26
Okt

Desain Lemari Dapur Gantung Cocok Menghemat Ruangan Anda

Desain Lemari Dapur Gantung Cocok Menghemat Ruangan Anda

       Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor Selain bermanfaat sebagai lemari penyimpanan, pemilihan desainnya juga mampu menjadi elemen dekoratif dan menciptakan dapur yang rapi dan cantik. Kehadiran lemari gantung di depur merupakan idaman bagi ibu rumah tangga. Dapur ini mampu menghemat ruangan dapur yang sempit. Berikut ini desain lemari dapur gantung yang cocok untuk menghemat ruangan anda.

Siasat Menghemat Ruang dengan Lemari Dapur gantung

lemari dapur gantung

Ketika memilih lemari dapur, ada beberapa siasat yang bisa kamu terapkan agar ruangan tidak tampak sempit. Terutama soal penempatan dan pilihan warna.

  • Gunakan Ruang di Atas Kompor dan Wastafel. Jadi ruang yang digunakan sejajar dengan tempat memasak dan mencuci, tidak memakan tempat lainnya. Ini akan sangat berguna di unit apartemen studio atau hunian dengan dapur kecil.
  • Pilih Lemari dengan Pintu Geser atau Bukaan ke Atas. Agar saat membuka pintu tidak terasa memakan tempat, pilih lemari yang bukaannya digeser atau dibuka ke atas.
  • Pilih Warna Netral. Warna netral seperti coklat muda memang paling aman karena tidak membuat ruangan menjadi sesak. Lebih baik lagi kalau warnanya bisa serupa dengan dinding. Dapur akan terasa lapang dan tidak bersekat-sekat.

Desain Lemari Dapur Gantung

Kalau sudah mendapatkan lokasi dimana lemari dapur bakal ditempatkan, kita bisa pilih beberapa desain lemari gantung sebagai berikut:

1. Lemari Dapur Gantung Berisi Rak Piring

lemari dapur gantung

Untuk unit apartemen studio atau 1 kamar tidur, biasanya hanya tersisa sedikit ruang di dapur. Pemilik pun biasanya menghindari peralatan dapur yang beraneka ragam. Paling hanya peralatan yang biasa dipakai untuk menghidangkan makanan sederhana. Termasuk barang pecah belah.

Untuk menyimpan piring, kamu bisa pilih rak gantung dari kayu yang ukurannya kecil. Rak jenis ini dipasang di dinding. Terdapat sekat-sekat sempit yang bisa dijadikan tempat menyimpan piring dan beragam barang pecah belah lainnya.

2. Lemari Serba Putih, Ruang Tampak Luas

lemari dapur gantung

Warna putih jadi salah satu warna favorit di dapur, karena terlihat bersih. Selain itu, warna putih juga sangat cocok digunakan di dapur yang ukurannya tidak terlalu besar. Warna ini memberi efek tampak lebih luas.

Kamu bisa pilih lemari dapur warna putih dengan desain minimalis untuk menghemat ruang. Bahan lemari gantung semacam ini ada yang terbuat dari partikel board MDF yang bisa dibongkar pasang. Ada juga yang terbuat dari kayu.

3. Pilih Warna Senada dengan Dinding

lemari dapur gantung

Cara lain agar dapur mungil tidak tampak penuh sesak adalah dengan permainan warna. Pilihlah lemari dapur yang warnanya senada dengan dinding rumah, sehingga tidak terkesan kelewat ramai dan dapur pun jadi lebih rapi.

Warnanya tidak harus persis sama, tapi senada. Ini memberi efek ruangan jadi lebih luas. Perlengkapan makan dan memasak pun bisa tersimpan rapi dan tidak berantakan.

Bahan yang dipilih biasanya terbuat dari board MDF atau kayu. Desain ini cocok sekali untuk dapur mungil di apartemen.

4. Pilih Bahan Logam Jika Suka Tampilan Modern

lemari dapur

Kamu suka dengan tampilan modern ala dapur profesional di restoran? Tampilan ini bisa diaplikasikan di rumah, loh. Tidak masalah kalau dapurmu mungil, karena bisa disiasati dengan menggunakan lemari gantung.

Untuk mendapat kesan modern, pilihlah lemari yang bermaterial logam. Kamu bisa pilih stainless steel atau alumunium. Selain terkesan futuristik, pilihan lemari berpintu, juga akan membuat dapura tampak rapi.

5. Lemari Dapur Gantung Logam Bukaan ke Atas

Masih untuk kamu yang suka dengan dapur modern, lemari dapur gantung yang dapat menghemat ruang selanjutnya juga terbuat dari logam. Bedanya, bukaan pintunya bukan ke samping seperti lemari pada umumnya, melainkan ke atas.

Jenis pintu bukaan ke atas ini bisa menghemat ruang agar dapur tidak terkesan sesak. Apalagi jika di dapur sedang ada 2 orang atau lebih secara bersamaan. Pintu yang dibuka ke atas tidak akan mengganggu pergerakan orang lain.

6. Lemari dan Kitchen Set di Satu Sisi

Salah satu cara untuk menghemat ruang di dapur adalah dengan memusatkan dapur di satu sisi tembok. Jadi lemari gantung dapur dan semua kitchen set, kompor, serta peralatan masak lainnya ditempatkan di satu sisi dinding. Ini akan menghemat ruang dapur dan tidak memakan tempat.

Jika memilih desain ini, kamu akan punya keleluasaan dalam pemilihan warna. Termasuk menggunakan warna yang cerah dan berwarna-warni. Tapi jika lebih menyukai warna yang lembut seperti warna-warna pastel juga tidak masalah. Lemari yang digunakan bisa terbuat dari board MDF atau kayu.

7. Lemari Dapur Gantung Pojok

lemari dapur gantung

Jika punya ruang dapur yang sempit, jangan sampai memilih furniture yang memakan tempat. Manfaatkan ruang sebaik mungkin agar bisa menghemat ruang dan dapur tetap terasa luas.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lemari dapur yang menggantung di pojok. Lemari didesain untuk memanfaatkan sisi tembok, sehingga tidak ada ruang yang terbuang begitu saja. Bagian siku tembok pun tetap bisa dijadikan tempat penyimpanan. Jadi menghemat ruang, kan?

Kamu bisa pilih warna lemari yang cerah dan ngejreng, warna gelap, ataupun pastel. Semua bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Biasanya lemari gantung pojok ini terbuat dari bahan board MDF atau kayu.

8. Lemari Dapur dengan Lapisan Cermin

lemari dapur gantung

Lemari dapur bisa menghemat ruang karena semua peralatan makan dan memasak tersimpan rapi di dalam satu tempat. Dengan menyimpan peralatan tanpa lemari, risikonya adalah lebih mudah kotor dan malah menghabiskan tempat. Dapur pun akan terlihat berantakan dan kurang sedap dipandang.

Untuk dapur berukuran mungil di unit apartemen studio, misalnya, pilihlah lemari dapur gantung yang bagian luarnya dilapisi cermin. Cermin dikenal bisa membuat ruangan jadi tampak lebih luas. Barang-barang tersimpan rapi dan bisa menghemat ruangan, dapur pun bersih dan teratur.

9. Lemari Dapur Gantung di Tengah Ruangan

lemari dapur gantung

Jika sisi tembok dapur sudah penuh tapi masih ada peralatan makan dan masak yang masih tersisa, bagaimana cara mengatasinya? Menambah lemari pasti akan memakan ruang.

Tidak perlu panik dulu, karena ada solusinya, loh. kamu bisa pasang lemari dapur gantung di tengah ruangan. Dengan begitu, tidak akan memakan tempat dan membuat dapur tampak penuh.

Pilihlah lemari yang warnanya senada dengan keseluruhan kitchen set. Atau pilih yang warnanya senada dengan tembok. Kalau bisa, pilih juga lemari yang sebagian terbuka atau hanya berupa rak saja. Jadi penglihatan ke arah dapur tidak terhalang sepenuhnya.