahnya. Mau tahu apa saja konsep desain menariknya. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Untuk membuat rumah bergaya tropis, bisa dimulai dengan mendekorasi bagian dalam (interior). Berikut ini tips membuat desain interior rumah bergaya tropis seperti dilansir dari enlightenme.com:

Tips 1. Salah satu inspirasi dari rumah tropis adalah suasana hutan sabana tropis, dengan pencahayaan yang teduh.

Sehingga, pilihlah warna cat dinding dengan warna-warna alam seperti putih, krem, biru muda, biru lembut, maupun hijau muda. Kesemua warna tersebut memberikan efek teduh dan perasaan yang lapang.

Tips 2. Gunakan material bambu atau kayu pada bagian jendela di ruangan rumah Anda. Sekilas ini akan seperti rumah-rumah tradisional, namun memang rumah tradisional Indonesia sejak dulu sudah mencirikan rumah khas tropis yang aman. Biar lebih cantik, Anda juga bisa menggunakan tirai.

Tips 3. Tips berikutnya adalah jangan lupa untuk memilih material dan corak pada furnitur lainnya. Misalnya, Anda bisa memilih kursi yang terbuatdari rotan atau kayu.

Begitu juga dengan hiasan rumah lainnya, seperti lampu-lampu kayu dan gambar-gambar pemandangan yang bisa memberikan inspirasi alam.

BACA JUGA  Penempatan Kamar Bayi Minimalis Part 2

Tips 4. Rumah tropis sangat identik, dengan unsur hijau dari tanaman. Jadi, pilihlah jenis tanaman untuk ditempatkan pada bagain dalam rumah. Misalnya tanaman palm yang bisa diletakan pada bagian ruang tamu. Tidak lupa sediakan bantal-bantal kecil pada kursi kayu Anda.

Tips 5. Gunakan kipas angin pada ceiling rumah. Penggunaan kipas angin ini sebenarnya tambahan bila diperlukan. Namun, biasanya rumah-rumah tropis sangat jarang ditemukan yang menggunakan pendingin ruangan.

Tips 6. Furnitur akuarium sedang di dalam rumah juga bisa memberikan nuansa tropis yang kuat.

Gemericik air dan gerakan ikan pada akuarium bisa memberikan kesan alam dan pengaruhnya sangat baik untuk relaksasi penghuni. Namun, Anda harus rajin merawat dan membersihkannya agar tetap bersih dan indah.

1. Desain ruang tengah terang dengan perpaduan warna yang seirama

8 Desain Interior Bertema Tropis yang Berikan Suasana Liburan di Rumah

Pada interior ruang tengah ini menyajikan sentuha warna alami hijau dengan motif daun yang menggambarkan suasana tropis. Serta perpaduan perabot kursi ataupun meja bergaya minimalis pastinya cocok banget, ditambah adanya tanaman hias ataupun akuarium untuk kesan alaminya. Tak ketinggalan penerangan yang cukup membuat suasana ruang tengah makin meriah dan pastinya bikin betah. 

2. Kamar tidur minimalis bernuansa tropis

– Tirai menjuntai

Berikan aksen tirai berbahan tipis di ranjang. Pilih yang berwarna putih atau warna lembut. Akan Sangat manis jika dipasang di rangka tempat tidur dengan tiang. Menambah suasana tropis nan romantis.

– Bersebelahan langsung dengan taman

 

Maksimalkan pemandangan jika kamar tidur bersebelahan langsung dengan taman. Pasangan jendela transparan yang besar. Pilih rangka tepat tidur kayu yang minimalis dan tambahkan dekorasi bernuansa hijau.

– Maksimalkan pencahayaan alami

Untuk pencahayaan, sinar matahari jadi yang paling utama. Untuk itu jangan tutupi sumber cahaya matahari. Pasang jendela yang lebar. Tambahkan beberapa cermin di sudut ruang tidur agar merefleksikan cahaya.

BACA JUGA  Desain Kamar Tidur Keren dan Nyaman Dengan Ukuran 3x3

– Modern

Nuansa tropis juga bisa ‘berkolaborasi’ dengan penataan modern. Masukkan unsur alam dengan menaruh beberapa tanaman dalam kamar. Pilih warna-warna lembut bernuansa tropis sebagai cat dinding maupun dekorasi.